9 Film Blockbuster Paling Rugi di Sepanjang Awal 2023

Kamis, 13 Juli 2023 - 09:45 WIB
loading...
A A A
Sampai saat ini, Pixar masih belum bisa memulihkan dirinya dari dampak pandemi. Meski kualitas produksinya konsisten, film-film mereka langsung masuk Disney+. Belum lagi, tahun lalu, salah satu film mereka dilarang tayang di banyak negara. Tahun ini, mereka mencoba kembali menarik penonton lewat Elemental.

Film itu adalah sebuah kisah cinta antara cewek api dan cowok air dengan latar cerita kehidupan imigran. Visualnya memang indah, tapi, ini tetap tidak membuat orang ingin menonton film ini di bioskop. Dibuat dengan dana USD200 juta, Elemental hanya meraup USD257,5 juta (Rp3,8 triliun) setelah sebulan tayang di bioskop.

3. Shazam! The Fury of God

9 Film Blockbuster Paling Rugi di Sepanjang Awal 2023

Foto: Plugged In

Seperti judulnya, para dewa tidak sedang bermurah hati pada Shazam. Film DC biasanya punya pembukaan solid, kecuali di saat pandemi. Tapi, Shazam! The Fury of God berhasil menumbangkan rekor buruk Wonder Woman 1984 dan The Suicide Squad yang sebelumnya diproyeksikan mendapatkan pendapatan box office terendah. Kedua film itu dirilis di tengah pandemi.

Faktanya, Shazam! The Fury of Gods tidak meraup hasil yang diinginkan. Dibuat dengan anggaran lebih besar dari film pertamanya, sekitar USD110—125 juta (Rp1,6—1,8 triliun), sekuel Shazam itu hanya meraup USD133 juta (Rp1,9 triliun). Warner Bros. dikabarkan menelan kerugian hingga USD150 juta dari hasil film ini.

2. Indiana Jones and Dial of Destiny

9 Film Blockbuster Paling Rugi di Sepanjang Awal 2023

Foto: Disney

Indiana Jones and Dial of Destiny memang baru sekitar dua pekan tayang di bioskop. Tapi, hasil yang ditorehkannya di box office seiring berjalannya waktu, cukup mengkhawatirkan. Film ini sepertinya akan menjadi salah satu film terjeblok Disney dan terburuk di franchise Indiana Jones.

Film terbaru petualangan Indy itu dikabarkan menelan biaya besar. Film ini menelan anggaran sekitar USD250—300 juta (Rp3,7—4,49 triliun), bahkan ada yang menyebut mencapai USD325 juta (Rp4,87 triliun). Mengutip Box Office Mojo, hingga tulisan ini dibuat, Indiana Jones and Dial of Destiny baru meraup USD255,9 juta (Rp3,83 triliun). Angka ini jelas masih jauh dari modal yang dihabiskan.



1. The Flash

9 Film Blockbuster Paling Rugi di Sepanjang Awal 2023

Foto: Deadline

Ada banyak faktor mengapa The Flash menjadi film superhero gagal. Selain karena kejenuhan terhadap genre superhero, sentimen terhadap aktor utamanya, Ezra Miller, tidak membantu film ini. Dibarengi dengan perombakan besar-besaran di Warner Bros., harapan terhadap film ini yang awalnya besar jadi menurun tajam.

Sempat disebut sebagai film terbaik DCEU saat premiere, penampilan asli The Flash di layar lebar mengecewakan. Dengan CGI jelek dan departemen penjahat yang tidak menarik, The Flash tampil buruk. Dari anggaran USD200 juta, film ini baru meraup USD262,5 juta (Rp3,9 triliun) setelah hampir sebulan tayang. Warner Bros. diduga mengalami kerugian hingga USD200 juta akibat film ini.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)