5 Hal Penting dari Film The Social Dilemma dan 6 Hal untuk Dilakukan agar Kamu Gak Dimanipulasi Internet

Rabu, 16 September 2020 - 16:46 WIB
Contoh lainnya adalah betapa kini jumlah like, komentar, dan follower amat penting buat banyak orang. Validasi atau pengakuan dari orang lain jadi jauh lebih penting daripada kita melihat ke dalam diri kita sendiri soal apa yang kita inginkan dan yang bikin kita nyaman.

Jumlah teman di medsos jadi lebih membanggakan daripada teman yang kita punya di dunia nyata, padahal hubungan kita dengan mereka lebih nyata dibanding yang ada di medsos.

Singkat kata, perilaku dan cara berpikir kita berubah karena terpapar media sosial dan internet. Apa yang kita anggap penting dan gak penting jadi berkiblat kepada nilai yang ada di media sosial.

Parahnya, hal ini terjadi perlahan-lahan, tanpa kita sadari. Sebelum kita sadar, kita jadi bagai robot yang bisa ditebak emosi dan perilakunya oleh mesin kecerdasan buatan. Kalau sudah begini, apa kita masih bisa disebut manusia?

Nah, selain menyajikan fakta-fakta yang mengerikan soal internet dan media sosial, para narasumber untungnya memberi kita sedikit solusi. Sebagai individu, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini supaya kita gak dimanipulasi oleh teknologi dan internet, termasuk medsos.

1. MATIKAN ATAU KURANGI NOTIFIKASI





Foto: appuals.com

Notifikasi bikin kita mengecek sesuatu yang belum tentu penting untuk kita lihat saat itu juga. Jadi cobalah kamu lihat lagi, notifikasi dari aplikasi apa aja yang benar-benar penting untuk segera kamu tahu. Pilih notifikasi tersebut, lalu selebihnya matikan aja. Atau kalau kamu sanggup, hapus aja aplikasinya.

2. PAKAI NEWS FEED ERADICATOR



Foto: ilovefreesoftware.com

News Feed Eradicator bakal menghilangkan semua lini masa atau status dari teman-teman medsos kamu. Ini bisa membantu kamu untuk gak berlama-lama di medsos. Kamu juga bisa mengatur sendiri status siapa yang mau kamu lihat. News Feed Eradicator bisa dipakai untuk semua media sosial, termasuk YouTube.

3. PAKAI QWANT DIBANDING GOOGLE



Foto: Qwant

Kamu bisa pakai Qwant sebagai mesin pencari dibanding pakai Google. Soalnya, Qwant gak akan menyimpan hasil pencarian kamu, yang artinya privasi kamu tetap terjaga. ( )

4. JANGAN KLIK "AD" DAN VIDEO REKOMENDASI

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More