12 Fakta Unik tentang Budaya Korea, Boleh Memaki Tersangka Kejahatan di depan Umum

Selasa, 29 Juni 2021 - 20:00 WIB
Foto:Jo Yong-Hak/ Reuters

Di negara lain pendaftaran militer bersifat sukarela, tapi di Korea mengharuskan laki-laki berusia 18-35 tahun untuk melakukan wajib militer. Hal ini dikarenakan ketegangan yang masih berlangsung hingga saat ini antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Pada 29 Mei 2018, Korea membuat amandemen terhadap hukum militernya. Laki-laki yang berusia 28 tahun atau lebih hanya dapat menunda wajib militer karena alasan medis. Selain itu, laki-laki yang berusia 25-27 tahun harus izin ketika hendak bepergian.

5. ORANG KOREA MEMBUNGKUK UNTUK MENUNJUKKAN RASA HORMAT



Foto:reformedmargins.com

Seperti beberapa negara Asia lainnya, salah satu etika sosial di Korea adalah membungkuk. Di Korea membungkuk adalah cara untuk menunjukkan rasa hormat, mengucapkan terima kasih, maaf, halo, dan selamat tinggal. Sama seperti tingkatan bahasa, ada berbagai tingkatan dalam membungkuk. Sederhananya, semakin dalam membungkuk, maka semakin dalam rasa hormat.

6. GOLONGAN DARAH PENTING



Foto: Koreaboo

Menurut tradisi Korea, golongan darah dapat menentukan ciri-ciri kepribadian, seperti tanda-tanda zodiak dalam astrologi. Selain itu, golongan darah juga berpengaruh terhadap kecocokan dalam memilih pasangan.

7. PASANGAN SUKA BERPAKAIAN SAMA



Foto:Mwave.me

Di beberapa negara, memakai baju yang sama dengan pasangan sering dianggap berlebihan, bahkan norak. Namun bagi orang Korea, itu adalah caranya untu menunjukkan rasa cinta dan status pasangan mereka. Pasangan di Korea sering memakai pakaian yang serasi seperti kemeja, jins, topi, bahkan pakaian dalam, saat mereka berkencan.

8. ORANG KOREA SERING MEMAKAI MASKER DI DEPAN UMUM



Foto: Dispatch

Di Korea, masker wajah telah menjadi aksesori. Meskipun beberapa pemakai mengenakan masker untuk menghindari penyebaran kuman, banyak orang Korea memakainya untuk menjaga dari efek berbahaya debu halus. Debu halus dapat mengiritasi mata, hidung, dan tenggorokan, dan partikelnya bahkan dapat merusak paru-paru dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Karena itu, memakai masker wajah selama musim debu adalah suatu keharusan.

9. KOTORAN DIANGGAP LUCU
Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.