5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara
Drama Korea dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa ditonton dalam Crash Landing on You. Foto/tvN
JAKARTA - Drama Korea dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara bisa dibilang mirip kisah Romeo dan Juliet mengingat latar belakang hubungan politik kedua negara.

Sebagai negara yang bertetangga, hubungan Korea Selatan dan Korea Utara tak pernah benar-benar akur sejak Perang Korea pada 1950. Dengan dukungan negara adidaya Amerika Serikat di sisi Korea Selatan dan China sebagai sekutu Korea Utara, konflik sangat mudah tersulut jika salah satu pihak mengambil langkah sensitif yang bisa dianggap sebagai ancaman bagi pihak lainnya.

Inilah salah satu alasan para pria dewasa di Korea Selatan harus melakukan wajib militer atas nama menjaga keamanan negara. Saking tegangnya hubungan kedua negara, apa pun yang berasal dari Korea Selatan, termasuk musik dan film serta serialnya dilarang ditonton di Korea Utara.

Dengan latar belakang hubungan politik yang seperti itu, penonton pun jadi tertarik saat ada drama Korea romantis yang memotret hubungan percintaan antara karakter dari Korea Selatan dengan Korea Utara. Nah, berikut ini lima di antaranya.

1. Crash Landing on You (2019-2020)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: tvN

Crash Landing on You adalah drama Korea paling terkenal dengan tema cinta Korea Selatan-Korea Utara. Ratingnya sampai tembus lebih dari 20%, juga populer di luar Korea.

Drama ini bercerita tentang pengusaha produk kecantikan Yoon se-ri (Son Ye-jin) yang nyasar ke wilayah Korea Utara saat melakukan paragliding. Ia lalu diselamatkan oleh tentara Korea Utara Kapten Ri Jeong-hyeok (Hyun Bin).

Bagai Romeo dan Juliet, mereka harus sembunyi-sembunyi saat menjalin kasih, hingga akhirnya harus berpisah dalam sebuah adegan dramatis di perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara, yang dikenal dengan The 38th Parallel North. Meski begitu, drama ini tetap berakhir bahagia.

Menurut penulis skenario serial ini, yaitu Park Ji-eun, ia membuat ceritanya berdasarkan cerita dari para pembelot dari Korea Utara. Inspirasi juga datang dari cerita asli orang Korea Selatan yang tak sengaja masuk ke wilayah Korea Utara. Drama tvN ini bisa ditonton di Netflix.

2. Spy Myung-Wol (2011)


5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: KBS2

Sedikit mirip dengan Crash Landing on You, Spy Myung-wol bercerita tentang agen rahasia Korea Utara Han Myung-wol (Han Ye-seul) yang mendapat tugas menculik bintang hallyu aktor Kang Woo (Eric Mun). Namun saat menjalankan tugasnya, perempuan itu malah jatuh cinta pada sang aktor.

Meski ceritanya tentang mata-mata Korea, tapi Spy Myung-wol adalah cerita drama Korea romantis klasik yang dikisahkan dengan manis, kocak, dan jauh dari menyerempet urusan politik. Serial KBS2 ini juga bisa ditonton di bilibili.

Baca Juga: Drama Korea dengan Karakter Utama Wanita Punya Kemampuan Khusus

3. Doctor Stranger (2014)

5 Drama Korea dengan Kisah Cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara

Foto: SBS

Drama Korea lainnya dengan kisah cinta antara Korea Selatan dan Korea Utara adalah Doctor Stranger. Ceritanya tentang dokter Park Hoon (Lee Jong-suk) yang dijebak masuk ke Korea Utara sejak kecil dan dibimbing ayahnya untuk menjadi dokter. Mereka juga dilarang masuk kembali ke Korea Selatan.

Saat berada di Korea Utara, ia jatuh cinta pada Song Jae-hee (Jin Se-yeon), warga Korea yang juga bekerja di bidang kesehatan. Keduanya ingin kabur ke Korea Selatan, tapi akhirnya hanya Park Hoon yang bisa lolos dan pulang ke negaranya.

Saat di Korea Selatan, Hoon bertemu dengan seorang perempuan yang sangat mirip dengan Jae-hee. Namun perempuan itu mengatakan bahwa ia tak mengenal Hoon. Lantas, siapa sebenarnya perempuan yang mirip Jae-hee itu?
halaman ke-1
Share: