7 Tips Kelola Kesehatan Mental untuk Mahasiswa

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 15:00 WIB
Menjadi mahasiswa sebagai Generasi Z memang penuh tantangan terutama dalam menjaga kesehatan mental. Foto/ Shutterstock
JAKARTA - Menjadi mahasiswa masa kini memang tidak mudah. Ada banyak tuntutan dan tekanan yang bisa membuat kesehatan mental kita terus menurun.

Stres karena tugas yang menumpuk, gangguan kecemasan, hingga masalah hubungan sosial jadi salah satu yang kerap menjadi beban pikiran para mahasiswa generasi Z. Buat kamu para mahasiswa yang butuh panduan untuk mengelola kesehatan mental , berikut ini bisa kamu simak.

1. Kembangkan Kebiasaan yang Sehat



Foto: Getty Images





Olahraga teratur, makan makanan bergizi, dan tidur cukup akan membantu mengurangi gejala kecemasan. Untuk usia14–17 tahun, waktu tidur yang ideal adalah 8–10 jam per hari.Sedangkan usia18–25 tahun selama 7–9 jam per hari.

Dengan mengikuti pola hidup yang sehat, maka akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

2. Buat Waktu untuk Merawat Diri Sendiri



Foto: Freepik

Kehidupan sebagai mahasiswa bisa sangat melelahkan karena kita harus menyeimbangkan kehidupan di kampus dengan kehidupan sosial. Jadi penting untuk menjadwalkan waktu hanya untuk diri sendiri.

Cobalah melakukan sesuatu yang bisa kamu nikmati setiap hari, entah itu bermeditasi, menonton film, atau berjalan-jalan. Waktu sendirian ini dapat mengisi ulang pikiranmu dan mengurangi meluasnya rasa cemas.

3. Temukan atau Gabung ke Dalam Grup Pendukung



Foto: youngminds.org.uk

Penting bagi kita untuk memiliki kelompok yang bisa mendukung satu sama lain; terutama kalau punya masalah yang sama. Hal itu akan membuat rasa kesatuan dan semangat untuk mengatasi masalah bersama.

4. Menentukan Tujuan

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More