12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Minggu, 19 Februari 2023 - 09:09 WIB
loading...
12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office
Film yang dibuat dengan dana minim tidak selalu berarti jelek. Sejumlah film yang jadi hit dan menjadi tonggak franchise besar bahkan dimulai dengan dana kecil. (Foto: Screen Rant)
A A A
Film berdana besar bukanlah hal aneh di Hollywood. Banyak studio film tak segan merogoh kocek mereka dalam-dalam untuk membuat film yang spektakuler dan fantastis. Karenanya, tak heran kalau mereka mengharapkan film itu balik modal atau untung besar.

Namun, tidak semua film bisa mendapatkan dana hingga ratusan juta dolar untuk berproduksi. Faktanya, ada sejumlah film bermodal cekak, atau kurang dari USD50 juta, malah sukses di box office. Film-film ini punya plot yang kuat, penampilan pemeran luar biasa, dan keunikan tersendiri.

Sejumlah film berdana cekak ini justru menjadi awal franchise yang menjadi populer selama bertahun-tahun. Seri baru masih diproduksi dan orang pun tetap menonton film ini. Tentu saja, seiring waktu, anggaran mereka meningkat. Tapi, itu tidak mengubah fakta kalau film-film ini awalnya sangat minim dana dan bahkan diragukan orang. Apa saja film berdana cekak tapi malah sukses di box office? Simak ulasannya berikut!



12. Rocky

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: CNN

Film pertama Rocky bukanlah film terlaris dari franchise ini. Faktanya, film pertama yang dirilis pada 1976 ini dibuat dengan dana yang murah, yaitu USD1 juta. Tapi, film itu kemudian meraup USD117,2 juta dari seluruh dunia.

Ketika membintangi Rocky, Sylvester Stallone belum menjadi bintang terkenal. Tapi, film itu berhasil memenangkan 3 Oscar termasuk untuk FIlm Terbaik. Franchise Rocky telah menjadi sangat populer selama bertahun-tahun kemudian. Sejak film pertamanya, franchise ini telah meraup lebih dari USD1,7 miliar secara total.

11. Saw

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: The Daily Fandom

Saw masih menjadi hit besar di genre horor. Fim ini terus mendominasi box office ketika kali pertama dirilis. Seri pertama Saw dibuat dengan dana USD1,2 juta dan berhasil meraup USD103,9 juta di box office global. Saw telah menjadi salah satu franchise horor paling terkenal di dunia perfilman.

Film pertama Saw adalah debut sutradara James Wan. Dia bahkan hanya butuh 18 hari untuk menyelesaikan film tersebut. Sejak saat itu, James telah menancapkan namanya di genre horor dan kemudian menukangi franchise horor sukses lain, yaitu The Conjuring. Tahun ini, Saw akan kembali dengan seri barunya di bioskop. Saw bisa ditonton di HBO Go.

10. Star Wars

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Los Angeles Times

Star Wars tidak perlu mendapatkan perkenalan. Film perang bintang besutan George Lucas ini menjadi film terlaris sepanjang masa sampai ET dirilis. Film ini dibuat hanya dengan dana USD11 juta. Tapi, film ini berhasil meraup USD775,4 juta dan akan tumbuh menjadi franchise multimiliaran dolar.

Star Wars hanyalah puncak dari gunung es. Franchise ini sudah menghasilkan dua digit dengan sekuel dan prekuel, serangkaian serial televisi, FTV, buku dan merchandise. Lucas tidak tahu betapa besar film indie kecilnya ini puluhan tahun kemudian. Sampai saat ini, setelah dibeli Disney, franchise Star Wars tetap punya basis yang kuat. Star Wars bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

9. Split

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Salon

M Night Shyamalan memutuskan membuat Split hanya dengan dana USD9 juta pada 2017. Ini terbukti menjadi keputusan bagus. Shyamalan membuat Split sebagai sekuel tak langsung dari filmnya sebelumnya, The Unbreakble (2000). Split kemudian meraup USD278,5 juta dari seluruh dunia.

Split mengisahkan tentang seorang pria yang diperankan James McAvoy. Dia menderita dissociative identity disorder (DID) alias berkepribadian ganda dan menculik tiga orang cewek ABG. Film ini mendapatkan ulasan positif dan dinominasikan untuk Film Thriller Terbaik di Saturn Award. Split bisa ditonton di HBO Go.

8. Pulp Fiction

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: The New Yorker

Quentin Tarantino telah menjadi salah satu nama terbesar di Hollywood berkat film hit-nya pada 1990-an. Pulp Fiction membangkitkan pengikut yang lumayan besar. Film ini membawa Tarantino mendapatkan Pal d'Or di Cannes, satu Oscar, dan 7 nominasi Oscar.

Film ikonis ini diproduksi dengan biaya yang lumayan kecil, yaitu USD8 juta. Tapi, film ini berhasil meraup USD213,9 juta dari seluruh dunia. Pulp Fiction dibintangi John Travolta, Samuel L Jackson, Bruce Willis, Tim Roth, Ving Rhames, dan Uma Thurman. Sejak dirilis pada 1994, film ini tetap menjadi fenomena kultural sampai sekarang. Pulp Fiction bisa ditonton di Netflix.

7. Get Out

12 Film Bermodal Cekak, tapi Cuan Gede di Box Office

Foto: Vulture
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2776 seconds (0.1#10.140)