Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:56 WIB
loading...
A A A
Gravity adalah film sci-fi besutan Alfonso Cuaron dengan dibintangi Sandra Bullock dan George Clooney. Keduanya berperan sebagai dua orang astronot yang terdampar di antariksa setelah sebuah insiden besar. Film ini mengeksplorasi tantangan fisik dan psikologis intensif usaha bertahan hidup di ruang hampa udara sementara juga menyelami tema koneksi manusia lebih dalam dan kerapuhan hidup.

Meski film ini punya nama besar, tapi, sutradaranya kurang terkenal dan kampanye marketing-nya juga tidak masif. Tidak banyak harapan pada film ini. Yang mengejutkan, dari anggaran USD100 juta, film ini malah jadi hit di box office dan mendapatkan ulasan yang positif. Film ini berhasil meraup USD723 juta dan memenangkan banyak penghargaan.

3. Slumdog Millionaire

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: Life & Style

Slumdog Millionaire adalah film drama Inggris yang disutradarai Danny Boyle. Film ini mengisahkan tentang seorang pemuda India dari permukiman kumuh yang menjadi kontestan Who Wants to Be a Millionaire? versi India. Film, yang memenangkan 8 Oscar, termasuk Film Terbaik, mengeksplorasi tema nasib, cinta, dan semangat sementara juga memberikan gambaran kemiskinan dan ketidakadilan sosial di India.

Slumdog Millionaire tidak benar-benar diperkirakan menjadi hit box office karena sejumlah alasan, termasuk dibuat dengan dana yang relatif kecil dan tidak dipromosikan secara besar-besaran. Apalagi, itu adalah film indie Inggris dengan pemeran yang tidak dikenal. Bahkan, Warner Bros. pun sempat meragukan prospeknya dan nyaris tidak dirilis di AS. Tapi, film ini malah mendapatkan reviu positif dan jadi hit di box office dengan pendapatan lebih dari USD377 juta dari dana USD15 juta.

2. Apocalypse Now

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: Games Radar

Apocalypse Now yang dirilis pada 1979 mengisahkan tenang Kapten Willard, seorang perwira operasi khusus Angkatan Darat AS. Dia dikirim untuk misi rahasia membunuh seorang kolonel Amerika yang jadi kejam di tengah Perang Vietnam. Di saat Willard mulai masuk lebih dalam ke hutan, dia mengalami horor perang dan kegelapan sifat manusia. Pada akhirnya, dia harus menghadapi sifat asli misinya dan biaya konflik.

Apocalypse Now disutradarai Francis Ford Coppola dan dianggap sebagai film yang sangat ambisius serta rumit yang menghadapi banyak masalah saat syuting. Dengan banyaknya masalah di lokasi syuting serta konflik antara pemeran dan kru, tidak banyak yang diharapkan dari film ini. Meski tidak punya ekspektasi apa pun, film ini sukses secara kritis dan komersial. Film ini meraup USD150 juta dan memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes pada 1979.



1. Joker

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: IMDb

Joker mengeksplorasi asal usul karakter paling ikonis dan terkenal di DC Universe, yaitu Joker, sebagai komedian gagal bernama Arthur Fleck. Awalnya, film ini tidak diperkirakan meledak di box office. Psycho-thriller ini dipasarkan sebagai film yang gelap, kelam dan menyasar pada audiens dewasa. Terlebih, psycho-thriller bukanlah genre yang biasanya tampil baik di box office seperti film yang lebih mainstream dan padat aksi. Selain, itu, film ini tidak diangkat dari karakter superhero hero atau komik yang sudah ada.

Bahkan, analis media senior Comscore memperkirakan film ini hanya akan dibuka sekitar USD50 juta. Terlebih, film ini disutradarai Todd Phillips yang dikenal atas film komedinya. Ini tidak membantu pada ekspektasi box office film tersebut. Meski begitu, Joker justru meledak di box office dan meraup USD1 miliar di seluruh dunia dan mendapatkan banyak nominasi penghargaan.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)