Kebanyakan Minum Bisa Berbahaya, Ini Tanda-tanda Berlebihan Konsumsi Air

Kamis, 18 Juni 2020 - 14:17 WIB
4. SERING BUANG AIR KECIL BAHKAN SAAT MALAM HARI



Foto: healthline

Menurut Klinik Cleveland, kebanyakan orang buang air kecil antara 6-8 kali sehari. Kalo kita udah buang air kecil lebih dari jumlah tersebut, tandanya kita terlalu banyak minum air. Hal ini membuat kandung kemih menjadi terlalu aktif. Untuk mencegah buang air kecil di malam hari, minumlah segelas air beberapa jam sebelum tidur untuk memberi jeda pada ginjal kita untuk menyaring air melalui tubuh.

5. SUKA MERASA MUAL DAN MUNGKIN SAMPAI MUNTAH



Foto:Alliance/iStock

Gejala overhidrasi mirip dengan dehidrasi, menurut Tamara Hew-Butler. Saat kita minum terlalu banyak air, ginjal gak bisa membuang kelebihan cairan, dan air mulai mengumpul di dalam tubuh kita. Hal ini bisa menyebabkan mual, muntah, dan diare.

6. SAKIT KEPALA SEPANJANG HARI



Foto: Dean Drobot/iStock

Sakit kepala merupakan tanda overhidrasi dan dehidrasi, mirip dengan mual, muntah, dan diare. Konsumsi terlalu banyak air membuat konsentrasi garam dalam darah berkurang.

Kalo kita minum terlalu banyak air, otak sebenarnya sedang mengalami pembesaran dan menekan tengkorak kita. Tekanan ini bisa menyebabkan sakit kepala yang berdenyut dan masalah kesehatan yang lebih serius seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

7. PEMBENGKAKAN ATAU PERUBAHAN WARNA DI TANGAN, BIBIR, DAN KAKI



Foto: Catalin205/iStock

Dalam banyak kasus hiponatremia, orang akan mengalami pembengkakan atau perubahan warna yang jelas di tangan, bibir, dan kaki. Saat semua sel di seluruh tubuh membengkak, kulit akan mulai membengkak juga.

Kalau kita minum lebih dari 10 gelas air setiap hari dan ada pembengkakan atau perubahan warna di tangan, bibir, dan kaki, mulai pertimbangkan untuk mengurangi asupan air dan lihat apakah gejalanya mereda.

8. OTOT-OTOT TERASA LEMAH DAN CENDERUNG GAMPANG KRAM

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More