15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:05 WIB
Foto/Bones, Kinema Citrus

Tokyo Magnitude 8.0 berkisah tentang gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,0 yang melanda Tokyo, Jepang. Cerita ini berawal dari Mirai Onozawa, seorang siswi berusia 13 tahun yang sedang melakukan perjalanan bersama adik laki-lakinya, Yuuki, untuk mengunjungi sebuah pameran robot yang jauh dari rumah.

Saat mereka berada di sana, gempa bumi terjadi dan kedua anak ini terjebak di kota yang hancur. Beruntung, mereka bertemu dengan seorang pengendara sepeda motor bernama Mari Kusakabe yang memutuskan untuk membantu mereka. Ketiga tokoh ini harus berjuang untuk bertahan hidup di tengah kekacauan sambil berharap dapat kembali bertemu dengan keluarga mereka.

Tokyo Magnitude 8.0 mampu menggambarkan emosi manusia di tengah kekacauan gempa dengan realistis sehingga penontonnya pun ikut berempati dan merasakan kesedihan yang terjadi. Anime ini dirilis pada 2009 dan mendapatkan rating sebesar 8.00 dari 127.061 pengguna di Myanimelist.

12. Erased



Foto/A-1 Pictures

Erased bercerita tentang Satoru Fujinuma, seorang seniman manga berusia 29 tahun yang memiliki kemampuan misterius bernama Revival, Kemampuan ini memungkinkan Satoru untuk kembali ke masa lalu beberapa menit sebelum sebuah tragedi terjadi sehingga memberinya kesempatan untuk mencegah bencana.

Namun, hidupnya berubah drastis ketika ia dituduh bersalah atas pembunuhan seseorang yang dekat dengannya. Oleh karena itu, Satoru kembali ke 1988, 18 tahun ke masa lalu, di mana ia menyadari bahwa kematian teman sekelasnya di masa kecil, Kayo Hinazuki, mungkin berkaitan dengan tragedi di masa kini.

Dalam usahanya mengungkap misteri yang terjadi 18 tahun lalu, Satoru berjuang untuk mencegah pembunuhan Kayo dan melindungi orang-orang yang dia cintai di masa sekarang. Erased dirilis oleh studio A-1 Pictures pada 2016 dengan jumlah episode sebanyak 12 dan mendapat rating 8.30 dari 1.3 Juta pengguna di situs Myanimelist.

13. Josee, the Tiger and the Fish



Foto/Bones

Josee, the Tiger and the Fish bercerita tentang Tsuneo Suzukawa, mahasiswa biologi laut yang bercita-cita melanjutkan studinya ke luar negeri. Untuk mewujudkan impiannya, ia bekerja paruh waktu di berbagai tempat. Suatu malam, hidupnya berubah ketika bertemu dengan seorang gadis bernama Kumiko, yang lebih suka dipanggil Josee.

Josee, yang menggunakan kursi roda, awalnya bersikap kasar, tetapi Tsuneo tetap menerima pekerjaan sebagai pengasuhnya setelah dibujuk oleh nenek Josee. Seiring waktu, Tsuneo menyadari bahwa di balik sikap Josee yang keras, gadis itu memiliki impian untuk menjelajahi dunia luar yang selama ini sulit dicapainya karena keterbatasan fisik.

Tsuneo pun memutuskan untuk membantu Josee mewujudkan impiannya. Melalui perjalanan mereka bersama, keduanya tumbuh saling memahami dan belajar bahwa mimpi serta hubungan yang mereka bentuk bisa menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan hidup mereka masing-masing. Josee, the Tiger and the Fish dirilis oleh studio Bones pada 2020 dan mendapatkan rating 8.39 dari 233.608 pengguna di situs Myanimelist.

14. Maquia: When the Promised Flower Blooms



Foto/P.A Works

Mengusung genre drama dan fantasi, Maquia: When the Promised Flower Blooms bercerita tentang Maquia, seorang Iorph (ras mistis) yang dapat hidup selama ratusan tahun dan tetap terpisah dari kehidupan manusia. Meskipun dikelilingi oleh bangsanya, Maquia selalu merasa kesepian karena sejak kecil telah menjadi yatim piatu.

Namun, kehidupannya berubah ketika kerajaan Mezarte yang haus kekuasaan menyerang tanah airnya, berusaha memanfaatkan keabadian para Iorph untuk memperkuat garis keturunan mereka. Maquia kemudian menemukan seorang bayi laki-laki di sebuah desa yang hancur. Ia memutuskan untuk mengadopsinya dan diberi nama nama Ariel.

Ia bertekad untuk merawat anak itu dan menjalani hidupnya sebagai ibu, meskipun harus menghadapi rasa kesepian yang terus membayanginya. Maquia: When the Promised Flower Blooms dirilis pada 2018 oleh studio P.A Works dan mendapatkan rating sebesar 8.39 dari 198.017 pengguna di situs Myanimelist.

15. Clannad

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More