15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:05 WIB
Selanjutnya ada Hotarubi no Mori e yang berdurasi 45 menit. Anime ini bercerita tentang seorang gadis berusia enam tahun bernama Hotaru Takegawa yang saat itu tersesat di hutan saat berlibur di rumah kakeknya. Di tengah kepanikannya, ia diselamatkan oleh Gin, seorang roh hutan misterius yang mengenakan topeng. Gin berusaha membimbing Hotaru keluar dari hutan dan memperingatkannya untuk tidak kembali.

Namun, Hotaru merasa terikat dengan Gin dan terus mencarinya, meskipun Hotaru tahu bahwa Gin terikat memiliki kutukan di mana ia tidak boleh tersentuh oleh manusia. Jika tersentuh, ia akan menghilang selamanya. Seiring waktu, Hotaru dan Gin menjalin persahabatan yang erat, tetapi mereka harus berjuang menghadapi batasan yang ditetapkan oleh takdir.

Perasaan mereka semakin kuat, tetapi perbedaan dimensi membuat mereka tidak mungkin bersatu. Hotarubi no Mori e dari studio Brain’s Base mendapatkan rating sebesar 8.27 dari 467.806 pengguna di Myanimelist.

8. 5 Centimeters per Second



Foto/CoMix Wave Films

Salah satu karya terbaik dari Makoto Shinkai, yakni 5 Centimeters per Second termasuk ke dalam anime sedih yang harus ditonton. Anime ini terbagi jadi tiga segmen, masing-masing mengikuti satu periode dalam kehidupan tokoh utama, yakni Takaki Toono dan hubungannya dengan para gadis di sekitarnya.

5 Centimeters per Second mengisahkan tentang persahabatan dari Takaki Toono dan Akari Shinohara yang telah berteman sejak sekolah dasar. Suatu ketika, Akari harus pindah ke kota lain, tetapi mereka berusaha menjaga hubungan dengan saling berkirim surat dan berjanji untuk bertemu.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, intensitas surat-menyurat mereka semakin berkurang karena masing-masing sibuk dengan kehidupan baru. Seiring berjalannya waktu, keduanya menyadari bahwa jarak dan kesibukan telah merenggangkan hubungan. 5 Centimeters per Second dirilis pada tahun 2007 dan mendapatkan rating sebesar 7.56 dari 572.652 pengguna di Myanimelist.

9. Orange



Foto/Telecom Animation Film

Anime yang berjumlah 13 episode ini mengikuti Takamiya Naho, seorang siswi yang kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di tahun terakhir sekolahnya. Suatu hari, Naho menerima surat aneh dari dirinya di masa depan, tepatnya saat Naho berusia 26 tahun.

Dalam surat itu, Naho dari masa depan mengungkapkan penyesalan mendalam atas kesalahan yang telah dilakukannya dan harapan agar Naho yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan tersebut. Meskipun Orange adalah anime yang penuh emosi yang menimbulkan perasaan sedih, pada akhirnya anime ini memberikan semangat dan kebahagiaan.

Orange dirilis oleh studio Telcom Animation Film pada 2016 dan mendapatkan rating sebesar 7.62 dari 408.599 pengguna di Myanimelist.

10. Anohana: The Flower We Saw That Day



Foto/A-1 Pictures

Anohana berkisah tentang sekelompok teman masa kecil yang terpisah setelah kematian tragis salah satu dari mereka, Menma. Bertahun-tahun setelah kejadian itu, Jinta Yadomi, salah satu anak dari kelompok pertemanan tersebut, mulai melihat dan berbicara dengan Menma yang tiba-tiba muncul di sekitarnya.

Awalnya, Jinta ragu apakah Menma benar-benar ada atau hanya khayalannya. Namun, ia akhirnya menyadari bahwa Menma adalah hantu yang belum bisa menuju alam baka karena ada urusan yang belum selesai semasa hidupnya. Untuk membantu Menma menemukan kedamaian, Jinta berusaha mengumpulkan kembali teman-temannya yang telah terpisah.

Namun, setiap dari mereka masih menyimpan luka dari masa lalu yang belum sembuh dan untuk bisa membantu Menma, mereka harus menghadapi masalah pribadi dan kenangan pahit yang pernah mereka alami bersama. Anohana dirilis pada 2011 dan mendapat rating 8.29 dari 996.953 pengguna di situs Myanimelist.



11. Tokyo Magnitude 8.0

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More