Mengenal Wonsan, Kawasan Wisata dan Resor Peristirahatan Kim Jong Un

Selasa, 28 April 2020 - 16:01 WIB
loading...
A A A
Pemandu wisata yang menyertai delegasi tersebut, Matias Perez Such, juga mengatakan para delegasi itu mengajukan pertanyaan mendetail terkait biaya pembangunan di Marina d’Or. Ia menyambut baik inisiatif Korut untuk membuka diri terhadap dunia melalui sektor pariwisata.

3. LOKASI LIBURAN MASA KECIL KIM

Mengenal Wonsan, Kawasan Wisata dan Resor Peristirahatan Kim Jong Un

Foto: nknews.org

Bagi masyarakat Korut, Wonsan-Kalma sudah lama menjadi destinasi liburan warga setempat. Mengutip dari The Straits Times, terdapat sejumlah kemungkinan mengapa Kim memilih Wonsan untuk dikembangkan sektor pariwisatanya. Seorang profesor di University of North Korea Studies, Yang Moon Soo, mengatakan, bahwa Kim punya ikatan yang istimewa dengan Kota Wonsan.

Selain Kota Wonsan yang punya keunggulan geografis, yakni kedekatannya dengan Korea Selatan. Menurut rumor yang beredar, kota tersebut juga merupakan tempat dilahirkannya Pemimpin Korut tersebut. Gak cuma itu, ia juga dikabarkan sudah menghabiskan banyak waktu di sana bersama sang ibu, Ko Yong Hui.

4. SURGANYA HIDANGAN LAUT

Mengenal Wonsan, Kawasan Wisata dan Resor Peristirahatan Kim Jong Un

Foto: beetify.com

Melansir dari Koryo Group, Wonsan merupakan kota yang berada di pesisir. Karena letak geografisnya itulah yang menjadikan Wonsan terkenal dengan berbagai hidangan laut (seafood) yang bikin ngiler. Mulai dari udang, ikan, hingga tiram.

Aneka hidangan yang cukup terkenal di Wonsan itu diolah sebagai barbeku. Yang paling populer adalah beragam kerang barbeku. Mengutip dari laman Facebook DPRK 360, biasanya kerang-kerang tersebut dimasak dalam kondisi yang segar di atas bara api arang yang menyala.

Kalo untuk menyantapnya, biasanya diiringi dengan meneguk soju, miras khas Korea yang terbuat dari beras dengan kadar alkohol sekitar 40-45 persen. Sajian kerang barbeku ini juga pernah muncul dalam salah satu episode drama Korea "Crash Landing On You".

5. BEKAS TEMPAT PELUNCURAN RUDAL

Mengenal Wonsan, Kawasan Wisata dan Resor Peristirahatan Kim Jong Un

Foto: bstatic.com

Pada 2017 lalu, dikabarkan bahwa lokasi wisata resor ini pernah menjadi tempat peluncuran rudal balistik. Hal ini diungkapkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, saat melakukan pertemuan dengan Kim Jong Un di Singapura. Trump pada saat itu sempat menyebutkan tentang pantai indah itu, yang menjadi tempat peluncuran rudal.

Pembangunan resor sudah berjalan sekitar tiga tahun. Kim Jong Un sempat beberapa kali mengunjungi Kota Wonsan untuk mengecek proses pembangunan resor. Menurut NPR, kawasan resor itu dijadwalkan buka pada 15 April 2020 lalu, tapi belum ada informasi resmi terkait hal itu.

Fazjri Abdillah
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @born2inform_
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)