7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Senin, 13 Maret 2023 - 20:59 WIB
loading...
7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar
Film sci-fi dan petualangan jarang mendapatkan perhatian Oscar. Tapi, tidak berarti genre itu tidak bisa bersaing dan bahkan meraih kategori paling bergengsi. (Foto: Vox)
A A A
Film sci-fi dan petualangan adalah genre yang populer. Tapi, entah bagaimana, genre ini tidak begitu populer di ajang penghargaan seperti Oscar. Buktinya, jarang ada film sci-fi atau petualangan yang berhasil memenangkan penghargaan bergengsi itu.

Film-film genre ini mungkin tidak memenangkan penghargaan untuk kategori bergengsi seperti Film atau Sutradara Terbaik. Tapi, ketika film-film seperti ini masuk nominasi, hype-nya terasa berbeda dengan film seperti dari genre drama, romance, dan lain-lainnya. Ini pun terbukti dengan Oscar yang baru saja digelar tahun ini.

Film sci-fi dan petualangan biasanya lebih berjaya di box office. Elemen fantasi yang masuk di genre tersebut membuat film jenis ini jadi lebih menarik bagi audiens. Meski, ada juga film yang jadi terlalu “nyeni” dan kurang diminati audiens. Apa saja film sci-fi dan petualangan yang pernah memenangkan Oscar? Simak ulasannya berikut ini!



7. The Shape of Water

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: Animation World Network

The Shape of Water terinspirasi dari film horor sci-fi klasik Creature from the Black Lagoon. Film ini dinominasikan untuk 13 Oscar, dan memenangkan empat di antaranya, termasuk Film dan Sutradara Terbaik. The Shape of Water menjadi film sci-fi pertama yang memenangkan Film Terbaik Oscar. Film ini disutradarai Guillermo del Toro dengan dibintangi Sally Hawkins, Michael Shannon, Richard Jenkins, Doug Jones, Michael Stuhlbarg, dan Octavia Spencer.

The Shape of Water berkisah tentang Elise, seorang wanita bisu yang bekerja sebagai tukang bersih-bersih di laboratorium pemerintah rahasia dengan keamanan tertinggi di Baltimore pada 1962. Hidupnya berubah selamanya ketika dia menemukan rahasia laboratorium itu, makhluk misterius dan besar dari Amerika Selatan yang hidup di akuarium. Di saat Elisa mengembangkan ikatan unik dengan teman barunya, dia segera tahu takdir makhluk itu yang berada di tangan agen pemerintah dan biolog kelautan. The Shape of Water bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

6. Lord of the Rings: The Return of the King

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: FanSided

Lord of the Ring: The Return of the King telah menjadi pembawa standar untuk genre petualangan dan fantasi. Film ini dinominasikan untuk 11 Oscar dan memenangkan semuanya, termasuk untuk Film dan Sutradara Terbaik. Seri ketiga Lord of the Rings itu disutradarai Peter Jackson dan masih menghadirkan sederet pemeran dari seri pertamanya seperti Elijah Wood, Viggo Mortensen, Sean Astin, Ian McKellen, dan Andy Serkis.

Lord of the Ring: The Return of the King melanjutkan kisah dua film sebelumnya yang sama-sama diangkat dari novel karya JRR Tolkien. Film ini menghadirkan konfrontasi akhir antara pasukan baik dan jahat untuk mengendalikan masa depan Middle-Earth. Frodo dan Sam akhirnya mencapai Mordor untuk menjalani misinya menghancurkan cincin yang mereka bawa. Sementara, Aragorn memimpin pasukan baik melawan pasukan jahaat Sauron di Minas Tirith. Lord of the Ring: The Return of the King bisa ditonton di HBO Go.

5. Eternal Sunshine of the Spotless Mind

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: Vulture

Eternal Sunshine of the Spotless Mind sering dianggap sebagai film underrated. Film yang dirilis pada 2004 ini disutradarai Michel Gondry dengan dibintangi Jim Carrey, Kate Winslet, Kirsten Dunst, Mark Ruffalo, Elijah Wood, dan Tom Wilkinson. Film ini mendapatkan dua nominasi Oscar untuk Aktris dan Original Screenplay Terbaik. Film ini lantas memenangkan kategori Original Screenplay Terbaik.

Eternal Sunshine of the Spotless Mind berkisah tentang hubungan Clementine dan Joel yang berakhir. Setelah putus, Clementine menjalani prosedur untuk menghapus ingatannya terhadap sang mantan. Di sisi lain, begitu Joel tahu apa yang dilakukan Clementine, dia pun menjalani prosedur yang sama dan pelan-pelan mulai melupakan wanita yang pernah dia cintai itu. Eternal Sunshine of the Spotless Mind bisa ditonton di HBO Go.

4. Interstellar

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: Polygon

Interstellar adalah salah satu film sci-fi yang populer. Film ini bahkan meraih 5 nominasi untuk Oscar, meskipun bukan di kategori utama. Meski begitu, film yang dirilis pada 2014 itu memenangkan satu Oscar untuk kategori Visual Effect Terbaik. Film ini disutradarai Christopher Nolan dan dibintangi Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Bill Irwin, Ellen Burstyn, dan Michael Caine.

Interstellar mengisahkan tentang bumi yang tidak bisa dihuni lagi akibat badai pasir. Sekelompok astronot kemudian melakoni misi ke antariksa untuk mencari tempat baru untuk ditinggali. Bersama perjalanan itu, aliran waktu terganggu dan melompat maju mundur selama puluhan waktu sekaligus. Interstellar bisa ditonton di Netflix.

3. Her

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: The Verge

Dirilis pada 2013, Her bersaing ketat di Oscar pada 2014 dengan film seperti American Hustle, Gravity, 12 Years of Slave, Dallas Buyers Club, dan The Wolf of Wall Street. Her mendapatkan 6 nominasi dan berhasil memenangkan satu kategori, yaitu Original Screenplay Terbaik. Film ini disutradarai Spike Jonze dengan dibintangi Joaquin Phoenix, Amy Adams, Rooney Mara, Olivia Wilde, dan Scarlett Johansson.

Her berkisah tentang seorang pria sensitif yang hidup dengan menulis surat pribadi untuk orang lain. Patah hati setelah pernikahannya berakhir, pria itu, Theodore, tertarik dengan sistem operasi baru yang berkembang menjadi entitas intuitif dan unik. Dia memulai program itu dan bertemu Samantha, yang suara mengungkapkan kepribadian yang sensitif dan cerita. Hubungan pertemanan itu akhirnya berubah menjadi cinta. Her bisa ditonton di Netflix.

2. Gravity

7 Film Sci-Fi dan Petualangan yang Pernah Memenangkan Oscar

Foto: Variety
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)