10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Jum'at, 03 Februari 2023 - 22:32 WIB
loading...
10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang
Film horor jump scares cenderung berusaha memberikan dampak ketakutan yang dilebih-lebihkan kepada penontonnya. Ini membuat penonton akan berteriak kencang. (Foto: Letterboxd)
A A A
Film horor jump scares sering dipilih orang sebagai hiburan untuk menghabiskan waktu luang. Film horor seperti ini sering kali membuat penontonnya berteriak ketakutan karena efek suara, pencahayaan, dan penampakan yang dibangun di film tersebut. Karena itu, film ini pun jadi menengangkan dari awal sampai akhir.

Film horor sudah lama dikenal suka menggunakan jump scares untuk memaksimalkan dampak ketakutan terhadap penonton mereka. Sejumlah orang mungkin menganggap jump scares itu murahan. Tapi, ada yang merasa, film horor tidak akan lengkap tanpa hal itu. Jump scares pada umumnya diberikan di banyak film horor yang berkaitan dengan fenomena supranatural, misterius, atau terkait hantu.

Dari banyaknya film horor di luar sana, tidak semua punya cerita yang sepadan dengan jump scares yang diberikan. Sejumlah film horor cenderung hanya menjual jump scares tapi tidak memberikan cerita yang terarah, makanya film seperti ini bakal terasa begitu hambar. Tapi, banyak juga film horor dengan cerita oke dan jump scares yang benar-benar tidak diduga beredar di luar sana. Jadi, film horor jump scares terbaik apa saja yang bisa bikin penontonnya berteriak ketakutan? Simak ulasannya berikut ini!



10. Scream

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: Smithsonian Magazine

Scream adalah film slasher dan horor jump scare terbaik yang pernah dibuat. Dimulai pada 1994, film ini terus menunjukkan popularitasnya bahkan di era sekarang. Seri keenam film ini akan tayang tahun ini. Film ini dimulai dengan cerita seorang cewek ABG Sidney Prescott yang menjadi target pembunuh bertopeng misterius.

Meski secara efektif adalah parodi genre slasher, Scream memenangkan hati penggemar film horor dengan menganalisis dan menumbangkan trope seperti jump scares ketimbang mengolok-olok atau menciptakan ulang jump scare itu. Karena itu, penggemar horor berat bisa tidak tahu apa-apa atas apa yang akan terjadi berikutnya. Scream bisa ditonton di HBO Go.

9. Lights Out

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: Consequence of Sound

Lights Out berkisah tentang seorang ibu yang berbicara dengan makhluk misterius di kegelapan. Tidak lama setelah itu, anaknya mulai melihat sosok itu. Anak tirinya menganggap kalau ibunya itu depresi dan menganggap makhluk itu sebagai imajinasi ibunya. Makhluk itu berbentuk sebagai seorang wanita.

Wanita misterius itu lalu mulai mengganggu keluarga itu. Tapi, karena makhluk itu hanya beroprasi di malam hari, agak sulit bagi keluarga itu untuk menyingkirkannya. Makhluk itu sebenarnya takut pada cahaya. Lights Out menggunakan kegelapan sebagai andalan mereka untuk menakut-nakuti penonton dengan jump scares tidak terduga di sepanjang film. Lights Out bisa ditonton di HBO Go.

8. Sinister

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: USA Today

Sinister mengisahkan tentang seorang penulis true crime yang membawa anka dan istrinya pindah ke rumah baru. Tanpa mereka tahu, rumah itu dulunya menjadi lokasi pembunuhan keluarga yang sebelumnya tinggal di sana. Penulis itu kemudian menemukan rekaman film yang memperlihatkan pembunuhan sejumlah keluarga.

Meski Sinister punya sedikit jump scare ketimbang sekuelnya, Sinister 2, cerita dan ketegangannya memberikan film ini kesan lebih baik kepada audiens-nya. Sebuah kajian pada 2020 yang dilakukan Broadband Choices, detak jantung partisipan langsung naik ketika nonton film ini. Kajian itu menganggap kalau Sinister adalah film paling menakutkan sepanjang sejarah.

7. Paranormal Activity

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: Bloody Disgusting

Paranormal Activity berpusat pada pasangan cowok dan cewek muda. Mereka dihantui makhluk supranatural di rumah mereka. Dalam usaha untuk menangkap hantu itu di kamera, mereka men-setting kamera untuk mendokumentasikan penampakan aneh itu.

Rekaman video rumahan buram itu mungkin terlihat seperti untuk meminimalisasi dampak film horor. Tapi, rekaman itu melakukan yang sebaliknya. Audiens malahan selalu mencari gerakan terkecil atau mendengarkan suara sekecil apa pun tepat sebelum film itu memberika kejutan lantang secara tiba-tiba. Salah satu seri Paranormal Activity bisa ditonton di HBO Go.

6. Insidious

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: MUBI

Insidious merupakan salah satu franchise horor dengan banyak penggemar. Film ini dimulai pada 2010 dengan mengisahkan tentang keluarga Lambert yang pindah ke rumah baru. Anak mereka pergi ke loteng dan melihat entitas misterius. Dia kemudian koma. Setelah bocah itu dibawa pulang dari rumah sakit, orang tuanya mulai mengalami kejadian aneh. Mereka pun percaya kalau rumah baru mereka itu berhantu.

Seorang paranormal yang dimintai tolong keluarga itu mengatakan kalau anak itu tidak koma, melainkan lahir dengan kemampuan melakukan perjalanan astral. Tapi, bocah itu masuk terlalu jauh ke The Further, tempat yang dihuni jiwa-ijiwa yang disiksa. Roh dari tempat itu bisa menggunakan tubuh bocah itu untuk kembali masuk dunia fisik sesuka hati. Insidious dianggap sebagai film dengan jump scares terbaik dan paling tidak diduga di sejarah film horor. Insidious 5 akan dirilis tahun ini. Sementara, Insidious 3 bisa ditonton di Netflix.

5. The Conjuring

10 Film Horor Jump Scares Ini bakal Bikin Kamu Berteriak Kencang

Foto: USA Today
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3437 seconds (0.1#10.140)