Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Jum'at, 28 April 2023 - 08:22 WIB
loading...
A A A
The Lone Ranger dibintangi Armie Hammer sebagai pahlawan di judul itu dan Johnny Depp sebagai Tonto. Pasangan itu membawa keadilan ke Old American West dan bersatu untuk membalas dengam atas kematian kakak Lone Ranger. Sementara karakternya sukses di film seri dan serial televisi, hal yang sama tidak terjadi pada adaptasi berdana besar ini.

Film itu adalah salah satu film paling jeblok sepanjang masa, yang akhirnya membuat Disney rugi antara USD160—190 juta. Ini menyebabkan rencana film lanjutannya pun gagal total. Dengan kontroversi seputar Johnny yang memerankan karakter Native American bersama dengan kontroversi di seputar kehidupan pribadi Armie, sekuelnya tidak punya peluang untuk dibuat.

4. King Arthur: Legend of the Sword

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: The Atlantic

King Arthur: Legend of the Sword dirilis pada 2017. Film itu dibintangi bintang Sons of Anarchy, Charlie Hunman, sebagai Raja Arthur yang menghadapi warisan dan hak kesulungannya. Film ini juga menampilkan Astrid Berges-Frisbey, Jude Law, Djimon Hounsou, dan Eric Bana.

Legend of the Sword dimaksudkan sebagai awal dari franchise enam film tentang karakter King Arthur. Tapi, film itu bikin Warner Bros. rugi hingga USD150 juta dan bahkan tidak balik modal di box office. Banyak yang kecewa karena Merlin diselamatkan untuk sekuel yang pada akhirnya tidak terwujud.

3. Fantastic Four

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: Slash Film

Usaha kedua Fox untuk membuat franchise Fantastic Four, Fantastic Four dirilis pada 2015. Film itu dibintangi Miles Teller, Kate Mara, Michael B Jordan, dan Jamie Bell. Tapi, film itu jeblok secara spektakuler dan mendapatkan Razzie Award untuk kategori Film Terburuk bersama Fifty Shades of Grey pada 2016.

Film itu terkenal punya produksi yang sulit. Sutradaranya, Josh Trank, menyalahkan campur tangan studio atas kegagalan film itu. Ada gosip kalau gara-gara kegagalan ini, Josh kehilangan sejumlah proyek besar, termasuk sebuah film Star Wars. Tapi, Josh membantah klaim tersebut.

2. Power Rangers

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: Rangers Wiki – Fandom

Power Rangers adalah reboot franchise sukses yang diadaptasi secara longgar dari episode pertama serial televisi The Mighty Morphin Power Rangers. Serial ini terkenal dari era 90-an sampai sekarang. Filmnya menyatukan para Ranger itu untuk bertarung melawan Rita Repulsa dan pasukannya yang menginvasi bumi.

Adegan pascakredit film itu menyinggung perkenalan Tommy Oliver alias Ranger Hijau di film selanjutnya. Sayang, film itu tidak tampil bagus secara komersial dan kritis, yang pada akhirnya membunuh prospek sebuah franchise. Sekitar 6–7 busur cerita film itu sudah dipetakan sebelum pembatalannya. Kegagalan itu membuat kreator franchise itu, Haim Saban, menjual hak franchise-nya ke Hasbro.



1. John Carter

Belum Dimulai, 10 Franchise Film Ini Sudah Boncos Duluan

Foto: IMDb

Salah satu film terkenal yang gagal dalam beberapa tahun terakhir, John Carter dirilis pada 2012 dan diadaptasi dari novel A Princess of Mars. Film itu mengisahkan tentang John Carter, seorang veteran Perang Sipil, yang dikirim ke planet Barsoom di mana dia bertarung melawan pemberontakan sipil. Film itu dimaksudkan menjadi awal trilogi baru.

Tapi, film itu dibelit banyak masalah yang menyebabkan kegagalannya. Salah satunya yang sering dikemukakan adalah kampanye marketing film itu, serta keputusan memberi judul film itu dengan karakter utamanya bukan dengan judul aslinya. Kepala Walt Disney Studios mundur setelah film itu dirilis dan Disney menderita kerugian hingga USD200 juta. Para pemeran dan kru film ini bahkan menghadapi kritikan tajam yang berdampak pada karier mereka.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2343 seconds (0.1#10.140)