Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Jum'at, 28 April 2023 - 08:22 WIB
loading...
Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan
Ada sejumlah franchise film yang gagal dan rugi besar bahkan sebelum dimulai. Respons atas film pertamanya, baik secara komersial dan kritis, menjadi faktornya. (Foto: mxdwn Movies)
A A A
Franchise film bukanlah sesuatu yang istimewa dalam lanskap film modern. Sejak Marvel Cinematic Universe (MCU) jadi kondang, banyak studio yang kemudian ikut-ikutan menciptakan ulang formula dengan hasil kesuksesan yang bermacam-macam. Sementara sebuah film sepertinya menjadi awal sebuah franchise, itu tidak berarti film itu tidak menabrak dan membakar gerbangnya.

Film pertama dari sebuah franchise yang telah direncanakan adalah bahan ujian bagi studio. Sementara film itu mungkin tidak direspons baik oleh kritikus, tapi kalau audiens suka, maka studio kemungkinan akan melanjutkan langkahnya. Tapi, kalau secara kritik dan komersial film itu tidak direspons dengan baik, studio tentu akan kembali mempertimbangkannya.

Ada sejumlah film yang gagal untuk memulai sebuah franchise. Kerugian yang diderita Hollywood akibat franchise gagal itu mungkin mencapai miliaran dolar. Tidak penting kekuatan bintang di film itu atau seberapa populer karakternya, franchise tidak pernah mendapatkan jaminan untuk berlanjut. Franchise film apa saja yang sudah gagal bahkan sebelum dimulai? Mengutip CBR, simak ulasannya berikut!



10. Van Helsing

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: Letterboxd

Setelah tampil sebagai Wolverine di film X-Men, Hugh Jackman membintangi Van Helsing sebagai pemburu monster. Van Helsing memburu Drakula dan bertemu dengan monster Universal terkenal lainnya. Film itu juga dibintangi Kate Beckinsale, Richard Roxburgh, dan David Wenham.

Film itu dimaksudkan menjadi awal sebuah franchise. Tapi, ulasannya sebagian besar negatif dan box office-nya kurang dari yang diharapkan. Sebuah spin-off serial televisi juga dibatalkan. Film itu mendapatkan pujian lebih tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Tapi, karakter Van Hellsing sudah ada di neraka pengembangan sejak saat dirilis.

9. The Mummy

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: Letterboxd

Universal mengambil pertaruhan lain di semesta yang sama di monster terkenal mereka dengan The Mummy pada 2017. Film itu dibintangi Tom Cruise sebagai tentara yang menghadapi putri kuno Mesir yang bangkit setelah hampir 1.000 tahun. Meskipun film itu direncanakan sebagai awal semesta yang sama, film itu menjadi bumerang secara spektakuler.

Film itu menerima ulasan buruk dan pada akhirnya bikin studio itu rugi hingga hampir USD100 juta. Kegagalan film itu membatalkan proyek lain di Dark Universe termasuk sebuah film Bride of Frankenstein yang dibintangi Angelina Jolie. Russell Crowe juga direncanakan kembali ke sebuah film sebagai Dr. Jekyll/Mr. Hyde setelah tampil di The Mummy.

8. Green Lantern

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: The Hollywood Reporter

Green Lantern dirilis pada 2011 dan dibintangi Ryan Reynolds, Blake Lively, dan Mark Strong. Itu adalah salah satu dari film pertama DC yang berfokus pada pahlawan yang bukan Batman atau Superman. Sementara trilogi sudah direncanakan, tanggapan atas film itu segera menarik rem pada rencana itu.

Ryan akan menjadi orang pertama yang mengatakan kalau dia membenci film itu dan sebagian besar penonton pun setuju. Kritikan ditujukan pada semua hal, dari kostum CGI, plot tipis, dan penampilan yang buruk. Ryan mengolok-olok film itu sejak dirilis dan bahkan menertawainya dalam karakternya sebagai Deadpool di film Deadpool.

7. The Last Airbender

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: Bomb Report

The Last Airbender adalah adaptasi live-action pertama dari serial populer di Nickelodeon, Avatar: The Last Airbender. Film itu disutradarai M Night Shyamalan. Film itu awalnya direncanakan sebagai trilogi, yang pada akhirnya dibatalkan karena besarnya penerimaan negatif atas film itu.

The Last Airbender dikritik habis-habisan tidak hanya oleh penonton biasa tapi juga penggemar serial itu untuk apa saja. Film itu saat ini mendapatkan rating 5% di Rotten Tomatoes dan sering kali mendapati dirinya berada di daftar film terburuk yang pernah dibuat. Ini tentu saja bukanlah titik awal sebuah franchise yang menguntungkan.

6. The Golden Compass

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: British GQ

The Golden Compass dibuat berdasarkan novel Northern Lights, buku pertama dari trilogi His Dark Materials. Film ini berkisah tentang Lyra muda yang bergabung dengan sebuah perjalanan ke Utara untuk menyelamatkan anak-anak yang diculik. Film ini dibintangi Nicole Kidman, Daniel Craig, dan Dakota Blue Richards.

Meski memenangkan sebuah Oscar, film itu dianggap jeblok di box office, karena hanya meraup USD372 juta. Film itu juga menjadi salah satu alasan mengapa New Line Cinema merestrukturisasi divisi filmnya. Novelnya kemudian diadaptasi beberapa tahun kemudian di HBO sebagai His Dark Materials, yang mendapatkan ulasan lebih positif ketimbang The Golden Compass.

5. The Lone Ranger

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: USA Today
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)