10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Minggu, 16 April 2023 - 18:18 WIB
loading...
10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film
Tidak semua karakter Harry Potter yang diadaptasi ke film tampil memuaskan. Beberapa di antaranya bikin penggemar kecewa karena adaptasinya dianggap buruk. (Foto: Deadline)
A A A
Semesta Harry Potter selalu kaya dengan karakter menarik yang penuh potensi. Di antara penyihir, muggle (manusia biasa), makhluk fantastik, sekutu, dan penjahat, Dunia Penyihir adalah kotak kejutan di novelnya. Mereka kemudian mendapatkan adaptasi menarik di delapan film yang dirilis Warner Bros.

Sayangnya, untuk berbagai alasan, banyak karakter yang jadi sangat berbeda dari versi aslinya. Entah karena kurangnya elemen penting dari buku atau karena benar-benar dihilangkan. Ini tentu mengecewakan banyak penggemar. Terlebih, kalau itu terjadi pada karakter favorit mereka.

Bukan rahasia lagi kalau adaptasi buku atau novel ke film sering kali bikin kecewa. Film cenderung menghilangkan sejumlah elemen dari novel untuk memadatkan durasi film dan meringkas ceritanya. Ini pula yang terjadi pada Harry Potter. Ada sejumlah adaptasi karakter dari novel ke film yang tidak memuaskan. Karakter apa saja di Harry Potter yang mendapatkan adaptasi jelek di filmnya? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. Ronald Weasley

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Wizarding World

Ini mungkin terdengar mencemarkan kesucian bagi banyak orang. Tapi, di film, Ron Weasley adalah orang bodoh. Ini bukan karena penampilan Rupert Grint, yang berhasil menangkap semua yang disuka penggemar dari sahabat Harry Potter itu. Tapi, itu karena naskah untuk tujuh film menempatkannya sebagai comic relief, yang menjauhkan banyak kearifannya tenang Dunia Penyihir.

Sejak Philosopherā€™s Stone, sejumlah baris dan obrolan antar Ron dan karakter lain di franchise itu telah diubah. Sehingga, Hermione Granger menjadi orang tercerdas di sekolah dan tahu semuanya tentang penyihir dan cara hidup mereka. Dan, sebanyak yang telah dilakukan untuk peyihir kecil itu dan monolognya, itu mendegradasi Ron menjadi karakter konyol.

9. Ariana Dumbledore

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Harry Potter Fanon Wiki ā€“ Fandom

Banyak elemen di novel yang akhirnya dihilangkan di film. Ini sebagian dilakukan untuk membuat laju produksinya jadi lebih cocok bagi penonton yang mencari petualangan dan action. Sayangnya, itu artinya sebagian besar cerita latar Albus Dumbledore ditinggalkan di Deathly Hallows: Part I.

Sesuatu yang sangat penting tentang asal usul penyihir itu adalah hubungan yang terbangun antara dia dan Gellert Grindelwald. Hubungan itu menyebabkan kematian tragis Ariana Dumbledore, adik kepala sekolah Hogwarts itu. Ini bahkan disebut di Fantastic Beasts: Secrets of Dumbledore yang meringankan absennya subplot ini di saga aslinya.

8. Fleur Delacour

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Wizarding World

Di Harry Potter and the Goblet of Fire, audiens diundang untuk menyaksikan Turnamen Triwizard yang legendaris. Turnamen itu mempertemukan tiga sekolah sihir, yang masing-masing diwakili seorang jawara. Di sini, audiens jadi mengenal Beauxbatons, akademi sihir terkenal Prancis, dan Fleur Delacour akhirnya ikut berkompetisi setelah dipilih Goblet of Fire.

Karakter itu punya peran sangat sekunder di novel. Dia adalah setengah manusia dan setengah Veela. Di saga itu, Veela adalah nama yang diberikan kepada makhluk ajaib, yang, dengan nyanyiannya bisa menggoda orang lain. Selain dikeluarkan dari narasi film, tidak banyak yang tahu bagaimana dia jatuh cinta pada Bill Weasley.

7. Bartemius Crouch Jr.

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Screen Rant

Salah satu elemen bagus dari buku dan film adalah kehadiran Barty Crouch Jr. di The Goble of Fire. Dia adalah Death Eater setia Lord Voldemort, yang menyamar sebagai Mad-Eye Moody. Dia melakukan berbagai akal bulus sehingga Harry Potter bisa jatuh ke tangan majikannya.

Di novel, karakter itu punya cerita yang sangat menarik, terutama berkat hubungannya dengan ayahnya, Barty Crouch Sr. Di sana, terungkap kalau dia dikirim ke Azkaban setelah kejatuhan pertama Voldemort. Tapi, dia kemudian bisa kabur berkat bantuan ayahnya. Terlebih, koneksinya dengan Bellatrix Lestrange dan keikutsertaannya pada penyiksaan orangtua Neville Longbottom pun terungkap.

6. Remus Lupin

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Screen Rant

Remus Lupin diperkenalkan di The Prisoner of Azkaban sebagai guru Pertahanan Melawan Sihir Hitam baru. Dia langsung menjadi karakter paling disukai di franchise ini. Sedikit demi sedikit, dia memperlihatkan dirinya sebagai sekutu besar Harry Potter. Hubungannya dengan ayah Harry pun terkuak, begitu juga rahasia terbesarnya. Dia adalah seorang manusia serigala (werewolf).

Di film, Lupin adalah satu-satunya sosok yang benar-benar penting di film ketiga. Tapi, yang diketahui pembaca tentang dia setelah itu benar-benar dihilangkan dari sekuelnya. Ceritanya melibatkan Fenrir Greyback, yang mengubahnya menjadi manusia serigala. Selain itu, kisah cintanya dengan Nymphadora Tonks, yang menyebabkan kesalahpahaman antara dia dan Harry hanya bisa dijelaskan ketika orang tahu kalau Lupin punya anak yang awalnya hendak dia tinggalkan. Ketika Lupin dibangkitkan dari kematian, dia meminta Harry menjadi ayah baptisnya.

5. Nymphadora Tonks

10 Karakter Harry Potter dengan Adaptasi Terburuk di Film

Foto: Wizarding World
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)