Tips Ampuh Minta Maaf ke Pacar, Nomor 2 Wajib Dilakukan

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:45 WIB
loading...
Tips Ampuh Minta Maaf ke Pacar, Nomor 2 Wajib Dilakukan
Meminta maaf tak cuma harus tulus, tapi juga dilakukan dengan benar agar dimaafkan. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Melakukan kesalahan pada pasangan tentu hal yang ingin dihindari setiap orang. Pasalnya, kesalahan yang kita perbuat bisa saja menjadi sumber malapetaka hingga menimbulkan pertengkaran.

Namun, sering kali perbuatan kita justru menjadi masalah yang membuat pasangan kita marah dan kecewa. Kalau sudah begini, tentu kita perlu memutar otak untuk menyampaikan permintaan maaf pada si dia.

Meski sudah memiliki niat meminta maaf pada pasangan saat melakukan kesalahan, usahakan caranya tak boleh salah. Sebab, kalau meminta maaf tidak dilakukan secara benar, bisa jadi hal itu justru menimbulkan perkara baru untuk hubungan kalian.



Lantas, bagaimana cara ampuh meminta maaf kepada pasangan? Berikut informasinya mengutip lovetoknow.

1. Akui Kesalahan

Pertama ialah mengakui kesalahan. Saat meminta maaf, usahakan tidak mengucapkan kalimat pembelaaan atau hanya sekadar mengucapkan kata maaf.

Pastikan kamu juga mengakui kesalahan yang kamu perbuat saat meminta maaf pada si dia. Dengan begitu, pasanganmu bisa percaya dan yakin kamu benar-benar menyesali perbuatanmu.

Tips Ampuh Minta Maaf ke Pacar, Nomor 2 Wajib Dilakukan

Foto: Shutterstock

2. Lakukan dengan Sungguh-sungguh

Selanjutnya ialah melakukan minta maaf dengan sungguh-sungguh. Pasangan biasanya peka dan mengetahui permintaan yang tulus, atau hanya sekadar ingin menghindari konflik.

Jangan melakukan permintaan maaf bila hanya ingin kekasihmu tak marah. Tapi, benar-benar lakukan dengan kesungguhan hati dan yakinkan bahwa kamu tak akan mengulangi kesalahanmu lagi.

3. Jangan Terlalu Membela Diri

Tak ada salahnya jika kamu ingin meluruskan kesalahanmu atas hal yang membuat pasanganmu kesal. Namun, pastikan kamu tidak melakukannya berlebihan hingga cenderung membela diri.

Utamakan kata-kata permohonan maaf dan penyesalan yang kamu ucapkan. Kurangi sikap defensif dan fokuslah pada permohonan maafmu.

Tips Ampuh Minta Maaf ke Pacar, Nomor 2 Wajib Dilakukan

Foto: Shutterstock

4. Tunjukkan Perubahan

Salah satu cara tepat permintaan maafmu diterima ialah menunjukan perubahan sifatmu. Yakinkan mereka kamu berubah jadi lebih baik dan tak lagi melakukan kesalahan yang membuat si dia kesal.

Dengan begitu, pasanganmu akan melihat kamu memenuhi komitmen atau janji yang telah diucapkan.


5. Jangan Berharap Segera Dimaafkan

Satu lagi tips meminta maaf pada pasangan ialah tidak langsung mengharapkan dimaafkan oleh si dia. Tugasmu hanya menyesali dan meminta maaf atas perbuatan yang sudah kamu lakukan.

Jangan paksa pasanganmu untuk langsung memaafkan keselahan yang kamu lakukan. Beri dia waktu untuk memahami maksud hatimu agar hubungan kamu bisa kembali membaik.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1478 seconds (0.1#10.140)