Sering Terbangun Malam Hari karena Mau Pipis? Cek Fakta Ini

Jum'at, 04 September 2020 - 21:17 WIB
Penyebabnya bisa beragam. Pertama, minum terlalu banyak sebelum tidur. Ini merupakan penyebab paling biasa saat seseorang sering bolak-balik kamar mandi waktu malam hari. (Baca Juga: Apakah Kita Boleh Minum Air Sisa Semalam?)

Untuk itu, coba batasi asupan cairan yang kalian minum sebelum tidur. Di samping membatasi minum saat malam hari, ada baiknya juga selalu memenuhi asupan cairan sepanjang hari untuk mencegah rasa haus pada malam hari.

Alasan lainnya bisa juga karena menderita gangguan tidur. Ketika tertidur, tubuh yang sehat secara alami menekan urine dengan melepaskan hormon antidiuretik. Tapi kalau tubuh gak benar-benar tidur, otak gak akan dapat sinyal untuk jangan buang air kecil dulu.



Foto: Unsplash

Kalau kamu mengalami gangguan tidur dan jadi sering buang air kecil malam-malam, lebih baik segera konsultasikan ke dokter.

Alasan berikutnya adalah tubuh yang mulai menua. Hormon antidiuretik menurun seiring bertambahnya usia. Solusinya gampang, cukup ubah gaya hidup dengan mengurangin konsumsi kafein, cokelat, dan makanan pedas saat malam hari.

Sebenarnya kamu gak perlu khawatir kalau buang air kecil lebih dari sekali dalam semalam. Tapi, hal ini kadang bisa jadi indikasi dari beberapa penyakit kayak infeksi saluran kemih, gangguang ginjal, diabetes melitus dan sebagainya.

Kalau sudah seperti ini, lagi-lagi konsultasi ke dokter adalah cara terbaik sebelum penyakit semakin parah. ( )

Shanen Patricia Angelica

Kontributor GenSINDO

Universitas Indonesia

Instagram: @patriciaaash
(it)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More