Tips Melewati Usia 20-an yang Penuh Gejolak menurut Psikolog

Senin, 08 Mei 2023 - 13:48 WIB
loading...
Tips Melewati Usia 20-an yang Penuh Gejolak menurut Psikolog
Usia 20-an tahun selalu penuh gejolak dan kamu harus bisa menanganinya dengan baik. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Memasuki usia 20 tahunan sering disebut sebagai masa transisi usia remaja ke usia dewasa. Tentu akan ada banyak hal dialami dan bisa menimbulkan berbagai gejolak dalam hati dan pikiran.

Sepanjang rentang usia 20-an, kita mendapatkan kesempatan untuk berkembang dan tumbuh. Namun bersamaan dengan itu ada juga tuntutan dari sekeliling kita agar perkembangan kita itu mengaruh ke hal yang baik, mulai dari sisi karier, tanggung pada keluarga, hingga kehidupan pribadi seperti percintaan.

Berikut ini tips agar kamu bisa melewati usia 20-an dengan baik, mengutip Psychology Today.


1. Ikuti Instingmu

Tips Melewati Usia 20-an yang Penuh Gejolak menurut Psikolog

Foto: Shutterstock

Setiap orang memiliki insting atau perasaan sehingga bisa merasakan sesuatu. Secara umum saat kita berinteraksi dengan lingkungan luar, akan ada dampak eksternal yang bisa kita serap atau tiru. Nah di sinilah kita perlu mengikuti kata hati dengan memahami diri sendiri, agar menjalani kehidupan yang selaras dengan kognisi, emosi, nilai, dan keyakinan kita.

Kamu bisa mengambil kesempatan baru yang datang padamu, tapi jangan ambil semua yang ada agar kamu tidak kewalahan. Selain itu,renungkan semua keputusan yang kamu buat beserta segala konsekuensinya.

Terakhir, tetapkanlah batasan kepada orang-orang di sekitarmu, mulai dari teman kuliah, teman kerja, teman nongkrong, pacar, bahkan anggota keluarga agar kamu bisa tetap mengendalikan jalan hidupmu sendiri tanpa intervensi berlebihan dari orang-orang di dalam kehidupanmu.

2. Bangun Hubungan Romantis .

Tips Melewati Usia 20-an yang Penuh Gejolak menurut Psikolog

Foto: Pexels

Cobalah untuk membangun hubungan romantis atau kekasih yang bisa mendukungmu dalam melewati masa-masa usia 20-an yang penuh gejolak. Ini juga bisa melatihmu untuk belajar memahami dan berkompromi dengan orang lain.

Dua hal yang penting dalam mencari pasangan adalah carilah orang yang lebih pintar darimu karena mereka bisa mendorongmu untuk berpikir lebih kritis dan berkomunikasi dengan lebih baik, Selain itu, jadilah pasangan yang baik dan penuh empati pada pacarmu.


3. Harus Banyak Bersabar

Tips Melewati Usia 20-an yang Penuh Gejolak menurut Psikolog

Foto: Shutterstock

Saat kamu menjalani usia 20-an, kamuperlu banyak bersabar karenatidak ada cara untuk mempercepat rentang waktu itu. Nikmati prosesnya yang penuh tantangan karena setiap apa pun yang terjadinya nantinya akan mengasah kepribadianmu.

Menurut Jennifer Coren, psikolog sekaligus penulis buku I Love Me More, cara kamu menyikapi gejolak dan tantangan yang ada, itulah perilaku dan kepribadian yang akan membentukmu pada masa-masa berikutnya.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)