10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Jum'at, 20 Januari 2023 - 22:11 WIB
loading...
A A A
Kindaichi adalah pahlawan dari salah satu anime populer pada 1990-an. Seperti Sherlock, remaja jenius ini tidak menyelesaikan kasus demi kepentingan pribadi dan tidak keberatan kalau ada yang meremehkannya atau kecerdasannya. Meski dia mungkin santai di waktu luangnya, dia tidak pernah macam-macam ketika ada misteri yang harus diselesaikan dan nyawa yang dipertaruhkan.

Sementara Sherlock tidak mau membahas keluarganya, yang menguntungkan kakaknya, Mycroft, Kindaichi dengan bangga mengakui kalau dia mendapatkan keterampilannya dari kakeknya yang seorang detektif, Kosuke. Terlebih, dia bahkan punya musuh bebuyutan, seperti Moriarty-nya Sherlock, pada diri Yoichi Takato, yang memang cerdas tapi jauh lebih jahat.

4. Sherlock Holmes — I Am Sherlock

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Anime Click

Bahkan di masa depan sci-fi yang suram, duo Sherlock Holmes dan John Watson jelas saling menemukan satu sama lain. John tidak punya pekerjaan, tempat tinggal dan harapan untuk masa depan. Tapi, semua itu berubah ketika ada orang asing bernama Sherlock Holmes mengudangnya menjadi teman sekamarnya. Saat tiba, dia tahu kalau Sherlock bukanlah manusia, tapi android yang sangat mutakhir dan cerdas.

Secara alamiah, John pun tetap tinggal meski terkejut. Dia dan teman robot barunya itu meneruskan team-up tradisional mereka untuk menyelesaikan banyak kasus yang diberikan kepadanya. Sementara banyak di antaranya yang sama dengan cerita asli Doyle, setting masa depan itu membuka sejumlah kreativitas dan twist di misteri klasik ini.

3. Ranpo Edogawa — Bungou Stray Dogs

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Twitter

Nama Ranpo Edogawa diambil dari seorang penulis terkenal Jepang yang juga menciptakan detektif terkenal lainnya. Tapi, penampilannya dengan jubah dan topi pemburu rusa serta kepercayaan dirinya yang sangat tinggi terhadap kecerdasannya sangatlah Sherlock Holmes. Di Agensi Detektif Bersenjata, dia tidak benar-benar punya John Watson, tapi Ranpo sepertinya tidak keberatan sama sekali.

Yang tidak diketahui Ranpo adalah dia merupakan satu-satunya anggota Agensi itu yang tidak punya kemampuan khusus. Kekuatan deduksinya yang cepat dan akurat adalah bawaan, tapi sepenuhnya alamiah. Tapi, Ranpo yakin kalau dia hanya bisa membuka kekuatannya hanya dengan mengenakan kacamata yang diberikan bosnya, Yukichi Fukuzawa. Faktanya, Fukuzawa-lah yang membohongi Ranpo kalau dia punya kemampuan khusus.

2. Sherlock Holmes — Moriarty The Patriot

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Tumblr

Di salah satu anime terbaik berbasis sastra klasik, William Moriarty muda memulai kehidupan kriminalnya. Dia punya niat mulia. Jijik dengan aristokrasi tempatnya dibesarkan, dia berusaha menciptakan Inggris yang lebih baik dengan membakar seluruh kelas atas. Tapi, garis sadistiknya segera mengirimnya ke jalan licin.

Sementara di cerita asli, Sherlock Holmes berhati-hati atas bagaimana dia bisa menyadari musuh terbesarnya. Di serial ini, Sherlock adalah teman Moriarty dan satu-satunya tandingan intelektual, yang tidak tahu identitas asli Moriarty sebagai seorang penjahat. Dia punya tujuan yang sama dengan Moriarty tapi tidak mau menyakiti orang untuk mewujudkannya. Bahkan, meskipun dia tidak sesopan dan sehalus temannya itu.



1. Shinichi Kudou — Detective Conan

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Legend of the Multi Universe Wiki – Fandom

Shinichi Kudou mungkin baru berusia 17 tahun. Tapi, dia sudah mendapatkan reputasi sebagai Heisei Holmes atas kebiasaannya membantu polisi menyelesaikan kasus dengan kecerdasannya yang berlevel jenius di salah satu anime terpanjang dalam sejarah. Ketika sekelompok organisasi jahat berusaha meracuninya, alih-alih tewas, Shinichi malah berubah menjadi seorang anak kecil. Dengan merahasiakan identitasnya demi melindungi dirinya, Shinichi terus menyelesaikan kasus sementara mencari penyembuh.

Di dalam dan luar semestanya, Shinichi terinspirasi Sherlock Holmes. Ketika dipaksa punya identitas baru untuk menyelesaikan kasus sebagai seorang anak, dia mengambil nama Conan Edogawa. Conan diambil dari nama tengah Sir Arthur Conan Doyle, penulis Sherlock Holmes. Sementara, Edogawa diambil dari nama Ranpo Edogawa, kreator detektif klasik Jepang, Kogoro Akechi.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)