5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Kamis, 06 Juli 2023 - 18:31 WIB
loading...
5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto
Sekilas, Jujutsu Kaisen sangat mirip dengan Naruto. Keduanya punya konsep pengarakteran yang mirip dan karakter populernya punya fitur yang nyaris serupa. (Foto: Kombo/SportsKeeda)
A A A
Sejak awal dirilis, Jujutsu Kaisen selalu dibanding-bandingkan dengan Naruto. Meski punya konsep cerita dan alur berbeda, tapi, penggemar menemukan banyak persamaan di antara keduanya. Tak jarang, ini memicu perseteruan di antara fandom.

Jujutsu Kaisen dibuat Gege Akutami yang mengakui banyak terinspirasi dari manga yang sudah ada. Yang utama adalah Hunter x Hunter, tapi Naruto juga menjadi salah satunya. Selain itu, kemiripan di antara manga sebenarnya adalah hal yang biasa.

Sejumlah konsep di Jujutsu Kaisen memang terasa mirip dengan Naruto. Meski begitu, kedua anime ini juga punya perbedaan yang mencolok. Naruto masih mengikuti alur klise manga era 1990-an dan awal 2000-an, sedangkan Jujutsu Kaisen lebih modern. Apa saja persamaan dan perbedaan Jujutsu Kaisen dan Naruto? Simak ulasannya berikut!


Persamaan

1. Guru

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Kombo/The Mary Sue/Ranker

Perbandingan kesamaan antara Kakashi Hatake dari Naruto dan Satoru Gojo dari Jujutsu Kaisen tidak bisa dihindari. Keduanya sama-sama guru dan pemimpin tim. Tidak hanya itu, keduanya juga punya rambut putih dan usianya pun hampir sebaya.

Selain itu, baik Satoru dan Kakashi dikenal sangat santai dan cuek. Tapi, secara personal, Satoru jauh lebih mengenal dekat murid-muridnya dan tidak punya favorit. Ini membuat timnya lebih solid. Sementara, Kakashi terlihat menganakemaskan Sasuke di awal Naruto, meski punya alasan tersendiri. Akibatnya, Naruto sempat merasa terpinggirkan.

2. Tim Kuartet Utama

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Kombo/Narutopedia/Chikyuu Times

Baik di Jujutsu Kaisen dan Naruto, ada tim utama yang terdiri atas empat orang. Komposisinya pun sama. Dipimpin seorang pria dewasa dengan anggota dua cowok dan satu cewek.

Di Naruto, tim kuartet utama itu dikenal sebagai Tim 7. Sedangkan, di Jujutsu Kaisen tidak ada namanya. Meski, bisa dibilang kalau mereka adalah tim Kelas 1 SMA Jujutsu Tokyo.

3. Protagonisnya Jadi Wadah Entitas Kuat

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Kombo/Narutopedia/Pinterest

Protagonis Naruto dan Jujutsu Kaisen, Naruto Uzumaki dan Yuji Itadori, sama-sama menjadi wadah entitas legendaris dan kuat di dalam diri mereka. Di Naruto, Minato Namikaze menyegel Kurama di tubuh Naruto ketika dia baru saja lahir.

Sementara, di Jujutsu Kaisen, Yuji memakan jari milik Ryomen Sukuna dan seketika dia menjadi wadah Raja Kutukan itu. Sementara, baik Yuji dan Naruto sama-sama berusaha mengendalikan entitas itu. Bedanya, Naruto bisa menyatukan kekuatan dengan Kurama, sementara Yuji dan Sukuna tidak akan bisa bersatu karena sifat asli masing-masing.

4. Jujutsu dan Taijutsu

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Kombo/SportsKeeda

Taijutsu merupakan salah satu dari tiga jenis jutsu di anime Naruto. Teknik ini berfokus pada teknik fisik dan mental pengguna. Taijutsu dianggap sebagai teknik dasar pertarungan jarak dekat tanpa senjata para ninja. Untuk memperoleh teknik ini, seorang shinobi harus menjalani latihan fisik.

Dalam Jujutsu Kaisen, jujutsu mengacu pada semua keterampilan dan bentuk sihir yang dapat diakses oleh penyihir dan roh terkutuk melalui manipulasi energi terkutuk mereka sendiri. Meski fungsi utama taijutsu dan jujutsu di kedua seri berbeda, konsep dasarnya tetap sama. Karena para penyihir dan kutukan biasanya terlibat dalam pertempuran jarak dekat tanpa senjata.

5. Teknik Pemanggilan

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Kombo/Instruction/Jujutsu Kaisen Wiki – Fandom

Di Naruto, ada teknik pemanggilan yang disebut Kuchiyose Jutsu. Jurus ini membuat pengguna bisa memanggil hewan, beda, dan bahkan orang mati untuk bertarung. Sementara, di Jujutsu Kaisen, ada Megumi Fushiguro yang punya kemampuan yang agak mirip. Menggunakan teknik 10 Bayangan, Megumi bisa memanggil Shikigami untuk membantunya bertarung.

Perbedaan

1. Konsep Kematian

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Screen Spy

Di Jujutsu Kaisen, konsep kematiannya lebih fleksibel ketimbang di Naruto. Kalau ada karakter mati di Naruto, maka dia tidak akan hidup lagi. Tapi, di Jujutsu Kaisen, karakter mati bisa hidup lagi. Ini terlihat pada kematian Yuji. Dia bisa hidup lagi setelah membuat kontrak dengan Sukuna. Selain itu, orang mati di Jujutsu Kaisen bisa kembali sebagai roh kutukan.

2. Penyihir dan Shinobi

5 Persamaan dan Perbedaan Jujutsu Kaisen dengan Naruto

Foto: Prodigygamers
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3913 seconds (0.1#10.140)