7 Hal Kepemimpinan Ini Bisa Dipelajari Dari Wanita

Senin, 07 Desember 2020 - 21:05 WIB
Orang yang melihat diri mereka lebih kritis justru lebih baik dalam mempersiapkan diri. Dan ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kemampuan dan performa kamu. (Baca Juga: Dua Tipe Passion: Harmonis dan Obsesif, Kamu yang Mana? )

3. MOTIIVASI LEWAT TRANSFORMASI

Studi akademis menunjukkan bahwa wanita cenderung memimpin melaluiinspirasi, mengubah sikap dan keyakinan orang, dan memotivasiorang dengan makna dan tujuan daripada apa yang bisa dilakukan pria.

Kepemimpinan transformasional erat hubungannya dengan kekompakan tim, performa, dan produktivitas.

Ini adalah langkah untuk meningkatkan kualitas kepemimpinan.

Kepemimpinan transformasional sendiri adalah gaya kepemimpinan yang mengidentifikasi perubahan yang diperlukan dan melaksanakan rencana yang diperlukan agar perubahan itu terjadi.

Pria menghabiskan lebih banyak waktu untuk memenangkan hati orang lain, tapi jika memimpin dengan EQ (kecerdasan emosional) dan IQ (kecerdasan intelektual) mereka akan menjadi pemimpin yang lebih baik.

4. DAHULUKAN KEPENTINGAN ORANG LAIN



Foto: Getty Images



Akan sulit membuat tim kamu kompak kalau kamu hanya memikirkan diri sendiri. Nah, masalahnya pria umumnya lebih berfokus pada dirinya sendiri daripada perempuan.

Akibatnya, pria akan lebih mungkin memimpin dengan sikap yang narsis dan egois. Kalau pria ingin meningkatkankinerja mereka, mereka harusnya mengadopsi gaya kepemimpinan yang tidak hanya mementingkan diri sendiri. (Baca Juga: Dirgantara Indonesia, Berawal Dari Patungan Beli Pesawat )

5. JANGAN MEMERINTAHCOBALAH BEREMPATI

Ada anggapan karena wanita bersikap terlalu baik dan peduli, mereka tidak cocok menjadi pemimpin.

Sebaliknya, seseorang yang kurang perhatian dan bersikap buruk, itulah yang lebih cocok menjadi pemimpin.

Padahal, gaya kepemimpinan yang dituntut sekarang adalah justru memiliki hubungan emosional dengan bawahannya.

Memang, kecerdasan buatan (AI) akan mengambil alih elemen teknis dan hard skill dari seorang pemipin. Tapi AI tidak memiliki rasa empati dan apresiasi.

Pria bisa mempelajari soal ini dari melihat cara wanita memipin.

6. FOKUS MENDUKUNG ORANG LAIN
Halaman :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.