7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Rabu, 08 Februari 2023 - 08:37 WIB
loading...
7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang
Ada banyak fakta film Titanic beredar di sana. Tapi, ada sebagian yang jarang dibahas orang karena terlalu terpampang nyata. Padahal, fakta itu juga penting. (Foto: IMDb)
A A A
Film Titanic adalah salah satu film terbesar yang pernah dibuat di muka bumi ini. Pertama kali dirilis pada 1997, sampai saat ini, film besutan James Cameron tersebut masih menjadi bahasan. Film ini sudah berstatus legendaris dan sering ditonton orang.

Tahun ini, film itu sudah berusia 25 tahun. Sebagai sebuah perayaan seperempat abad keberadaannya, Disney memutuskan merilis ulang film tersebut. Alih-alih merilisnya begitu saja, film ini mendapatkan perlakuan khusus dengan di-re-master dan punya sentuhan 3D 4K HDR.

Di Indonesia, film Titanic rilisan ulang ini sudah bisa ditonton mulai hari ini, Rabu (8/2). Film ini pastinya akrab dengan mereka yang menjalani masa remaja pada era akhir 90-an, tapi tidak dengan Gen Z yang mungkin baru lahir atau belum lahir di era tersebut. Meski begitu, film ini tetap bisa dinikmati segala generasi. Apa saja fakta menarik Titanic? Berikut ulasannya!



7. Dua Kali Dirilis Ulang

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: Showbiz Cheat Sheet

Sejak tayang perdana pada 1997, Titanic sampai sekarang sudah dua kali dirilis ulang. Perilisan ulang pertamanya terjadi pada 2012 sebagai peringatan 100 tahun salah satu bencana besar di tengah Samudra Atlantik tersebut. Saat itu, film ini dirilis dalam bentuk 3D.

Pada 2022, Disney melaporkan kalau mereka akan merilis ulang Titanic pada 2023 untuk peringatan 25 tahun dirilisnya film tersebut. Seperti disebutkan di atas, film ini dirilis ulang dalam bentuk re-mastered dengan teknologi 3D 4K HDR dan high frame rate. Tanpa ada perubahan dengan film aslinya, Titanic 2023 akan memicu banyak kenangan.

6. Punya Rekor Unik

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: Today

Sejak dirilis, Titanic sudah punya banyak rekor. Film ini menjadi film terlaris sepanjang masa selama kurang lebih 12 tahun sebelum Avatar dirilis. Sampai saat ini, Titanic masih menjadi film terlaris ketiga sepanjang masa di belakang Avatar dan Avengers: Endagame dan menjadi anggota klub USD2 miliar di box office.

Tapi, film ini punya rekor unik yang tidak akan disaingi film lain. Sekarang, film cenderung menghilang dari bioskop setelah 1,5 bulan. Dulu, film biasanya bertahan di bioskop selama 1 bulan. Ketika film itu dirilis pada Desember 1997, film itu masih tayang di bioskop ketika versi VHS-nya dirilis pada 1 September 1998. Itu adalah yang pertama dan mungkin satu-satunya film yang pernah mencapai rekor ini.

5. Menang 11 Oscar, tapi Tidak Ada untuk Akting

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: CNN

Pada 1998, Titanic menguasai nominasi Oscar. Film itu mendapatkan 14 nominasi, termasuk untuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktris Terbaik, dan Aktris Pendukung terbaik. Malam itu, Titanic benar-benar menguasai Oscar. Film itu membawa pulang 11 piala Oscar, termasuk untuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

Tapi, tidak satu pun dari Oscar yang dimenangkan Titanic malam itu diraih para pemerannya. Gloria Stuart (Rose Tua) dinominasikan untuk aktris pendukung terbaik. Tapi, dia kalah dari Kim Basinger. Sementara, Kate Winslet dinominasikan untuk Aktris Terbaik, tapi kalah dari Helen Hunt. Kate butuh lima lagi nominasi sebelum akhirnya memenangkan Oscar untuk The Reader pada 2009.

4. Krunya Dibikin Teler dengan Narkoba

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: History by Day

Hingga saat ini, masih ada satu misteri yang belum terpecahkan terkait film Titanic. Sejumlah kru mengalami sakit misterius setelah selesai syuting adegan yang panjang dan sulit. Mereka jatuh sakit tak kurang dari 15 menit setelah memakan chowder lobster. Mereka tiba-tiba tertawa, menangis, dan ada yang muntah.

Penyakit ini tidak hanya menyerang kru, tapi juga aktor hingga sutradaranya. Menurut Bill Paxton, yang memerankan Brock Lovett, dia merasa begitu cemas sampai ingin bernapas di dalam kantong kertas. Ternyata, ada orang mencampurkan PCP ke makanan mereka itu. Sampai saat ini, tidak ada yang tahu siapa yang melakukannya.

3. Reruntuhan Asli Kapal Titanic Muncul di Film

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: YouTube

Film Titanic tidak hanya memperlihatkan kapal properti yang dipakai untuk syuting, tapi juga reruntuhan asli kapal tersebut. Reruntuhan itu bahkan berkali-kali muncul di film itu sebagai bagian penting dari cerita. James Cameron sendirilah yang mengambil gambar reruntuhan kapal itu di dasar Atlantik.

James mengeksplorasi reruntuhan kapal itu beberapa kali sebagai persiapan untuk film tersebut. Rekaman reruntuhan asli Titanic itu diambil dengan kamera khusus yang bisa bertahan dengan tekanan di dasar samudra. Gambar asli kapal itu kemudian diselesaikan dengan syuting studio yang menggunakan model.

2. Karakter Utamanya Fiktif, tapi Inprasinya Nyata

7 Fakta Film Titanic Ini Jarang Sekali Dibahas Orang

Foto: Collider
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)