8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Minggu, 18 Juni 2023 - 21:05 WIB
loading...
A A A
Meski punya persamaan dan dibuat di dekade yang sama, Space Jam bukanlah hybrid kartun/live-action Who Framed Roger Rabbit. Alih-alih, crossover antara Michael Jordan dan Looney Tunes ini terinspirasi iklan sepatu Nike. Terutama, iklan Aerospace Jordan dan Hare Jordan.

Kesuksesan iklan itu meyakinkan Warner Bros. kalau film yang dibintangi Bugs Bunny dan Michael akan jadi hit besar. Space Jam adalah iklan bagi Michael, Looney Tunes, dan sepatu Nike. Meski aneh, Space Jam menjadi kultus yang menyenangkan.

2. Adaptation

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: Film at Lincoln Center

The Orchid Thief adalah buku tentang masa-masa yang dialami wartawan Susan Orlean di dunia penggiat anggrek yang obsesif. Adaptasi film buku itu, Adaptation, malahan tentang kegagalan penulis Charlie Kaufman untuk mengadaptasi buku itu menjadi film. Terlepas dari intepretasi ini, Adaptation ternyata adalah adaptasi yang sesuai materi sumbernya.

Susan memuji Adaptation, terutama karena mempertahankan tema kepemilikan dan obsesi di buku itu. Awalnya, dia menolak konsep meta ini, tapi lama-lama dia malah suka. Adaptation bukan hanya satu-satunya adaptasi film teraneh sepanjang masa. Film ini juga merupakan gambaran paling unik dan reflektif.



1. Starship Troopers

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: The Atlantic

Yang membuat Starshio Troopers menjadi adaptasi aneh adalah betapa bencinya film itu terhadap materi sumbernya. Novel berjudul sama karya Robert A. Heinlein yang diadaptasi film itu adalah pujian terhadap fasisme. Tapi, film karya Paul Verhoeven itu adalah satir dari kepercayaan seperti itu dengan menirukan propaganda perang dengan cara mengejek, film itu mengekspos betapa masyarakat militeristik itu menghancurkan dirinya sendiri.

Starship Troopers mungkin satu-satunya adaptasi film yang dibuat untuk mengejek sumber materinya, bukan memujanya. Sayang, banyak penonton yang melewatkan poin Paul ini. Film ini diperluas dengan sekuel yang kurang dan reboot yang lebih setia pada retorika bukunya.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)