7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Kamis, 27 Juli 2023 - 10:43 WIB
loading...
7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir
Dalam 5 tahun terakhir, tidak semua film superhero yang diadaptasi dari komik Marvel tampil baik. Sejumlah film terkesan tidak laku dengan pendapatan rendah. (Foto: NBC News)
A A A
Film Marvel , baik di Marvel Cinematic Universe (MCU), X-Men, dan Sony’s Spider-Man Universe (SSU), menunjukkan tanda-tanda penurunan dalam lima tahun terakhir. Sementara sejumlah film mampu meraup keuntungan besar, sebagian besar film yang diangkat dari franchise komik ini tidak. Bahkan, ada kekhawatiran tren penurunan ini terus berlanjut.

Kejenuhan terhadap genre superhero bisa menjadi salah satu faktornya. Orang kini mencari tontonan lain yang dirasa lebih segar. Memang, ini tidak berarti kalau film superhero tidak lagi menarik. Hanya, orang kini lebih selektif dalam memilih tontonan mereka.

Dalam 5 tahun terakhir, kejenuhan itu terasa. Pandemi membuat kondisi ini jadi nyata. Sejumlah film superhero di bawah bendera Marvel mengalaminya. Film-film ini jeblok di box office dan dicaci maki kritikus. Apa saja film Marvel yang paling tidak laku dalam 5 tahun terakhir? Simak ulasannya berikut!



7. Ant-Man and the Wasp: Quantumania — 2023

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Axios

Ant-Man and the Wasp: Quantumania menikmati hype karena dipromosikan sebagai pembuka Fase 5 sekaligus Multiverse Saga dengan secara resmi memperkenalkan Kang the Conqueror. Namun, film ini tidak direspons dengan baik oleh kritikus. Di Rotten Tomatoes, film ini menjadi film kedua MCU dengan skor Tomatometer terendah, yaitu 46% atau lebih rendah ketimbang Eternals.

Audiens sebenarnya memberikan skor tinggi, yaitu 82%, untuk film ini. Tapi, itu tidak membantu film ini tampil baik di box office. Sepanjang perjalanan MCU, Ant-Man bukanlah franchise dengan pendapatan tertinggi. Tapi, Ant-Man and the Wasp: Quantumania terbukti menjadi yang terburuk. Film itu hanya meraup USD476,1 juta (Rp7,15 triliun). Sementara pendapatan ini melampaui anggarannya, USD200 juta (Rp3 triliun), film ini gagal mencapai break-even point-nya sebesar USD600 juta (Rp9 triliun).

6. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings — 2021

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Men’s Health

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings adalah salah satu film terbaik yang dirilis MCU dalam 5 tahun terakhir. Film ini meraih skor tinggi di Rotten Tomatoes, yaitu 91%, dan disukai penonton. Sayangnya, film ini dirilis di waktu yang kurang tepat.

Dengan anggaran USD200 juta, film ini seharusnya bisa meraup hasil yang lebih tinggi dari USD432,2 juta. Sayangnya, film ini dirilis di masa pandemi dan orang masih enggan pergi ke bioskop untuk menonton film. Meski begitu, angka itu termasuk tinggi bagi film yang memperkenalkan karakter yang sama sekali baru.

5. Eternals — 2021

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: CNBC

Sebelum Ant-Man and the Quantumania dirilis, Eternals adalah film terburuk MCU di Rotten Tomatoes. Film ini meraih skor 47% dan dicaci maki kritikus. Eternals adalah proyek ambisius MCU yang ingin memperkenalkan 10 karakter baru sekaligus dalam satu film.

Film ini sebenarnya punya twist yang tidak biasa di film MCU. Tapi, karena film ini tidak mengikuti formula biasa franchise ini, banyak yang tidak familiar dan kecewa. Dirilis di ujung pandemi, film ini hanya berhasil meraup USD402,1 juta di box office dari anggaran USD200 juta.

4. Black Widow — 2021

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Hindustan Times

Film solo Black Widow sudah sangat diantisipasi penggemar. Sayangnya, film ini dirilis di waktu yang salah. Tidak hanya film ini dirilis setelah Nathasha Romanoff tewas di Avengers: Endgame, film ini juga dirilis pada masa pandemi ketika orang masih takut pergi ke bioskop.

Film ini terasa mubazir karena orang sudah tahu apa yang terjadi pada Natasha. Ini membuat Black Widow tidak punya poin dalam ceritanya selain mengungkap masa lalu Natasha dan memperkenalkan penggantinya, Yelena Belova. Black Widow meraup USD379,8 juta dari anggaran produksi USD200 juta.

3. X-Men: Dark Phoenix — 2019

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: NPR

X-Men: Dark Phoenix menutup perjalanan franchise X-Men di Fox sebelum akhirnya pulang kandang ke Marvel Studios. Film ini seharusnya menjadi penutup yang spektakuler dan meninggalkan kesan mendalam bagi penggemarnya. Sayangnya, film ini malah tampil mengecewakan.

Dark Phoenix sebenarnya tidak jelek-jelek amat dari sisi visual dan penampilan para pemerannya. Tapi, penceritaan, plot, nada, dan lajunya jauh dari level kerumitan yang biasanya ditampilkan film X-Men lainnya. Reviu negatif dari para kritikus pun tidak membantu penampilan film ini. Dari biaya produksi USD200 juta, film ini hanya menghasilkan USD252,4 juta.

2. Morbius — 2022

7 Film Marvel Paling Enggak Laku dalam 5 Tahun Terakhir

Foto: Reason Magazine
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)