alexametrics
Ini Tips Biar jadi Mahasiswa Berprestasi
Ini Tips Biar jadi Mahasiswa Berprestasi
Jadi mahasiswa berprestasi gak sesulit yang dibayangkan, selama kamu bisa bikin perencanaan dengan tujuan dan langkah-langkah spesifik untuk meraih tujuan tersebut. Foto/campustechnology.com
Tangerang Selatan - Setiap mahasiswa pasti maunya sukses dan berprestasi, baik untuk urusan pendidikan dan di luar pendidikan. Tapi seringkali kegagalan datang sebelum berhasil ke titik sukses.

Nah, untuk itulah alumni mahasiswa yang sudah sukses bisa berbagi cerita ke adik-adik angkatannya. Seperti yang dilakukan oleh Nikki Leres Mulyati, Mawar Fatmala, dan Ahmad Hamdani.

Ketiganya adalah alumni penerima beasiswa Bidikmisi UIN Jakarta yang sudah melanglang buana hingga ke dunia internasional. Bidikmisi adalah program beasiswa dari UIN Jakarta untuk mahasiswa berprestasi dari keluarga yang kemampuan finansialnya terbatas.



Menurut penulis muda Ahmad Hamdani, kalau mahasiswa punya mimpi, maka harus dimulai dengan membuat tujuan yang jelas, spesifik, dan tentunya harus direncanakan.

“Insyaallah, nanti apa yang direncanakan melalui step-nya, maka akan jelas ke mana arahnya,” kata Hamdani saat mengisi acara sharing session dalam rangkaian acara orientasi Bidikmisi UIN Jakarta, akhir November lalu.

“Akan tetapi, sebaik apa pun konsep yang sudah direncanakan, kalau tanpa aksi, tanpa memulainya, gak akan bisa apa-apa,” tambahnya.

Hamdani juga menegaskan bahwa setiap orang punya kesempatan untuk sukses, untuk unjuk diri, dan untuk mengembangkan diri lebih baik lagi.

Mahasiwa sekaligus entrepreneur muda Mawar Fatmala juga berpendapat bahwa selain berprestasi, mahasiswa juga harus punya jiwa yang mandiri.

Dia juga memberikan beberapa tips agar dapat menjadi mahasiswa yang berprestasi. Yaitu mengenal diri sendiri, berani beda, berani menjadi unik, berani ambil risiko, berani menciptakan karya, dan selalu berusaha serta gak pernah putus asa.

“Sukses itu bertahap. Perbanyak jaringan (link) agar dapat belajar dari orang-orang hebat lainnya,” kata Nikki menambahi.

Hamdani, Mawar, dan Nikki sepakat bahwa setiap mahasiswa yang selalu berusaha pasti akan mencapai titik kesuksesan pada waktunya.

“Gagal berkali-kali, (itu) wajar, proses. Yang paling penting adalah mencoba lagi, diiringi dengan evaluasi,” pungkas Hamdani. 

Finka Fahryah
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah
Instagram: @finkafahryah



(her)
Artikel Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu dibawah ini)
loading gif
Artikel Gen SINDO
  • Hai teman teman...
    Kami mengajak untuk mengembangkan bakat kamu menulis dengan mengirimkan artikel.
    dalam bentuk word dengan panjang tulisan 4000 karakter.
    sertakan juga foto yang mendukung artikel kamu, identitas, serta foto terbaru kamu.
    Tunggu apalagi, segera kirim tulisan kamu ke : gensindo.mail@gmail.com
  • Visit Our Page :
  • Facebook
  • Twitter
  • Rss