Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:00 WIB
Istilah korean chaebolmerujuk pada keluarga-keluarga konglomerat yang memegang perusahaan besar di berbagai sektor industri di Korsel.

Saatkrisis moneter yang menimpa Asia pada 1997 yang juga melanda Korsel, reputasi negara ini menurun dalam berbagai sektor sehingga hampir gak ada yang ingin bekerja sama dengan mereka.

Bahkan pemerintahnya sampai berutang sebanyak USD97 miliar ke IMF. Menariknya, Korsel cuma memakai kurang dari USD20 miliar saja dan melunasinya pada 2001.

Mereka juga sadar kalau krisis ini akan berdampak pada para korean chaebolsehingga bisa menambah keparahan jatuhnya Korsel. Pemerintah Korea pun menyuruh mereka untuk melepaskan unit-unit bisnisnya dan fokus restrukturisasi model bisnis pada sektor yang sudah mereka kuasai aja.

Selain membantu korean chaebol bertahan, kebijakan ini membuat bisnis-bisnis kecil di sektor yang dilepas oleh korean chaebol berkembang pesat.

Keadaan Korsel setelah kebijakan ini mulai membaik dan berhasil mengembalikan reputasi negaranya. ( )

3. MENCABUT ATURAN SENSOR



Foto: JTBC

Aturan sensor dianggap membatasi kreativitas para sineas Korea Selatan selama puluhan tahun. Menyadari hal tersebut, pemerintah mencabut aturan sensor tersebut sehingga para pekerja industri kreatif dapat lebih bebas berekspresi dalam berkarya. Banyak sineas keren yang muncul setelah aturan sensor dicabut.

4. MEMBANGUN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI



Foto: seoulspace.com

Pemerintah Korsel telah mengalokasikan dana yang besar pada pengembangan internet karena mereka percaya setiap warga negaranya bisa mendapatkan keuntungan kalau terhubung dengan dunia secara mudah.

5. MEMBANGUN POPULARITAS DARI MEREK-MEREK ASAL KOREA



Foto: Samsung/Big Hit Entertainment

Berbagai merek seperti Samsung, LG, dan Hyundai adalah merek asal Korea Selatan yang sudah mendunia. Reputasi baik yang dimiliki merek-merek tersebut secara gak langsung juga mengubah reputasi Korea Selatan menjadi lebih baik. Masyarakat dunia seolah jadi lupa terkait sejarah kelam perang saudara yang pernah Korea Selatan alami.

6. MANAJEMEN REPUTASI YANG EFEKTIF

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More