9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Minggu, 30 April 2023 - 10:10 WIB
loading...
9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?
Ada sejumlah karakter di film yang tidak menahan dirinya untuk melemparkan humor sarkastis yang mungkin tidak dipahami semua orang. Ada yang jadi ikon di sana. (Foto: Platform Magazine)
A A A
Humor itu subyektif. Apa yang dianggap seseorang itu lucu, mungkin dianggap orang lain menyinggung. Terutama, pada iklim seperti sekarang yang apa-apa sering dikaitkan dengan politik. Tidak ada merek humor yang berjalan mulus di antara menjadi kocak dan menyinggung sehalus sarkasme.

Seni memotong orang sampai mengecil dengan cara kocak dengan kata-kata adalah salah satu yang sudah lama diandalkan dunia hiburan sebagai sumber pemicu tawa. Keterampilan ini terutama berguna di televisi, yang lebih mengandalkan dialog ketimbang aksi. Dari Al Bundy sampai Chandler Bing dan Dr. Gregory House, tidak pernah ada kekurangan karakter sarkastik di televisi.

Tapi, bagaimana dengan film? Sebenarnya, di film pun banyak karakter yang sesakarkatis karakter di televisi. Bedanya, karakter ini sering kali hanya muncul sekali. Ada yang berkali-kali tampil tapi tidak sesering teman merka di dunia televisi. Sejumlah karakter ini bahkan telah menjadi legenda karakter paling sarkastis di dunia hiburan. Siapa saja karakter paling sarkastis di film? Mengutip MovieWeb, berikut ulasannya!



9. Seth — Superbad

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: Slash Film

Kalau 2000-an punya satu film SMA klasik yang mendefinisikan era itu untuk seluruh generasi, film itu pastinya adalah Superbad yang dirilis pada 2007. Ambisi film berdana rendah itu dibebankan terhadap karakter utamanya, sekelompok anak SMA, yaitu Seth, Evan, dan Fogell alias McLovin. Dari ketiga orang itu, Seth adalah yang paling cerdas, sering diperlihatkan dengan satu ujaran sarkastiknya.

Yang membantu adalah Seth diperankan bintang komedi masa depa, Jonah Hill, yang bakatnya dengan dialog panjang membnatu mengangkat film itu ke ketinggian baru. Ocehan Seth terhadap teman-temannya, sekolah, dan hidupnya secara umum adalah ujaran paling kocak di film. Temannya yang pemalu, Evan, menjadi lawan sempurna bagi pendekatan langsung Seth dalam mengatasi masalah hidup.

8. Juno — Juno

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: Letterboxd

Era 2000-an sering dianggap sebagai masa keemasan terakhir drama dan komedi berdana kecil. Salah satu tawaran terbaik dari era itu adalah Juno yang dirilis pada 2007. Menandai debut Diablo Cody sebagai penulis skenario, Juno berhasil tampil kocak bagi banyak audiens sementara masih berhasil punya gaya dan identitas berbeda.

Karakter utama film ini, Juno MacGuff, adalah anak SMA yang menghadapi kehamilan yang tidak diduga. Juno mengisahkan hidupnya dan berbagai tantangan yang dia hadapi kepada audiens dengan sinisme dan kata-kata orang yang lebih tua. Sementara berbicara kepada orang lain, Juno juga memperlihatkan bakat sarkasme yang melebihi usianya. Ini menyebabkan dialog yang sering dikutip di budaya pop dan membuahkan satu Oscar untuk skenario asli terbaik.

7. Olive — Easy A

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: NME

Meski membuat namanya sebagai aktor drama, Emma Stone paling dikenal sebagai salah satu bakat komedi terbaik di generasinya. Aktris itu sudah mengklaim status komedi kelas A di awal kariernya, dengan menjadi pemeran utama di Easy A. Sebuah komedi romantis SMA stereotipe, film ini naik berkat penulisan yang tajam dan pendekatan Emma terhadap karakter utamanya, Olive Penderghast, yang merupakan campuran antara Juno dan karakter Julia Roberts di Pretty Woman.

Setelah rumor yang cepat menyebar di SMA menyebut Olive sebagai cewek dengan reputasi buruk di antara para cowok, dia memutuskan menjalani saja tuduhan palsu itu untuk mendapatkan uang. Emma membawa banyak komedi sarkastis di semua urusan Olive dengan para cowok yang ingin memanfaatkan reputasi barunya demi terlihat keren di depan teman-temannya. Ini menciptakan salah satu protagonis SMA paling memorable yang pernah ada.

6. Alfred Pennyworth — Batman (Franchise)

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: CBR

Salah satu karakter paling terkenal di komik Batman adalah kepala pelayan Bruce Wayne, Alfred Pennyworth. Mantan agen rahasia Inggris, Alfred mengombinasikan sikap selalu keren dengan kecerdasan garing. Itu membuatnya menjadi sumber komedi yang tidak diduga di serial tentang seorang pria yang berpakaian seperti kelelawar untuk melawan para penjahat.

Film Batman biasanya berusaha mempertahankan selera sarkasme Alfred dengan semua aktor yang memerankan peran itu. Tapi, ini mungkin paling pas dengan Michael Caine yang memerankan Alfred di trilogi The Dark Knight. Mau menegus Bruce karena tidak bisa mengangkat kayu di Batman Begin atau mengolok-olok betapa ‘halus’ Lamborghini pilihan bosnya itu di jalanan Gotham saat siang hari Alfred versi Michael ini selalu tahu apa yang harus dikatakan untuk menyuntikkan kesembronoan yang dibutuhkan dalam hidup Bruce.

5. Lord Hades — Hercules

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: Disney Wiki – Fandom

Penjahat Disney cukup dikenal atas kesukaan mereka pada sarkasme, dari Scar ke Jafar sampai Ursula. Tapi, tidak ada penjahat yang lebih baik mewujudkan penjahat Disney yang sangat sarkas selain Lord Hades, Dewa Dunia Bawah Tanah di film animasi Hercules. Disulihsuarakan James Woods dalam peran yang secara khusus ditulis untuk dirinya, James memainkan karakter tangguh itu seperti penjual mobil bekas ketimbang tipe Setan tradisional.

Terlepas dari kekuatannya yang besar, Hades lebih suka menggunakan kata-katanya untuk memanipulasi semua orang di sekitarnya. Dia juga suka mengeluarkan ocehan kocak terhadap musuhnya dan memutar bola matanya di depan makhluk yang lebih lemah, yang pada dasarnya adalah manusia di di depan para Dewa Yunani. James juga begitu sempurna sebagai Hades sampai penampilannya sering dibandingkan dengan peran Robin Williams sebagai Genie di Aladdin.

4. Wednesday Addams — The Addams Family

9 Karakter Film Paling Sarkas, Ada yang Gayanya Kamu Tiru?

Foto: Polygon
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)