10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:31 WIB
Madoff terbukti menggunakan skema Ponzi untuk menipu korban-korbannya. Caranya, ia mencari banyak investor untuk bergabung. Uang yang didapatkannya akan digunakan untuk mendanai pembayaran kepada investor yang sudah ada, sekaligus untuk biaya ke perusahaan Madoff dan juga diduga kepada keluarga dan teman-temannya.

Mengutip Britannica, perkiraan kerugian berkisar USD50 miliar hingga USD 65 miliar atau sekitar Rp865 triliun. Pada Maret 2009, Madoff mengaku bersalah atas penipuan, pencucian uang, dan kejahatan lainnya. Kemudian pada Juni 2009, hakim federal, Denny Chin memberi Madoff hukuman maksimum 150 tahun penjara.

Pada 2017, kasus penipuan Bernie Madoff dijadikan sebuah film berjudul The Wizard of Lies. Film bergenre drama biografi dan kriminal ini disutradarai oleh Barry Levinson.

4. Anna Delvey



Foto: BBC

Anna Delvey adalah seorang sosialita boros yang membiayai gaya hidup mewahnya dengan cara menipu bank, hotel, dan teman-temannya. Para korbannya bahkan percaya bahwa Anna adalah pewaris kaya raya dari Jerman.

Perempuan bernama asli Anna Sorikin ini menggunakan nama Anna Delvey untuk menipu teman-teman dan lembaga keuangan. Anna ingin mereka percaya bahwa ia memiliki kekayaan sekitar sekitar USD67 juta (Rp961 miliar) di luar negeri. Hal ini dilakukan agar ia mendapatkan pinjaman sebesar USD22 juta dari City Nasional Bank.

Dilansir dari The Guardian, Anna juga membujuk satu bank untuk meminjamkan USD100 ribu dan gagal untuk mengembalikannya. Kisah Anna Delvey kemudian dituangkan dalamminiseri Inventing Anna yang tayang pada 11 Februari di Netflix.

Baca Juga: 9 Hal yang Fakta dan Fiksi dalam Inventing Anna, Serial tentang Sosialita Palsu

5. Billy McFarland



Foto: BBC

Pada 2018, Billy McFarland membuat sebuah acara festival musik mewah bernama Fyre Festival di pulau Great Exuma, Bahama. Panitia acara menjanjikan akomodasi yang mewah, berupa makanan, musik, karya seni, dan petualangan terbaik di Bahama.

Namun, saat Fyre Festival digelar, para pengunjung merasa kecewa dan tertipu karena akomodasi mewah yang dijanjikan panitia hanyalan bualan belaka. Padahal untuk acara tersebut, Billy mendapatkan USD4 juta (Rp56 miliar) dari Fashion Executive Carola Jain.

Menurut BBC, dari dokumen Departemen Kehakiman AS, Billy berulang kali membuat pernyataan palsu kepada investor tentang pendapatan Fyre Media. Ia juga memanipulasi laporan keuangan dan dokumentasi pendukung Fyre Media untuk menyembunyikan kondisi keuangan Fyre Media yang sebenarnya.

Kisah tentang Fyre Festival kemudian dituangkan ke dalam sebuah film dokumenter dengan judul Fyre Fraud yang dirilis Hulu dan Fyre yang dirilis Netflix pada tahun yang sama pada 2019.

6. Elizabeth Holmes



Foto: The Guardian
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More