10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Minggu, 18 Juni 2023 - 16:41 WIB
loading...
10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton
Film tentang perjalanan waktu menghadirkan kisah tak biasa dengan banyak twist di sana. Ceritanya bisa terasa rumit bagi penonton, tapi juga bikin penasaran. (Foto: Digital Spy)
A A A
Film perjalanan waktu atau time travel menghadirkan kisah tak biasa dengan banyak twist di dalamnya. Dalam ceritanya, sebagian karakter secara sadar bisa menjelajah waktu. Tapi, ada juga yang melakukannya secara tidak sadar.

Tema tentang perjalanan waktu mungkin tampak sedikit rumit bagi penonton. Meski demikian, tetap saja kisah tentang perjalanan waktu ini menarik untuk diikuti. Tak hanya berkaitan dengan cara karakter melakukan perjalanan waktu, namun juga terkait apa yang akan dilakukan ketika tiba di masa lalu atau masa depan.

Pembuatan film perjalanan waktu yang bagus ternyata tidak mudah. Terbukti, cukup banyak film yang mencoba konsep ini dan gagal karena berbagai alasan. Meski begeitu, ada beberapa film yang benar-benar fenomenal dengan melibatkan perjalanan waktu dan sukses membuat cerita tak terlupakan dan menarik. Penasaran? Simak ulasannya berikut!



10. Looper

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: NPR

Sutradara: Rian Johnson
Pemeran: Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Emily Blunt
Tahun Rilis: 2012
Tayang: Prime Video

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para pembunuh bayaran tidak bisa lagi membuang mayatnya sembarangan. Pada akhirnya, mereka harus membuang para calon korbannya ke masa lalu untuk dihabisi. Para pembunuh ini biasa dikenal sebagai ‘looper’.

Joe (Joseph Gordon-Levitt) adalah salah satu looper yang bekerja untuk sebuah sindikat kejahatan di Kansas. Suatu hari, dia disewa Abe dan mendapatkan sebuah misi. Tak seperti target biasanya, kali ini Joe justru ditugaskan membunuh dirinya sendiri yang datang dari masa depan atau Joe versi tua (Bruce Willis).

9. Groundhog Day

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: Chieftain.com

Sutradara: Harold Ramis
Pemeran: Bill Murray, Andie MacDowell, Chris Elliott
Tahun Rilis: 1993
Tayang: Prime Video

Film fantasi komedi Amerika ini mengikuti kisah Phil Connors (Bill Murray). Dia adalah seorang jurnalis cuaca yang sedang galau dengan pekerjaannya yang dirasa tidak sesuai passion. Phil sangat jenuh untuk meliput Groundhog Day di Punxsutawney. Suatu hari, dia datang untuk meliput kesekian kalinya bersama juru kamera bernama Larry (Chris Elliott) dan manajernya, yakni Rita (Andie MacDowell).

Selesai liputan, Rita ingin meliput kegiatan lain, tapi Phil bersikeras untuk kembali pulang menuju Pittsburgh. Dalam perjalanan, mereka terjebak badai salju dan terpaksa menginap di sebuah hotel. Keesokan harinya, Phil terbangun dengan kondisi yang sama persis saat dia di dalam penginapan dan hendak meliput acara Groundhog Day. Anehnya, hal ini terus berulang keesokan hari, lusa, dan seterusnya.

8. About Time

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: The New York Times

Sutradara: Richard Curtis
Pemeran: Domhnall Gleeson, Rachel McAdams, Bill Nighy
Tahun Rilis: 2013
Tayang: HBO Go

Film ini mengikuti kisah Tim Lake (Domhnall Gleeson), seorang pemuda yang tumbuh di Cornwall, Inggris. Dalam kehidupannya, Tim punya perjalanan asmara yang kurang bagus. Dia sering ditolak gadis yang dia sukai dengan berbagai alasan.

Suatu hari, ayahnya memberitahu fakta kalau anak laki-laki di keluarganya punya kemampuan menjelajah waktu ke masa lalu. Tapi, kemampuan itu tidak boleh digunakan untuk mendapatkan kekayaan. Makanya, Tim memilih menggunakannya untuk mencari cinta sejati.

7. Predestination

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: NPR

Sutradara: Spierig Brothers
Pemeran: Ethan Hawke, Sarah Snook, Noah Taylor
Tahun Rilis: 2014
Tayang: -

Predestination menceritakan tentang seorang agen pemerintah yang dikirim ke masa lalu untuk sebuah misi penting. Tugasnya adalah menggagalkan peristiwa pengeboman yang dilakukan teroris. Saat melakukan tugasnya dan mulai menyamar, sang agen juga menemukan serpihan-serpihan kehidupannya di masa lalu.

6. The Tomorrow War

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: IMDb

Sutradara: Chris McKay
Pemeran: Chris Pratt, Yvonne Strahovski, J.K. Simmons
Tahun Rilis: 2021
Tayang: -

Satu pasukan yang mengaku dari masa depan datang ke tahun 2022 dengan membawa pesan penting. Pesan ini terkait masa depan manusia yang terancam akibat invasi alien. Sehingga mereka ingin merekrut orang-orang yang berani dan sukarela untuk membantu melawannya.Dari sekian banyak, salah satu yang berangkat adalah Daniel Forester (Chris Pratt). Dia ingin menyelamatkan dunia demi putra putrinya nanti.

5. Bill & Ted’s Excellent Adventure

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: The New York Times

Sutradara: Stephen Herek
Pemeran: Keanu Reeves, Alex Winter, George Carlin
Tahun Rilis: 1989
Tayang: -

Menggabungkan genre fiksi ilmiah dengan komedi remaja, film ini menghasilkan kisah petualangan menjelajah waktu yang menarik. Film ini mengikuti cerita Bill dan Ted, yang ingin membentuk grup band rock. Sayangnya, impian tersebut terancam karena pelajaran sejarah di sekolahnya. Ted akan dipaksa ayahnya masuk militer kalau tidak lulus mata pelajaran sejarah.

Tantangan sebenarnya akan hadir pada presentasi esai sejarah esok hari. Secara ajaib, tiba-tiba seseorang bernama Rufus datang dari masa depan. Dia mengatakan bahwa lagu ciptaan keduanya membawa dampak positif di masa depan. Sebagai imbalan, Rufus membawa mereka menjelajah masa lalu dan bertemu banyak tokoh sejarah.

4. The Butterfly Effect

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: Screen Slate

Sutradara: Eric Bress dan J. Mackye Gruber
Pemeran: Ashton Kutcher, Amy Smart, William Lee Scott
Tahun Rilis: 2004
Tayang: -

Mengubah masa lalu untuk masa depan yang baik menjadi harapan banyak orang, termasuk Evan Treborn (Ashton Kutcher). Mengalami gangguan hilang ingatan sejak kecil, psikiater menyarankannya menulis buku harian. Beberapa tahun setelahnya gangguan tersebut berangsur hilang.

Suatu hari, dia membaca buku hariannya saat kecil. Tak diduga, dia mampu melakukan perjalanan waktu ke masa lalu dan mengubah keadaan menjadi lebih baik di masa depan. Sayang, tindakan Evan juga berdampak bagi orang-orang disekelilingnya.

3. Interstellar

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: NPR

Sutradara: Christopher Nolan
Pemeran: Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Michael Caine
Tahun Rilis: 2014
Tayang: Netflix

Interstellar menempatkan latar ketika umat manusia di ambang kepunahan. Mencoba menyelamatkan populasi yang terancam, seorang profesor NASA bernama John Brand (Michael Caine) punya ide untuk memindahkan seluruh manusia ke planet baru yang layak huni. Untuk melakukannya, dia membutuhkan bantuan dari pilot NASA bernama Joseph Cooper (Matthew McConaughey). Pada akhirnya, dia bersama sejumlah rekannya melakukan perjalanan luar angkasa yang justru membawa mereka menjelajah waktu.

2. Edge of Tomorrow

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: The Edge of Tomorrow

Sutradara: Doug Liman
Pemeran: Tom Cruise, Emily Blunt
Tahun Rilis: 2014
Tayang: HBO Go

Berlatar ketika alien menginvasi bumi, pasukan militer dari berbagai negara telah dikalahkan. Beberapa waktu setelahnya, Mayor William Cage (Tom Cruise) dikirim untuk sebuah misi bersama United Defense Force (UDF) yang berencana membuat serangan balik. Sempat menolak karena kurang pengalaman, William tetap diberangkatkan.

Tapi, misi ini gagal total dan tentara yang dikirim dibantai, termasuk William. Namun, anehnya justru dia terbangun markas militer dan kembali mengulangi harinya. Kejadian tersebut terus berulang. Hingga pada akhirnya Sersan Rita Vrataski (Emily Blunt) menyadari kalau William terjebak dalam putaran waktu.



1. Back to the Future (Trilogi)

10 Film Tentang Perjalanan Waktu Terbaik yang Seru Ditonton

Foto: USA Today

Sutradara: Robert Zemeckis
Pemeran: Michael J. Fox, Christopher Lloyd, Lea Thompson, dll
Tahun Rilis: 1985, 1989, 1990
Tayang: Netflix

Back to the Future tidak hanya dianggap sebagai salah satu film perjalanan waktu terbaik sepanjang masa. Namun, film ini juga meletakan pondasi kuat untuk sebuah kisah time travel yang banyak diadopsi setelahnya. Film ini berpusat pada Marty McFly (Michael J. Fox) dan Dr. Emmet Brown (Christopher Lloyd) yang mencoba melompati garis waktu guna memperbaiki masa lalunya.

Uniknya, mereka menjelajah dengan mesin waktu yang bentuknya unik, yakni mobil merek De Lorean. Film ini punya plot yang mumpuni, banyak humor, dan komedi segar. Trilogi ini terbilang sukses secara finansial maupun ulasan, meski sebagian orang menganggap kualitas film kedua dan ketiganya agak menurun.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)