9 Makanan Anime yang Bisa Dijadikan Menu Berbuka Puasa

Minggu, 10 April 2022 - 07:44 WIB
Tempura bisa dinikmati dengan tentsuyu alias saus tempura. Jika kalian ingin menikmati variasi gorengan untuk menu buka puasa, tempura adalah jawabannya. Makanan ini kian nikmat disantap saat hangat.

5. Kakiage



Kakiage adalah bakwan Jepang. Perbedaannya dengan bakwan lokal adalah kakiage tidak didominasi adonan tepung. Menurut seorang chef asli Jepang, adonan tepung di kakiage berfungsi sebagai “pengikat” sayurannya agar bisa menyatu. Bakwan ini bisa ditemui di gerai makanan Jepang di Indonesia.

Kakiage biasanya dibuat dari sayuran. Bagi pecinta gorengan untuk berbuka puasa, kakiage bisa menjadi alternatif varian bakwan yang tidak terlalu “bertepung” sehingga rasa sayurannya lebih mendominasi. Makanan ini tidak terlalu terekspos di anime. Terakhir, kakiage ini dinikmati Kyojuro Rengoku di Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba; Mugen Train Arc.

4. Mitarashi Dango



Bagi penyuka makanan manis, dango bisa menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Kue bulat dari tepung ini biasanya dikukus atau direbus sebelum disajikan. Varian dango ada banyak. Tapi, yang paling populer di anime adalah mitarashi dango.

Dango ini biasanya disajikan dengan tusuk. Satu tusuk terdiri atas 4—5 bola kue yang kemudian dilumuri saus manis setelah dibakar. Camilan lezat, manis, dan kenyal ini teman yang cocok untuk minum teh di sore hari. Jadi, bisa pas untuk dijadikan makanan berbuka puasa.

3. Onigiri



Makanan ini sangat cocok dijadikan menu buka puasa terutama bagi mereka yang berada di jalanan. Onigiri bukan makanan yang sulit ditemukan di Indonesia sekarang. Sejumlah mini market menjual makanan ini dengan berbagai isian di dalamnya.

Lumrahnya, onigiri adalah nasi yang berisi daging, ikan, dan lain-lain, yang dibentuk segitiga dan dibungkus nori. Bentuknya yang tidak memakan tempat membuatnya jadi praktis untuk dibawa-bawa. Bagi mereka yang yakin akan buka di jalan, onigiri jelas pilihan tepat untuk berbuka puasa.

2. Taiyaki



Taiyaki adalah sejenis kue tradisional Jepang berbentuk dengan isian di dalamnya. Versi tradisional kue ini berisi pasta kacang merah. Tapi, variasi isiannya juga banyak dari cokelat, krim custard, dan sakura. Bagi pecinta rasa gurih, tersedia juga rasa keju.

Jajanan ini bisa dinikmati sebagai makanan buka puasa, terlebih jika disajikan hangat. Meski belum banyak dijual di tempat umum, tapi, taiyaki bisa dibuat sendiri di rumah. Resepnya banyak beredar di internet.



1. Takoyaki

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More