10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes
Sejumlah karakter detektif ternama di anime terlihat terinpsirasi dari tokoh detektif fiktif kondang Sherlock Holmes. Persamaan di antara mereka begitu kentara. (Foto: The Guardian)
Sherlock Holmes adalah salah satu karakter fiktif paling kondang sedunia. Karakter buatan Sir Arthur Conan Doyle ini dikenal cerdas dan cermat dalam menyelesaikan berbagai macam kasus. Dia telah diangkat dalam berbagai macam film dan serial televisi dengan diperankan aktor berbeda dari waktu ke waktu.

Sherlock juga telah menginspirasi banyak karakter detektif di dunia fiktif. Salah satunya adalah anime . Mau disadari atau tidak, ada banyak detektif anime yang terinspirasi atau bahkan diangkat dari karakter Sherlock. Para detektif anime ini pun sama kondangnya dengan Sherlock di dunia mereka.

Di anime, para karakter detektif ini bisa menjadi intepretasi atas diri Sherlock. Tapi, ada juga yang diangkat dari tingkah laku dan kenyentrikanya. Penggemar Sherlock dan penonton anime dengan cepat akan mengenali persamaan di antara karakter-karakter ini. Siapa saja detektif anime yang terinspirasi dari karakter Sherlock Holmes? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Pangeran Paling Tampan dan Pemberani dari Dunia Anime

10. Sherdog — Sherlock Bones

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: The Bare Threads

Banyak karakter anime yang punya anjing setia yang membantu mereka dalam apa pun. Tapi, serial ini punya kasus yang benar-benar unik. Baik anjing dan pemiliknya bukan hanya reinkarnasi sepasang teman tapi reinkarnasi Sherlock Holmes dan John Watson.

Takeru Wajima merasakan kedekatan aneh dengan seekor anjing yang dia temukan di tempat penampungan. Dia kemudian mengadopsi anjing kecil yang terlihat kesepian itu. Tapi, ketika Sherdog mengambil sebuah pipa rokok, dia memberitahu Takeru kalau dia sebenarnya adalah Sherlock Holmes yang terlahir kembali. Dia berniat tetap menguak kasus dengan bantuan Takeru. Takeru, yang merupakan keturunan polisi, jelas setuju dengan rencana itu.

9. Kiyotaka Yagashira — Holmes of Kyoto

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Anime-Planet

Di serial ini, Aoi pindah ke Kyoto dan mulai bekerja di sebuah toko antik. Pemilik toko itu, Kiyotaka, punya keterampilan deduksi yang kuat. Dia sebagian besar menggunakan bakatnya untuk membedakan barang antik palsu dan yang asli. Tapi, seperti Sherlock yang bertemu orang baru, begitu dia melihat Aoi, dia mendeduksi semuanya tentang dirinya hanya dalam beberapa detik.

Kiyotaka menyebut nama panggilannya, Holmes, itu konyol. Tapi, itu masih sangat akurat. Dia tidak pernah kehilanan detail tentang orang atau obyek, meski dia sering kali bingung dengan pengalaman emosional yang lebih abstrak seperti cinta. Juga seperti Sherlock, secara umum, dia santai, tapi bisa jadi cukup serius ketika bertemu orang yang tidak dia sukai.

8. John H Watson — Empire of Corpses

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: YouTube

Sherlock biasanya menjadi karakter utama di cerita asli Doyle. Tapi, John Watson yang biasanya mengangkat bagaimana Sherlock mengatakan deduksi akuratnya dan belajar membuatnya sendiri. Jadi, wajar kalau di anime ini, Watson mengambil alih peran utama.

Secara teknis, Sherlock tampil di anime ini. Tapi, dia hanya muncul di ujung cerita ketika semua aksinya sudah selesai. Sebelum dia muncul, Watson harus menghadapi sepasukan zombie saat mencari teknologi penghidupan kembali Victor Frankenstein untuk Agen Rahasia Inggris. Semua dilakukan sementara dia juga harus menyatukan misteri penciptaan kembali jiwa dan kreasi asli Frankenstein.

7. Heinrich Lunge — Monster

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Naoki Urasawa’s Monster Wiki – Fandom

Menghadapi salah satu antagonis paling cerdas di anime sepanjang masa, meski dia tidak sadar siapa yang dia hadapi sampai menjelang akhir, Inspektur Lunge mirip Sherlock dalam hal tidak sensitif dan kesulitannya dengan emosi. Dia meningkatkannya hingga 1.000 kali. Dia hanya hidup untuk pekerjaannya dan tidak merasa apa pun pada orang lain, sampai pada titik di mana dia tidak peduli sama sekali ketika istri dan putrinya meninggalkannya karena dia mengabaikan mereka.

Dia percaya kalau Johan tidak ada dan Dr. Tenma adalah pembunuh yang dikejarnya. Keyakinannya ini bukan kekurangan dalam kecerdasan atau kemampuan profiling-nya. Johan memang tidak manusiawi dan Lunge takut ketika menyadari betapa sedikitnya jejak yang dia tinggalkan. Seperti Sherlock, dia tidak malu mengakui ketika dia salah dan dari poin itu, dia membantu Tenma mengejar Johan.

6. L Lawliet — Death Note

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: YouTube

Detektif ikonik ini adalah sumber banyak kutipan lucu yang tidak diduga di Death Note. Dia tidak bersentuhan dengan orang lain akibat mengabdikan dirinya untuk menyelesaikan kasus mustahil sejak masih kecil. Di sini, L adalah satu-satunya orang yang bisa diandalkan polisi ketika mereka tidak bisa menelusuri Kira, si pembunuh berantai.

L jelas lebih canggung dan kurang menyatu dibanding Sherlock yang cukup membaur. Tapi, amarah aslinya terhadap Kira dan semua yang menyebabkan kekacauan serta kematian dengan mengira tidak akan menghadapi konsekuensi sangat mirip Sherlock ketika dihadapkan dengan mereka yang menyiksa orang-orang tidak bersalah. Seperti Sherlock yang mengejar Moriarty, L harus bekerja melalui jaring misteri sampai dia bisa mendekati Kira.

5. Hajime Kindaichi — The Kindaichi Case Files

10 Karakter Detektif Anime yang Terinspirasi Sherlock Holmes

Foto: Looper
halaman ke-1
Share: