10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Minggu, 05 Februari 2023 - 07:30 WIB
loading...
10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen
Sejumlah anime dengan ciri khas shounen dianggap terlalu gelap untuk masuk genre ini. Tapi, mereka tidak masuk seinen karena tidak dipasarkan untuk genre itu. (Foto: AS USA Magazine)
A A A
Sejumlah orang mengira anime shounen hanyalah untuk anak-anak. Tapi, itu tidak benar. Sementara sejumlah anime shounen memang ditujukan untuk anak SMP, yang lainnya sebenarnya ditargetkan kepada anak-anak remaja yang usianya lebih tua.

Jangkauan demografi besar itu berarti kalau sementara sejumlah anime shounen itu ramah keluarga, ada juga yang benar-benar mengangkat konten yang benar-benar gelap. Orang pastinya tidak menyangka kalau anime yang mereka tonton ini adalah shounen. Anime-anime ini bahkan tak segan memamerkan darah muncrat di mana-mana.

Sejumlah anime ini punya cerita yang mengganggu dan muram. Sebagian punya kesan jauh dari shounen yang biasanya diselipi humor ringan yang tak jarang bikin ngakak. Sebagian, meski punya ciri khas shounen, punya cerita yang lebih berat dengan tema yang lebih dewasa. Yang menarik, tren shounen gelap ini sepertinya akan terus meningkat. Apa saja anime yang terlalu gelap untuk menjadi serial shounen? Simak ulasannya berikut ini!



10. Jujutsu Kaisen

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Jujutsu Kaisen Wiki – Fandom

Jujutsu Kaisen punya banyak trope khas shounen. Serial ini punya protagonis yang berani, mentor aneh, dan kekuatan luar biasa. Tapi, serial itu punya tema gelap dan monster yang menakutkan. Karena penjahatnya semuanya adalah Roh Terkutuk yang tercipta dari masalah dunia, serial ini terikat pada monster mengerikan yang harus dihadapi pahlawan.

Selain itu, banyak karakter punya kekuatan yang luar biasa menghancurkan. Tidak hanya memamerkan kekuatannya, serial itu juga memperlihatkan kekerasan yang muncul bersama kekuatan itu. Jujutsu Kaisen tidak segan dari kematian dan melakukan balas dendam. Secara keseluruhan, anime ini terasa lebih seperti serial shounen versi lebih dewasa. Jujutsu Kaisen bisa ditonton di Netflix, Disney+ Hotstar, iQIYI, Viu, Prime Video, dan Bstation.

9. Hunter x Hunter

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Anime-Planet

Hunter x Hunter mengubah nadanya beberapa kali di sepanjang serial ini. Tapi, ketika serial itu jadi gelap, serial itu jadi gelap. Cerita inti serial ini adalah tentang seorang bocah yang berusaha mencari ayahnya yang meninggalkannya ketika dia masih kecil. Di sepanjang perjalanannya, dia ditemani seorang bocah dari keluarga pembunuh, seorang remaja yang seluruh klannya dibantai demi mata mereka, dan seorang cowok yang berusaha menjadi dokter karena temannya meninggal akibat tidak mampu membayar asuransi.

Petualangan mereka termasuk menghadapi pembunuh kejam, melumpuhkan semut berkekuatan super yang memakan otak manusia, dan mendorong protagonisnya ke satu breaking point paling mengganggu dalam sejarah anime. Ceritanya jadi lebih intensif di manga. Hunter x Hunter bisa ditonton di Netflix, Prime Video, iQIYI, dan Bstation.

8. D Gray Man

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Crow’s World of Anime

Mengacaukan jiwa orang mati adalah sebuah tabu yang tidak akan dilanggar sebagian besar orang. Tapi, Millennium Earl tidak peduli. Dia mengeksploitasi kekuatan keinginan orang-orang yang berduka untuk menghidupkan mereka lagi. Dengan begitu, dia bisa memanen jiwa mereka dan menggunakan jiwa-jiwa itu untuk mendayai senjata mekanis bernama Akuma.

Protagonis serial ini, Allen Walker, tidak hanya dilengkapi keterampilan pengusiran setan. Dia juga punya mata yang bisa melihat jiwa-jiwa itu dan memahami penderitaan mereka. Sulit untuk lebih suram dari itu. D Gray Man bisa ditemukan di YouTube.

7. The Promised Neverland

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: But Why Tho?

Emma dan penghuni lain di Panti Asuhan Gracefield House merasa kalau mereka menjalani hidup yang bahagia di bawah asuhan “Mama” mereka, Isabella, yang menyenangkan. Mereka segera menyadari kalau kehidupan bahagia itu hanyalah ilusi. Mereka sebenarnya dibesarkan sebagai daging makanan untuk iblis yang suka makan daging manusia.

Alih-alih membiarkan diri mereka jadi korban, Emma dan teman-temannya memutuskan untuk kabur. Tapi, ketika mereka kabur, mereka menemukan kalau dunia luar lebih menakutkan dan lebih indah dari apa yang pernah mereka bayangkan. The Promised Neverland bisa ditonton di Netflix dan Disney+ Hotstar.

6. Future Diary

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Anime Feminist

Yukiteru Amano adalah seorang siswa SMA kesepaian yang menghabiskan sebagian besar waktunya merekam observasi acak di telepon selulernya. Hidupnya berubah drastis ketika dewa ruang dan waktu memberinya Buku Harian Acak. Buku itu mencatat informasi yang akan membantunya di permainan survival yang bisa membuatnya menjadi dewa tapi bisa mengakhiri hidupnya.

Ke mana-mana, Yukiteru dikuntit yandere-nya, Yuno Gasai. Buku hariannya menceritakan semua yang dia lakukan sepanjang hari. Yuno sangat mencintai Yukiteru sampai dia bersedia menghancurkan siapa pun yang menghalangi hubungan mereka—bahkan Yukiteru sendiri. Serial ini adalah tontonan mendebarkan berdarah-darah yang akan membuat orang jadi terganggu.

5. Chainsaw Man

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: CNET

Sulit dipercaya kalau Chainsaw Man bukanlah serial seinen. Dengan sebuah serial segelap dan sekejam ini, serial ini bisa jadi seinen. Episode pertamanya saja sudah memperlihatkan bagaimana protagonisnya berulang kali ditikam, dipotong-potong, dan dilempar ke tempat sampah agar membusuk. Itu adalah awal yang cukup brutal dan membuat depresi untuk sebuah anime Shounen Jump.

Tapi, itulah yang membuat serial ini jadi gelombang besar di komunitas manga dan anime. Kalau ada yang mencari shounen dewasa yang tidak takut mengangkat tema berat dan rangkaian aksi berdarah, orang akan suka Chainsaw Man. Peringatannya, serial ini akan merobek-robek jantung dan menghancurkannya berkeping-keping. Chainsaw Man bisa ditonton di Prime Video dan Netflix.

4. Deadman Wonderland

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Lost in Anime

Sebuah study tour aneh ke penjara mirip karnaval berubah menjadi sebuah kekejaman ketika semua teman sekelas Ganta Igarashi dibunuh seorang pria misterius berbaju merah. Ganta dituduh melakukan tindakan keji itu dan dijebloskan ke penjara tersebut. Di sana, dia harus menghadapi permainan survival yang menyakitkan dan berbahaya. Dia tidak punya pilihan lain kecuali dia mau gelang di lehernya menghancurkannya.

Ujian hariannya di Penjara Wonderland itu saja sudah cukup menantang dirinya. Tapi, di sana, ada juga orang misterius di balik pria berbaju merah yang harus dia hadapi. Adegan-adegan di serial ini sebenarnya sangat sulit diterima sebagai shounen. Deadman Wonderland bisa ditemukan di Bstation.

3. Akame ga Kill!

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: SportsKeeda

Akame ga Kill! bukan untuk penonton yang suka terobsesi atau terikat pada karakter di dalamnya. Sepanjang serial ini, mereka harus bersiap mengucapkan selamat tinggal kepada karakter-karakter di dalamnya. Mau kepala mereka ditombak atau dimakan hidup-hidup, hampir tiap karakter di serial ini mati dengan cara yang paling kejam yang pernah terbayangkan.

Dengan mempertimbangkan fakta kalau serial ini adalah tentang sekelompok pembunuh yang menggunakan kekuatan mereka untuk menggulingkan pemerintahan yang korup, bukan sebuah kejutan kalau semunya akan jadi kasar. Tapi, serial ini sebenarnya lebih berdarah-darah ketimbang keras. Karena kekejaman di dalamnya, agak sulit dipercaya kalau serial ini adalah shounen, bukan seinen. Akame ga Kill! bisa ditonton di Bstation bagi pemenang akun premium.

2. Death Note

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: Slash Film

Death Note adalah pandangan suram dan mengagumkan terhadap keangkuhan yang menyebabkan keruntuhan seseorang. Light Yagami menemukan buku tulis ajaib yang membuatnya bisa mengakhiri nyawa siapa pun yang dia tulis namanya di dalamnya. Setelah itu, dia memutuskan menggunakan kemampuan barunya untuk mulai menyingkirkan kriminal dengan memberikan mereka serangan jantung fatal. Dengan bantuan Shinigami, Ryuk, Light memulai proses berusaha menciptakan dunia baru yang damai dengan dirinya sebagai penguasanya.

Tapi, kekuatan itu segera memenuhi kepalanya. Dalam waktu singkat, dia tidak lagi melumpuhkan para penjahat dan malah berusaha mengalahkan musuhnya demi meraih kekuasaan. Light mengkhinatan sekutunya dan menyingkirkan orang-orang yang benar-benar tidak bersalah. Momen tergelapnya adalah ketika Light menjadi monster yang mengerikan. Death Note bisa ditonton di Netflix.



1. Attack on Titan

10 Anime Ini Terlalu Gelap buat Jadi Serial Shounen

Foto: My Shiny Toy Robots

Attack on Titan akan langsung terlintas di benak orang-orang ketika memikirkan tentang serial anime shoune gelap. Serial ini dimulai dengan rumah sang protagonis dihancurkan monster raksasa pemakan manusia. Awalnya, mereka terlihat ancaman simpel tapi menakutkan dan serial itu tidak pelit pada kekerasan grafis.

Tapi, seiring detail lebih lanjut terungkap tentang asal usul Titan, semuanya jadi lebih gelap. Lebih dari sekadar monster, Titan itu adalah titik fokus perselisihan generasi politik dan diskriminasi etnis. Mustahil untuk mengatakan siapa yang baik atau jahat dan kebrutalan mentahnya tidak berhenti ketika orang berusaha ingin tahu lebih lanjut. Attack on Titan bisa ditonton di Netflix, Disney+ Hotstar, Viu, iQIYI, Prime Video, dan Bstation.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7385 seconds (0.1#10.140)