10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Minggu, 11 Juni 2023 - 12:19 WIB
loading...
10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers
Film dengan judul sama bukanlah sesuatu yang aneh di era reboot dan remake. Tapi, di antara mereka, ada film berjudul sama dengan cerita yang sangat berbeda. (Foto: Digital Spy)
A A A
Judul adalah bagian yang penting dalam sebuah karya, termasuk film . Judul harus menarik, inovatif, padat, dan tepat. Keunikan pada judul bisa menambah nilai jual pada film itu karena akan membuat penonton penasaran dengan cerita dan juga sinematografinya.

Namun, ternyata tidak semua judul film itu unik. Sejumlah film malah punya judul yang sama persis. Film-film ini bukan reboot atau remake, tapi benar-benar dua film yang berbeda.

Film-film ini juga dibuat orang yang berbeda dengan aktor yang berbeda pula. Bahkan, nasib mereka di mata kritikus dan penonton pun bisa sangat berbeda. Satu bisa dipuji habis-habisan, satu lagi bisa dicaci maki habis. Apa saja film yang punya judul sama tapi cerita berbeda? Simak ulasannya berikut!



10. Gladiator — 1992 dan 2000

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb

Pada 1992, Cuba Gooding Jr dan James Marshall menjadi pemeran utama dalam Gladiator. Film drama olahraga garapan Rowdy Herrington ini mengisahkan dua remaja yang sering berpartisipasi dalam pertandingan tinju ilegal untuk mendapatkan uang. Film tersebut dinilai gagal dan banyak mendapat kritik dari penggemar maupun kritikus film. Tak hanya itu, pendapatannya pun terbilang buruk. Bahkan kurang dari setengah anggaran produksinya.

Sebaliknya, Gladiator yang dibintangi Russel Crowe di tahun 2000 justru sukses. Mengikuti kisah mantan jenderal romawi yang dikhianati, dia menjadi seorang Gladiator dan berusaha balas dendam. Setelah perilisannya, Gladiator garapan Ridley Scott ini memenangkan sejumlah penghargaan Academy Awards, termasuk kategori Film Terbaik dan Aktor Terbaik (Russel Crowe).

9. Rush — 1991 dan 2013

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb

Rush tahun 1991 merupakan film drama kriminal yang cukup menarik. Dibintangi Jason Patric dan Jennifer Jason Leigh, film ini mengikuti kisah dua polisi yang bertugas untuk menangkap pengedar narkoba. Di luar dugaan, keduanya justru kecanduan dengan barang yang seharusnya mereka jauhkan tersebut.

Meski kurang menguntungkan secara komersial, namun film ini mendapat ulasan baik serta punya beberapa soundtrack yang diingat penonton. Sebaliknya, Rush tahun 2013 mencatatkan perolehan fantastis di box office. Disutradarai Ron Howard, kisahnya mengikuti persaingan dua pembalap Formula One. Mereka adalah Niki Lauda (Daniel Bruhl) dan James Hunt (Chris Hemsworth).

8. Heat — 1986 dan 1995

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb/Filmaffinity

Heat tahun 1986 mengikuti kisah tentara bayaran yang bekerja sebagai bodyguard di Las Vegas. Fokusnya berada di karakter Nick Escalante (Burt Reynolds). Sementara itu, Heat tahun 1995 merupakan film penuh perhitungan dari sutradara Michael Mann. Ceritanya mengikuti seorang detektif bernama Hanna yang sedang berupaya melacak kriminal bernama Neil McCauley.

7. Broken Arrow — 1950 dan 1996

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb

Delmer Daves menghadirkan James Stewart dan Jeff Chandler dalam Broken Arrow tahun 1950. Beda generasi, film ini sempat mendapat pujian di awal perilisannya karena penggambaran tentang penduduk Amerika yang dirasa sesuai. Namun, setelahnya film tersebut menuai kritik oleh penonton modern karena dirasa bertolak belakang dengan realita.

Sekitar tahun 1996, muncul sebuah film baru dengan nama yang sama tetapi beda cerita. Disutradarai John Woo, Broken Arrow versi ini mengikuti kisah dua pilot Angkatan Udara yang saling bersaing. Di luar ulasannya yang cukup beragam, Broken Arrow versi 1996 ini mencatatkan pendapatan menguntungkan.

6. Crossroads — 1986 dan 2002

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb/Filmaffinity

Pada 1986, Ralph Macchio dan Joe Seneca membintangi film berjudul Crossroads. Bertemakan musikal, film ini mengikuti kisah Eugene Martone. Dia adalah seorang remaja yang tertarik pada musik blues. Pada 2002, Di sisi lain, hadir sebuah film dengan judul yang sama.

Berbeda cerita, Crossroad versi 2002 ini adalah drama remaja yang mengikuti kisah perjalanan tiga cewek melintasi Amerika Serikat. Crossroads tahun 2002 ini pernah meraih penghargaan Golden Raspberry. Masing-masing untuk akting Britney Spears serta lagu aslinya yang berjudul I am Not A Girl, Not Yet A Woman.

5. Drive — 1997 dan 2011

10 Film Berjudul Sama dengan Cerita Berbeda, Ada The Avengers

Foto: Kombo/IMDb

Mendengar film Drive, penonton era modern akan tertuju pada Ryan Gosling. Pada film rilisan tahun 2011 ini, dia memerankan karakter anonim yang dikenal sebagai ‘The Driver’. Sesuai namanya, dia cukup terampil ketika berkendara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1805 seconds (0.1#10.140)