10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Senin, 13 Maret 2023 - 09:08 WIB
loading...
10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun
Ada sejumlah film yang mendapatkan banyak nominasi Oscar, tapi tidak memenangkan satu pun piala itu. Bagi mereka, dinominasikan saja sudah sebuah kehormatan. (Foto: The Independent)
A A A
Everything, Everywhere, All at Once mendapatkan 11 nominasi di perhelatan Oscar yang digelar di Los Angeles, Minggu (12/3) malam atau Senin pagi (13/3) waktu Indonesia. Film itu mencetak rekor sebagai film Asia pertama yang mendapatkan begitu banyak penghargaan. Meskipun, sebelumnya, sudah ada banyak film yang mendapatkan lebih dari 10 nominasi di ajang bergengsi tersebut.

Dalam perjalanannya, banyak film yang meraih banyak nominasi dan berhasil menang banyak. Sebaliknya, ada juga film dengan banyak nominasi tapi harus pulang dengan gigit jari karena tidak satu pun menang. Academy sepertinya tidak bisa menemukan tempat bagi film-film ini untuk menang karena saingannya pun tak kalah bagus.

Mau disutradarai sutradara terkenal atau dibintangi aktor dengan kemampuan akting luar biasa, itu tidak membantu film dengan banyak nominasi ini menang. Meski begitu, bagi sejumlah pihak, masuk nominasi saja sudah menjadi sebuah kehormatan. Terlebih, sejumlah sutradara atau aktor bisa meraih Oscar setelah kegagalan ini. Apa saja film dengan banyak nominasi Oscar tapi tidak menang satu pun? Simak ulasannya berikut ini!



10. The Wolf of Wall Street — 5 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: MUBI

The Wolf of Wall Street dirilis pada 2013. Film ini diangkat dari kisah nyata pialang saham Jordan Belfort. Film ini mengisahkan tentang kehidupan mewahnya dengan uang, seks, dan narkoba serta keruntuhannya setelah dia ketahuan melakukan kejahatan dan korupsi.

Dinominasikan di tahun yang sama dengan American Hustle, Gravity, 12 Years Slave,dan Dallas Buyers Club, The Wolf of Wall Street harus menerima nasib tidak menang satu pun. Selain itu, film itu juga meneruskan kesialan untuk Leonardo DiCaprio. Film itu menandai nominasi Oscar keempatnya untuk aktor terbaik, dan dia masih kalah.

9. The Godfather Part III — 7 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: Collider

Meski Francis Ford Coppola merasa kalau dua film pertama Godfather telah mengisahkan saga Corleone secara lengkap, dia tertarik mengambil tawaran Paramount untuk membuat The Godfather Part III. Seri terakhir itu mengakhiri cerita Michael Corleone di saat dia berusaha melegitimasi kekaisaran kriminalnya.

Respons terhadap film itu mixed. Tapi, The Godfather Part III masih berhasil mendapatkan 7 nominasi Oscar, termasuk untuk film, sutradara, aktor pendukung, dan sinematografi terbaik. Sayang, film ini kalah dan tidak mendapatkan satu pun piala karena Dances with Wolves mendominasi Oscar tahun itu.

8. The Shawshank Redemption — 7 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: Vanity Fair

The Shawshank Redemption yang dirilis pada 1994 diangkat dari novel karya Stephen King. Film ini berkisah tentang Andy Dufresne, seorang pegawai bank sukses, divonis setelah didakwa membunuh istri dan pacarnya. Sayang, hanya dia yang tahu kalau dia tidak bersalah. Divonis dua vonis penjara seumur hidup, dia menjalani kehidupan brutal di penjara sementara membuat sekutu. Salah satunya adalah Red, yang menjadi narator film ini.

Sering dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, film ini sama sekali tidak memenangkan satu pun dari 7 nominasi Oscar-nya. Di tahun itu, The Shawshank Redemption bersaing dengan Forrest Gump di Oscar. Meski begitu, nominasi Oscar itu membuat film itu jadi terkenal setelah rugi ketika dirilis karena tidak dilirik penonton.

7. The Elephant Man — 8 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: Roobla

Dirilis pada 1980, The Elephant Man diangkat dari cerita nyata, Joseph Merrick. Film ini mengisahan tentang Joseph, pria dari akhir abad 19 yang wajahnya sangat rusak karena penyakit bawaan. Dia memenuhi kebutuhan sehari-harinya dengan menggelar pertunjukan atraksi. Setelah ditemukan Dr. Fredrick Teeves, kedua pria itu belajar pelajaran penting dari satu sama lain sepanjang hidup mereka.

Film ini ikonis dan berpengaruh. Meski tidak menang satu pun dari 8 nominasinya, film ini jadi istimewa karena menyebabkan terciptanya satu kategori penghargaan baru di Oscar, yaitu Makeup Terbaik. Kategori ini dibuka pada 1981—dan diberikan pada 1982—sebagai hasil protes setelah makeup Christopher Tucker di The Elephant Man sama sekali tidak diberi nominasi.

6. The Remains of the Day — 8 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: YouTube

The Remains of the Day yang dirilis pada 1993 diangkat dari novel dengan judul sama. Film itu berkisah tentang Stevens, seorang kepala pelayan yang mengorbankan tubuh dan jiwanya untuk melayani majikannya. Dia kemudian sadar kalau majikannya itu tidak setabah dan setulus yang pernah dia lihat. Selama bekerja, dia harus bersaing dengan seorang asisten rumah tangga bernama Miss Kenton.

Film itu meraih 8 nominasi di banyak kategotin bergengsi, termasuk film, sutradara, aktor, aktris, dan adaptasi skenario terbaik. Sayang, The Remains of the Day kalah di semua kategori yang menominasikannya dan pulang tanpa piala. Di tahun itu, film ini harus bersaing dengan The Schindler’s List.

5. Gangs of New York — 10 Nominasi

10 Film dengan Banyak Nominasi Oscar, tapi Enggak Menang Satu pun

Foto: Vanity Fair
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)