10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?
Ada banyak film kung fu keluaran 2000-an dan terus menjadi favorit banyak orang. Ceritanya yang menarik dibalut indahnya koreografi membuatnya selalu dinanti. (Foto: Radii China)
Film kung fu memberikan tontonan asyik kala sedang suntuk dan sangat menghibur. Ceritanya terkadang tidak terlalu dalam, tapi koreografi tarungnya luar biasa menghibur. Dari masa ke masa, film kung fu tidak pernah kehilangan penggemar dan terus dicari orang.

Banyak bintang film terkenal yang mengawali kariernya dari film kung fu. Nama-nama seperti Jackie Chan, Jet Li, Chow Yun-Fat, Donnie Yen, Tony Leung, Andy Law dan lain-lain sudah lekat dengan film penuh adegan tarung ini. Mereka adalah legenda yang selalu dikenal orang.

Sementara banyak film kung fu seru di era 80—90-an, film-film kung fu di era 2000-an pun tak kalah asyik. Di era itu, film kung fu sudah mulai dipertaruhkan di kancah internasional dan bersaing dengan film produksi Hollywood. Hingga 2020an, film kung fu masih belum kehilangan pesonanya. Orang bahkan sering mencarinya untuk sekadar hiburan. Apa saja film kung fu paling asyik di era 2000-an sampai sekarang? Simak rekomendasinya berikut ini!

Baca Juga: Review Film Sakra, Aksi Donnie Yen saat Difitnah

10. Kung Fu Panda — 2008

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: Time Out

Secara cerita, Kung Fu Panda tidak menawarkan sesuatu yang baru kepada penonton. Tapi, film ini terasa unik dan segar karena semesta yang jadi latar belakangnya, penampilan para penyulih suaranya, dan animasinya yang indah. Film ini menampilkan Jack Black, Angelina Jolie, Jackie Chan, Lucy Liu, Dustin Hoffman, dan Ian McShane.

Aksinya dianimasikan dengan indah dan dikoreografikan dengan baik. Ini membuatnya adegan aksinya terasa cair, halus, dan asyik. Berfokus pada semesta dengan hewan yang bisa bicara yang jago kung fu, membuat film ini sebuah kebebasan kreatif untuk memberikan gaya tarung sendiri kepada tiap spesiesnya. Itulah yang dilakukan pembuat filmnya. Kung Fu Panda telah berjalan hingga seri ketiga dan penonton masih menunggu kelanjutannya.

9. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings — 2021

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: Den of Geek

Jarang sekali ada film kung fu besutan Hollywood yang benar-benar menampilkan bintang berdarah China sebagai karakter utama sampai penjahatnya dengan cerita yang menarik. Marvel mencoba melakukannya pada 2021 dengan Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings. Hasilnya pun cukup memuaskan. Film ini sebagian besar berlatar di China.

Meski menampilkan bintang yang relatif kurang terkenal sebagai lead-nya, Simu Liu, kehadiran Tony Leung sebagai antagonis utama dan Michelle Yeoh di film ini cukup menjanjikan adegan seru. Destin Daniel Creton berhasil memberikan sebuah tontonan superhero dengan adegan tarung khas film kung fu China yang seru. Tampil dengan gaya khas film Marvel Cinematic Universe (MCU), Shang-Chi memberikan koreografi pertarungan tangan kosong dan senjata yang belum pernah ada di genre superhero.

8. Shaolin — 2011

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: South China Morning Post

Setelah sebuah insiden pengkhianatan yang menyebabkan kematian putrinya yang masih bayi, seorang jenderal perang mencari suaka dan keselamatan di sebuah biara Shaolin. Dia bekerja untuk mendapatkan kepercayann para biksu di sana dan mencari ampun serta pencerahan dalam dirinya. Sementara melakukan yang terbaik sebagai manusia baru, pasukan yang pernah dia pimpin bergerak menuju ke kuil tempatnya bersembunyi.

Shaolin disutradarai Benny Chan. Film bertabur bintang dengan menampilkan Andy Lau, Nicholas Tse, Wu Jing, Jing Yu, Jackie Chan, dan Fan Bing Bing. Shaolin menampilkan adegan tarung sinematik yang menawan. Sementara, dengan cast seperti itu, ceritanya pun penuh dan setiap bintangnya harus punya waktu bersinar. Benny dengan sempurna menyeimbangkan semuanya dengan kung fu yang cerdas, penampilan cantik, dan penceritaan tragis.

7. The Grandmaster — 2013

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: Kung Fu Kingdom

Sosok Ip Man adalah legenda di seni bela diri China. Tak heran kalau kemudian karakter ini pun banyak difilmkan. Selain ditampilkan di film tentang dirinya, Ip Man, yang dibintangi Donnie Yen, sutradara kawakan, Wong Kar-Wai, berusaha membuat Ip Man versinya. Di The Grandmaster, Ip Man diperankan Tony Leung.

The Grandmaster mengombinasikan kemampuan Wong dalam menyampaikan kerinduan di layar dengan sejumlah adegan aksi yang luar biasa. Di film ini, ada dua adegan yang benar-benar menonjol. Yang pertama, adegan pembuka luar biasa yang menampilkan Ip Man bertarung dengan slow motion di tengah hujan. Yang kedua adalah adegan di mana Ip Man berhadapan dengan seorang wanita bernama Gong Er yang diperankan Zhang Ziyi.

6. House of Flying Daggers — 2004

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: RandomWire

House of Flying Daggers berlatar di masa Dinasti Tang. Di saat dinasti itu berusaha menjaga kendali mereka atas China, mereka kalah perang melawan sejumlah kelompok pemberontak. Salah satunya adalah House of Flying Dagger, yang mencuri dari orang kaya dan membagikannya barang curian itu kepada kaum miskin. Dua deputi polisi yang bekerja untuk pemerintah ditugasi menyelidiki seorang penari yang diduga bekerja untuk House of Flying Dagger. Tapi, kedua polisi itu malah tergoda dengan cewek itu dan memutuskan membantunya kabur.

House of Flying Daggers menampilkan visual yang mengagumkan. Film ini punya adegan aksi yang membawa level baru dalam koreografi dengan pertarungan di atas pohon bambu. Sementara ceritanya dianggap lemah, House of Flying Dagger sebenarnya adalah sebuah kisah cinta, bukan film aksi. Disutradarai Zhang Yi-Mou, House of Flying Dagger dibintangi Takeshi Kaneshiro, Andy Lau, dan Zhang Ziyi.

5. Fearless — 2006

10 Film Kung Fu Paling Asyik di Era 2000-an, Favoritmu Mana?

Foto: Slash Film
halaman ke-1
Share: