Korean Wave: Hasil Pemerintah Korsel Dukung Industri Kreatif Selama Puluhan Tahun

Rabu, 28 Oktober 2020 - 20:00 WIB
Foto: Getty Images

Setelah mendapatkan reputasi yang baik, pemerintah Korsel juga sukses dalam mempertahankan reputasi baik negara mereka di berbagai sektor. Khususnya sektor-sektor tempat korean wave terbentuk seperti industri hiburan dan kreatif, teknologi, serta wisata.

Beberapa kali menjadi tuan rumah dalam acara-kelas dunia seperti Olimpiade PyeongChang 2018 dan Winter Paralympics, serta mengadakan acara-acara pertukaran budaya, juga merupakan usaha untuk memperluas reputasi baik Korea Selatan. ( )

7. DUKUNGAN YANG KONSISTEN



Foto: Boontoom Sae-Kor/Shutterstock

Korsel bisa dibilang adalah satu-satunya negara yang punya kementerian dengan salah satu fokus utamanya adalah mengurusi dunia hiburan di negara itu. Hal ini karena dunia hiburan memang menjadi salah satu sektor yang berpengaruh besar bagi ekonomi negara mereka dan patut diberikan perhatian khusus.

Ternyata di balik kesuksesan korean wave, banyak usaha yang telah dilakukan Pemerintah Korsel untuk mendukung industri kreatifnya secara serius. Kira-kira Indonesia bisa pakai cara-cara yang pernah dipakai Korea Selatan gak, ya, untuk memajukan industri kreatif di Indonesia?

Peter Leonaldy ND

Kontributor GenSINDO

Universitas Indonesia

Instagram: @peterleonaldy
(it)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More