10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Minggu, 16 April 2023 - 07:07 WIB
loading...
10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!
Tidak semua franchise sukses dengan mudah bisa dibuatkan spin-off-nya. Salah langkah, spin-off itu malah rungkad dan boncos. Belum lagi, film itu tidak penting. (Foto: The New York TImes)
A A A
Franchise film itu gampang-gampang susah untuk ditangani dan bahkan lebih sulit untuk dibuat. Terlalu banyak konten bisa membanjiri dan membuat penggemar menjauuh. Bahkan, serial paling sukses pun bisa terpeleset kalau mereka terlalu jauh—itulah kondisi yang sudah cukup dibuktikan Marvel Cinematic Universe (MCU) saat ini.

Tapi, kesuksesan sebuah film original selalu menggoda studio untuk membuatkan franchise-nya. Ketika franchise itu sukses, mereka akan mencari sela untuk membuat spin-off yang diharapkan bisa sama-sama sukses dan tetap menjaga relevansi seri aslinya. Dan, tidak semua studio berhasil melakukannya.

Spin-off secara khusus sulit untuk dieksekusi secara sukses. Di puncak terbaiknya, spin-off bisa memberikan sorotan kepada karakter underrated dan mengeluarkan dunia mereka. Tapi, sebaliknya, sempalan ini bisa jadi tidak berguna dan usaha menarik uang yang merentangkan kontennya dengan sangat tipis, sehingga tidak menarik bagi audiens. Ada sejumlah spin-off yang memang sangat jelek, tidak menawarkan banyak ide original, dan kekurangan nilai hiburan. Apa saja? Mengutip Collider, simak ulasannya berikut!



10. Black Adam

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: IndieWire

Dwayne “The Rock” Johnson menderita kesalahan terbesar dalam kariernya dengan film superhero Black Adam yang dirilis 2022. Sebuah usaha yang tidak bertujuan dan tidak bisa dijelaskan untuk mengubah penjahat DC kelas B menjadi antihero modern, Black Adam terasa tidak fokus dan sia-sia. Bahkan, dengan standar DC.

Sudah banyak yang mengungkapkan tentang drama di balik layar film itu. Tapi, masalah nyatanya adalah apa yang ada di layar. Black Adam adalah karakter yang populer di kalangan penggemar komik. Tapi, penonton mainstream tidak mengenalnya dan tidak tertarik mengenalnya. Dengan mempertimbangkan konten superhero yang sudah ada saat ini, audiens tentu tidak mau menginvestasikan waktu mereka pada karakter dengan kekuatan yang sama dengan karakter lain yang tidak membuat mereka tertarik.

9. Lightyear

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: Vox

Serial Toy Story adalah bagian menyenangkan dari sinema modern yang sudah memperpanjang sambutannya. Film itu punya finale yang juara dan memuaskan dengan Toy Story 3 sebelum ketamakan menginspirasi film keempat yang menodai warisan trilogi itu. Film kelima sudah diumumkan, meskipun kekecewaan terhadap spin-off Lightyear seharusnya menyebabkan keprihatinan.

Lightyear adalah definisi atas film “siapa sih yang minta?” Buzz Lightyear adalah karakter asyik. Tapi, dia bagian dari tim, bukan pemeran utama—dia bahkan bukan bintangnya film Toy Story! Chris Evans melakukan yang terbaik dan animasinya bagus. Tapi, lini cerita yang malas dan vibe membingungkan membuat film ini nyaris mustahil buat dinikmati penonton.

8. Evan Almighty

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: TNT

Sekilas, tidak sulit melihat mengapa Universal memilih membuat spin-off untuk hit kejutan mereka, Bruce Almighty, pada 2003. Pada 2007, Steve Carell adalah komedian terpanas di Hollywood, pasca-Little Miss Sunshine, dan mengendarai gelombang kesuksesan The Office. Dia pun terpilih menjadi pemeran utama di Evan Almighty.

Sayang, Evan Almighty salah memahami apa yang membuat film aslinya begitu sukses, yaitu dengan membiarkan pemeran utama cowoknya berlarian dengan liar dan bebas. Film itu juga salah memahami apa yang membuat Evan Baxter menjadi karakter yang begitu diingat, dengan mengubahnya dari seorang antagonis brengsek menjadi protagonis underdog. Evan Almighty menyia-nyiakan waktu semua orang, termasuk Steve, Morgan Freeman, dan orang-orang yang membayar tiket untuk menontonnya.

7. The Scorpion King

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: The Playlist

Dengan banyak cara, Dwayne “The Rock” Johnson punya karier membuat spin-off—beberapa di antaranya lebih sukses dari yang lainnya. Usaha pertamanya, The Scorpion King, membawanya kembali ke perannya dari The Mummy Returns. Dengan cara khas Dwayne, karakter itu berubah dari penjahat menjadi pahlawan tragis dengan film itu berkisah tentang cerita asal usulnya sebagai prajurit kuat.

The Scorpion King itu cheesy dan, kadang, konyol luar biasa. Karakternya jelek di The Mummy Returns. Sementara, film solonya berusaha keras membuatnya menarik, usaha itu pada akhirnya gagal. The Scorpion King membuktikan ada kualitas pemeran utama yang bersembunyi di diri The Rock, meski itu juga mengonfirmasi kalau petualangan Mummy di layar lebar hanya bekerja ketika Brendan Fraser menjadi bintangnya.

6. Elektra

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: Syfy

Selalu menyenangkan melihat Jennifer Garner di layar. Perannya di Alias mengokohkan tempatnya sebagai ikon action modern dan dia telah lebih dari membuktikan keserbagunaannya sebagai aktris di proyek seperti Juno dan13 Going on 30. Jennifer akan menjadi kendaraan layar lebar. Sayang, dia harus membintangi Elektra.

Film yang menjadi asalnya, Daredevil, terkenal jelek. Pendekatan Jennifer terhadap Elektra juga tidak terlalu diterima dengan baik. Lalu, Elektra bukanlah karakter Marvel kelas A dan itu adalah era pra-MCU ketika audiens hanya tertarik pada pemain utama Marvel. Elektra direncanakan untuk gagal dari awal dan fakta kalau studionya masih memilih membuatnya tetap menjadi tanda tanya.

5. Fantastic Beasts

10 Film Spin-off Paling Rungkad, Maksa Banget buat Dibikin!

Foto: The New York Times
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)