Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Rabu, 22 Februari 2023 - 10:56 WIB
loading...
Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office
Ada sejumlah film yang mengejutkan dunia dengan menjadi hit di box office. Film-film ini awalnya tidak diberi ekspektasi apa pun dan punya promosi yang minim. (Foto: IGN)
A A A
Ada banyak film yang melanggar ekspektasi dan menjadi hit blockbuster yang mengejutkan. Film-film ini bukannya diperkirakan akan gagal atau tidak laku, tapi hanya akan masuk kelas medioker atau kalau pun sukses, ya, biasa saja. Tapi, ternyata tidak. Banyak film-film ini yang malah jadi kejutan besar.

Film-film ini biasanya berasal dari sutradara tidak terkenal atau debutan dan dibintangi bintang yang kurang terkenal. Belum lagi, anggarannya biasanya kecil dan minim promosi. Ada juga yang nekat bermain di subgenre baru atau mengangkat tone yang sangat berbeda di genre-nya.

Tapi, penentu laku atau tidaknya film di box office adalah penonton. Dibantu reviu positif dari para kritikus dan promosi mulut ke mulut dari yang sudah nonton, film itu membuat orang jadi penasaran dan akhirnya menyerbu bioskop untuk menontonnya. Akibatnya, film itu pun jadi kejutan besar di box office. Apa saja film yang tiba-tiba menjadi hit besar di box office? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



9. The Blair Witch Project

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: Bloody Disgusting

The Blair Witch Project adalah film horor found-footage yang menggemparkan. Film yang disutradarai Daniel Myrick dan Eduardo Sanchez ini mendefinisikan ulang genre horor dn menjadi fenomena kultural saat dirilis. Film ini berkisah tentang sekelompok pembuat film dokumenter yang masuk hutan Maryland untuk mencari kebenaran di balik legenda Penyihir Blair. Tapi, mereka malah tersesat dan dikuntit kekuatan jahat.

The Blair Witch Project dibuat dengan dana minim, yaitu USD60.000, dan tidak dipromosikan besar-besaran. Belum lagi, film ini bermain di subgenre baru saat itu dan dirilis di tengah musim film summer yang padat. Tapi, setelah mendapatkan reviu positif dan dipasarkan sebagai diangkat dari kisah nyata, film itu jadi hit di box office dengan meraup USD248 juta. Film ini dianggap sebagai kejutan terbesar di dunia sinema dan membangun standar baru bagi marketing film independen.

8. My Big Fat Greek Wedding

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: Today

My Big Fat Greek Wedding adalah ceirta hangat tentang seorang wanita Yunani-Amerika, Toula Portokalos, yang jatuh cinta dengan pria non-Yunani dan berjuang membuat keluarga tradisional Yunani-nya menerima pria itu. Sementara, dia belajar menerima dirinya sendiri. Film ini dibintangi sederet pemeran yang waktu itu tidak terkenal. Terlebih, sebagai film komedi romantis, film ini tidak menjanjikan karena persaingan yang ketat.

Dibuat dengan dana USD5 juta, film ini tidak diharapkan sukses di box office. Tapi, ternyata, film ini mendapatkan reviu positif dan promosi mulut ke mulut. Film ini meraup USD368 juta di seluruh dunia. Kesuksesan ini adalah kejutan besar. Film ini menjadi film komedi romantis terlaris sepanjang masa. Kesuksesan film ini membuktikan kalau industri film tidak seharusnya meremehkan kekuatan promosi mulut ke mulut.

7. The Passion of the Christ

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: We Got This Covered

The Passion of the Christ adalah film yang kuat dan kontroversial dengan Mel Gibson sebagai sutrdaranya. Film ini berkisah tentang 12 jam terakhir kehidupan Yesus. Film ini sangat grafik (kejam) dan menggambarkan dengan intensif penderitaan fisik serta emosional Yesus ketika ditangkap, diadili, dan akhirnya disalib.

Saking kontroversialnya, film ini tidak diharapkan bakal sukses besar. Film ini bahkan menghadapi seruan boikot karena penggambaran kekerasan dan persepsi anti-Semitiknya. Terlebih, film ini juga dibuat studio kecil dan dirilis secara secara terbatas. Tapi, karena promosi mulut ke mulut, reviu positif dan dukungan komunitas Nasrani, film ini jadi hit di box office dengan meraup USD611 juta.

6. Get Out

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: The New Yorker

Get Out berkisah tentang seorang cowok Afrika-Amerika bernama Chris yang mengunjungi keluarga ceweknya yang berkulit putih. Alih-alih menikmati sambutan hangat keluarga itu, dia malah menemukan konspirasi jahat. Chris pun berusaha keras untuk keluar dari rumah itu cepat-cepat. Film ini disutradarai Jordan Peele dengan genre horror-thriller. Film ini adalah komentar atas tema rasisme, penindasan dan eksploitasi tubuh serta pikiran.

Meski mendapatkan ulasan positif, film ini dibuat dengan anggaran minim dengan presmis yang provokatif. Jadi, Get Out tidak diharapkan akan menjadi hit di box office. Terlebih, film ini adalah debut sutradara Jordan dan dibintangi aktor kurang terkenal. Tapi, film itu menjadi kejutan dengan meraup USD255 juta. Film ini juga memenangkan Oscar.

5. District 9

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: Collider

District 9 mengisahkan tentang ras alien yang terpaksa hidup dengan kondisi kumuh di bumi. Film sci-fi besutan Neill Blompkamp ini adalah komentar atas perlakuan terhadap kelompok yang termajinalisasi di masyarakat dan penyalahgunaan kekuasaan. Film ini tidak diharapkan jadi hit besar di box office.

Alasan utamanya, film ini adalah film sci-fi beranggaran rendah dengan cast dan kru yang tidak dikenal. District 9 juga menjadi debut Neill sebagai sutradara film fitur. Tapi, film ini malah mendapatkan reviu positif dan menjadi hit box office dengan meraup USD210 juta dari anggaran USD30 juta. Film ini menjadi salah satu film debut tersukses seorang sutradara dan contoh sempurna hit yang tidak disangka.

4. Gravity

Tak Diharapkan Cuan, 9 Film Ini Tetiba Nge-Hit di Box Office

Foto: The Guardian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)