10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Minggu, 23 April 2023 - 08:08 WIB
loading...
10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus
Ada sejumlah film yang sangat dibenci kritikus karena tidak memenuhi ekspektasi. Meski begitu, film itu malah menarik audiens secara umum dan jadi sangat laris. (Foto: Rolling Stone)
A A A
Kualitas sebuah film tidak hanya ditentukan dari angka box office-nya. Tapi, analisis pendapatanya biasanya menjadi cara yang baik untuk memahami apa yang paling membuat audiens global tertarik untuk menonton di bioskop. Selain, itu apa kata kritikus juga tak jarang mempengaruhi keputusan penonton untuk menonton atau tidak.

Tapi, kata kritikus sering kali tidak sejalan dengan antusiasme atau pandangan penonton atas sebuah film. Berkali-kali, banyak film bagus yang penuh puja puji kritikus seperti Blade Runner 2049 dan Children of Men malah tidak laku di box office. Di sisi lain, film yang mendapatkan ulasan jelek dari kritikus, dan, kadang audiens umum, malah mendapatkan pendapatan tinggi.

Ketika ekspektasi untuk sebuah film itu sangat tinggi, tidak sulit kalau jadi kecewa ketika hasil akhirnya tidak pas dengan apa yang awalnya diharapkan penonton. Ada banyak film dengan pendapatan yang sangat tinggi tapi sebenarnya film itu mengecewakan kritikus. Apa saja film paling laris yang dibenci kritikus? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. Fifty Shades of Grey — 2015

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: Vulture

Diangkat dari novel terkenal karya EL James, film pertama franchise erotis dan kontroversial itu memperkenalkan penonton pada Chrisian Grey, seorang pebisnis muda misterius. Selain itu, ada juga Anastasia Steele, seorang lulusan sarjana. Film ini menggambarkan hubungan sadomasokitis mereka.

Dengan betapa provokatifnya film ini, bukanlah sebuah kejutan kalau film ini memicu rasa penasaran di antara penggemar buku dan mereka yang belum pernah mendengar premisnya. Makanya, film itu berhasil meraup hasil lumayan di box office. Apalagi, film ini dirilis di Hari Valentine. Meski ulasannya negatif, dengan skor 24 dari kritikus di Rotten Tomatoes, film ini meraup lebih dari USD500 juta di box office.

9.The Super Mario Bros. Movie — 2023

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: WIRED

Sementara The Super Mario Bros. Movie adalah salah satu film yang paling diantisipasi tahun ini, film animasi ini mengecewakan bagi kritikus. Film ini menampilkan Chris Pratt, Anya Taylor-Joy, dan Charlie Day. Film itu mengisahkan tentang Mario yang harus menghentikan Bowser dari usahanya mengambil alih dunia dengan bantuan teman-temannya.

Meski film itu gagal memenuhi harapan, kesuksesan komersialnya tidak bisa dibantah. Film itu meraup lebih dari USD739 juta. Pendapatan film itu diperkirakan akan terus meningkat dengan cepat.

8. Suicide Squad — 2016

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: WIRED

Suicide Squad menjanjikan lebih dari yang diberikan. Kalau penggemar dikatakan melongo karena trailernya itu meremehkan. Makanya, meskipun kontennya cukup mengecewakan, banyak yang menyebut film itu punya salah satu trailer terbaik. Film itu berpusat pada sekelompok penjahat yang direkrut untuk mebentuk satuan tugas defensive dan menyelamatkan dunia dari ancaman demi pengurangan vonis.

Sementara, film itu sangat mengecewakan, film itu meraup USD746 juta. Pada 2016, film itu adalah film terlaris ke-10. Meski eksekusinya jelek, Suicide Squad menampilkan sederet karakter menarik. Ini termasuk Harley Quinn tak terlupakan yang diperankan Margot Robbie. Karakter itu akan dilakonkan Lady Gaga di Joker 2.

7. The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 — 2012

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: The New York Times

The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2 jelas adalah film yang sudah lama ditunggu. Entri terakhir franchise itu mengisahkan tentang hubungan antara Bella dan Edward. Keduanya menjadi orangtua dan berusaha melindungi bayi mereka dari cengkraman jahat Volturi.

Sementara, kritikus sepakat kalau Breaking Dawn Part 2 adalah film paling menghibur di franchise itu, film itu pada akhirnya kurang elemen krusial. Itu termasuk dialog bagus, ditambah bayi CGI ikonisnya tidak membantu. Tapi, film itu masih meraup USD829,6 juta.

6. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides — 2011

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: Why So Blu?

Setelah 4 tahun, serial baru Pirates of the Caribbean akhirnya dirilis. Penonton pun tidak bisa menyembunyikan kegembiraan mereka. Ini menyebabkan itu meraup USD1,04 miliar di box office. Padahal, film itu melunturkan harapan kritikus yang mengklaim film itu gagal menghidupkan potensi penuhnya.

Tapi, lagi-lagi, penggemar berat franchise itu tidak tahan buat tidak menonton Jack Sparrow. Kali ini, dia berlayar untuk mencari air mancur awet muda bersama Angelica dan Blackbeard. Inilah mengapa Dead Men Tell No Tale dirilis enam tahun kemudian dengan pencapaian box office yang mengesankan.

5. Jurassic World: Dominion — 2022

10 Film Paling Cuan di Box Office Ini Bikin Kecewa Kritikus

Foto: Fox Business
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)