8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Minggu, 18 Juni 2023 - 21:05 WIB
loading...
8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!
Sejumlah film adaptasi tampil di luar ekspektasi orang. Ada yang memang bagus dan berhasil. Tapi, ada juga yang malah terlihat aneh dan bikin khawatir penonton. (Foto: Koimoi)
A A A
Sejumlah film tidak dibuat berdasarkan ide atau skrip langsung pembuatnya. Banyak di antaranya yang dibuat berdasarkan karya lain yang populer. Intepretasi karya ini pun berbeda dari satu sutradara ke sutradara lainnya.

Adaptasi film itu rumit. Pembuat film harus menceritakan ulang cerita yang sudah ada sementara tetap fleksibel untuk membuat perubahan yang diperlukan. Tidak ada adaptasi yang benar-benar langsung. Tapi, sejumlah film mengadaptasi materi sumbernya dengan cara yang benar-benar aneh.

Kadang, pembuat film merasa mereka tidak punya pilihan selain melalukan pilihan kreatif paling aneh. Pada kasus lain, mereka punya visi yang sangat aneh sampai hanya mereka dan sedikit orang yang bisa mengapresiasinya. Mau diakui atau tidak, sejumlah adaptasi begitu berbeda dari basisnya sehingga mereka terlihat seperti karya asli. Film adaptasi apa saja yang paling aneh? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



8. Winnie-The-Pooh: Blood & Honey

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: Wired

Film ini menjadi obrolan ketika dia menjadi dasar film slasher. Ikon masa kecil itu diubah menjadi mesin pembunuh haus darah di Blood and Honey. Film itu pun segera menarik perhatian, tapi kritikus dan audiens mengecam film itu.

Yang membuat film ini begitu aneh adalah adaptasi keras atas Winnie-the-Pooh yang disukai dan polos. Blood and Honey juga merupakan film adaptasi utama pertama karakter itu yang bebas dari kendali Disney. Banyak penonton sekarang khawatir kalau film itu akan memantik lagi tren “merusak” karakter anak-anak.

7. Catwoman

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: Polygon

Film superhero suka mengubah banyak dari materi sumbernya agar pas jadi film. Tapi, Catwoman terlalu ekstrem. Selain mengabaikan Batman Returns, Catwoman tidak punya kaitan dengan cerita Batman atau DC Comics. Catwoman lebih seperti film action supranatural ketimbang adaptasi.

Catwoman dideskripsikan ulang sebagai Patience Phillips, seorang karyawan pemalu yang lahir kembali sebagai superhero mirip kucing. Tidak ada cerita seperti itu di komik. Sampai saat ini, Catwoman masih menjadi salah satu film superhero paling aneh dan paling jelek sepanjang masa.

6. O' Brother, Where Art Thou?

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: IMDb

Biasanya, sastra klasik diadaptasi ke film kerajaan atau fantasi. Tapi, ini tidak berlaku bagi O' Brother, Where Art Thou? Film ini diangkat secara longgar dari Odyssey karya Homer dan berlatar peristiwa di Selatan selama Depresi Besar. Film ini juga komedi yang dibalut musikal, bukan perjalanan pertaruhan tinggi yang serius.

Detail aneh lainnya adalah Coen Brothers mengangkatnya dari ingatan mereka terhadap banyak adaptasi The Odyssey, bukan buku aslinya. Perbedaan ini membuat film ini irama unik yang tidak ada di adaptasi yang lebih setia pada sumbernya.

5. The Pirates of the Caribbean

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: The Hollywood Reporter

Awalnya, film Pirates of the Caribbean ini diragukan karena diangkat dari wahana di taman hiburan. Kapten Jack Sparrow dan dunianya hanya eksis untuk film itu. Bahkan, CEO Walt Disney saat itu Michael Eisner meminta agar referensi berlebihan terhadap wahana itu dipangkas.

Yang membuat adaptasi ini aneh adalah kesuksesannya. Pirates of the Caribbean—terutama tiga yang pertama—adalah satu-satunya film berbasis wahana yang melampaui ekspektasi. Film pertamanya diikuti dengan Haunted Mansion dan Jungle Cruise. Tapi, keduanya tidak seambisius dan diterima dengan baik seperti franchise ini.

4. Battleship

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: Vulture

Seperti kebanyakan permainan papan anak-anak, Battleship tidak punya cerita atau karakter. Itu adalah permainan tentang menenggelamkan kapal perang musuh. Tujuan sederhana ini yang dibutuhkan permainan papan strategi itu. Tapi, ternyata itu cukup menjadi materi untuk sebuah film. Solusi Battleship adalah menambahkan alien.

Yang aneh adalah bagaimana film itu lebih mirip seperti klona Transformers ketimbang adaptasi. Ini terlihat jelas dengan persamaan alien di film itu dengan Transformers, aksi berlebihan, dan militerisme. Adaptasi terdekat pada game itu adalah ketika kru John Paul Jones menggunakan sonar untuk menembaki secara membabibuta.

3. Space Jam

8 Film Adaptasi Paling Aneh, Ada yang Rungkad Abis!

Foto: Vulture
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)