10 Tukang Tipu Paling Terkenal yang Kisahnya Dijadikan Film, Ada dari Indonesia

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:31 WIB
Elizabeth Holmes adalah pendiri perusahaan rintisan (start-up) teknologi kesehatan, Theranos, pada 2003 saat usianya baru 19 tahun. Di lingkungannya, Elizabeth terkenal dengan gaya uniknya mengenakan turtleneck hitam seperti Steve Jobs.

Mengutip The Guardian, Elizabeth bersalah atas 4 dari 11 dakwaan, termasuk3 dakwaan penipuan dan 1 dakwaan bersekongkol untuk menipu investor swasta di perusahaan rintisan tes darah. Namun, dia dibebaskan dari tiga dakwaan menipu pasien yang membayar tes Theranos.

Elizabeth kemudian menghadapi hukuman hingga 20 tahun penjara untuk tuduhan tersebut tetapi mungkin akan menerima jauh lebih sedikit karena mengingat kurangnya sejarah kriminalnya.

Kisah Elizabeth Holmes kemudian diangkat menjadi sebuah film dokumenter pada 2019, yang berjudul The Invector: Out for Blood in Silicon Valley. Film ini disutradarai dan diproduksi oleh Alex Gibney.

7. Robert Hendy-Freegard



Foto: via Daily Mail

Robert-Hendy-Freegard adalah seorang penjual mobil dan bartender asal Inggris. Namun di balik itu, ia adalah seorang penipu. Untuk memikat korbannya, dia menyamar sebagai agen MI5.

Dia menipu beberapa orang untuk pergi ke bawah tanah untuk mengantisipasi serangan teror dari Irish Republican Army (IRA). Dari aksi menyamarnya tersebut, Robert menghasilkan uang sebesar 1 juta poundsterling (Rp19,5 miliar).

Robert kemudian ditangkap oleh FBI pada 2002 dan divonis 10 tahun penjara atas tuduhan penipuan, pencurian, dan penculikan. Kisah Robert Hendy-Freegard kemudian diangkat menjadi sebuah film dokumenter pada 2022 berjudul The Puppet Master: Hunting the Ultimate Conman. Film ini disutradarai oleh Sam Benstead dan Gareth Johnson.

8. Frederic Bourdin



Foto: Getty Images

Selama bertahun-tahun, Frederic Bourdin telah menggunakan 500 identitas palsu. Dia sering berbohong sebagai seorang anak yang hilang atau yatim piatu agar mendapatkan simpati.

Mengutip BBC, Bourdin dipenjara di Amerika Serikat pada 1997 karena menyamar sebagai putra pasangan yang telah lama hilang. Dia tinggal bersama mereka selama tiga bulan sebelum penipuannya terbongkar oleh seorang jurnalis dan dikonfirmasi oleh tes DNA. Kisahnya kemudian ditampilkan melalui film berjudul The Imposter yang dirilis pada 2012.

9. Frank Abagnale



Foto: Getty Images

Frank Abagnale adalah seorang penipu yang paling dicari di Amerika. Hal ini karena ia dapat mencuri dan memalsukan identitas seseorang. Dia bisa berpura-pura menjadi seorang dokter, pengacara, hingga pilot.

Frank berhasil menyamar lebih dari 250 kali sebagai pilot pesawat terbang dan mengunjungai 26 negara sebagai pilot palsu Pan Am Airways. Pada 1969, Frank berhasil tertangkap oleh Kepolisian Perancis dan dipulangkan ke Amerika Serikat. Ia kemudian dihukum selama 12 tahun penjara.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More