15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Senin, 28 Oktober 2024 - 21:05 WIB
loading...
15 Anime Sedih Terbaik...
Anime sedih selalu berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan ceritanya yang penuh emosi dan pesan mendalam. Anime ini menyajikan kisah menyayat hati. Foto/A-1 Pictures
A A A
JAKARTA - Anime sedih selalu berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan ceritanya yang penuh emosi dan pesan-pesan mendalam. Anime ini sering kali menyajikan kisah-kisah yang menyayat hati, dengan karakter yang menghadapi penderitaan, kehilangan, dan situasi sulit yang membuat penonton ikut merasakan kesedihan mereka.

Setiap cerita anime ini dirancang dengan hati-hati untuk mengajak penonton menyelami emosi para karakternya yang sering kali berjuang melawan nasib yang tidak adil atau menghadapi kehilangan yang tak terhindarkan. Melalui perjalanan emosional ini, penonton diajak merenungkan makna hidup dan belajar dari perjuangan karakter-karakter tersebut.

Beberapa anime sedih bahkan telah menjadi legenda di kalangan penggemar karena ceritanya yang terus dikenang dan dibicarakan bertahun-tahun setelah ditayangkan. Mereka tidak hanya menyuguhkan adegan-adegan yang menyentuh hati, tetapi juga menyampaikan pesan bermakna yang meninggalkan kesan mendalam bagi siapa saja yang menontonnya.

Berikut beberapa rekomendasi anime sedih dilansir dari Myanimelist, Senin (28/10/2024).

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan





1. Grave of The Fireflies

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Studio Ghibli

Diproduksi oleh Studio Ghibli pada 1988, Grave of The Fireflies sering disebut sebagai salah satu anime tersedih sepanjang masa. Berlatarkan pada akhir era Perang Dunia II, Grave of The Fireflies bercerita tentang perjuangan untuk bertahan hidup yang dilakukan oleh kakak beradik bernama Seita dan Setsuko.

Mereka berdua telah kehilangan orang tua dan tempat tinggal karena perang yang sedang berlangsung. Awalnya mereka sempat diurus oleh bibinya, tetapi karena merasa tidak nyaman oleh sifat bibinya yang kejam dan tidak peduli, akhirnya mereka memutuskan untuk pergi dan tinggal di bunker bekas perang. Sejak saat itu, kehidupan mereka yang tragis dan penuh dengan keterbatasan pun dimulai.

Grave of The Fireflies diangkat dari cerita pendek semi-otobiografi 1967 dengan judul yang sama oleh Akiyuki Nosaka. Ia menceritakan pengalamannya setelah pengeboman atom oleh Amerika di Kobe pada 1945. Disutradarai oleh Isao Takahata, Grave of The Fireflies mendapatkan rating 8.52 dari 416.537 pengguna di situs Myanimelist.

2. I Want to Eat Your Pancreas

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Studio VOLN

I Want to Eat Your Pancreas membuat terbawa perasaan dan sedih saat bersamaan. Anime dari Studio VOLN ini berkisah tentang seorang penyendiri bernama Haruki Shiga. Suatu hari ia menemukan sebuah buku harian miliki Sakura Yamauchi, siswi perempuan populer di sekolahnya.

Buku harian tersebut berisi tentang perjalanan hidup Sakura yang ternyata mengidap kanker pankreas. Ketika mengembalikan buku harian milik Sakura, Haruki menyadari bahwa ia satu-satunya orang yang tahu tentang penyakit dari Sakura. Haruki kemudian berjanji untuk membantu Sakura mewujudkan keinginannya hingga hari terakhirnya. Seiring berjalannya waktu, hubungan mereka semakin erat.

Namun, Haruki terlambat untuk menyadari perasaannya terhadap Sakura. I Want to Eat Your Pancreas adaptasi dari novel dengan judul yang sama ditulis oleh Yoru Sumino dan disutradarai oleh orang yang sama dengan sutradara Kimetsu no Yaiba dan Cells at Work. I Want to Eat Your Pancreas mendapatkan nilai 8.55 dari 600.791 orang di situs Myanimelist.

3. Your Lie in April

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/A-1 Pictures

Your Lie in April bercerita tentang seorang pianis genius bernama Arima Kousei yang kehilangan kemampuan bermain piano setelah kematian ibunya. Suatu hari, ia bertemu dengan Miyazono Kaori, pemain biola andal yang secara perlahan mulai memberi warna pada hidup Kousei yang monoton.

Kaori yang memiliki sifat ceria dan positif, terus menyemangati Kousei serta membantunya untuk kembali bermain piano dengan penuh kebebasan. Kousei pun membantu Kaori untuk mengiringi penampilan biolanya dengan piano. Di sisi lain, Kaori ternyata menyimpan sebuah rahasia yang nantinya membawa kesedihan besar bagi Kousei.

Your Lie in April dirilis pada 2014 dengan A-1 sebagai studio animasinya. Anime ini berhasil mendapatkan skor 8.64 dari 1,3 juta pengguna di situs Myanimelist.

4. Plastic Memories

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Doga Kobo

Mengambil latar di masa depan yang sudah memiliki kemajuan teknologi, Plastic Memories bercerita tentang Mizugaki Tsukasa, pemuda berusia 18 tahun yang gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Namun, ia berhasil mendapatkan pekerjaan di Sion Artificial Intelligence Corporation (SAI Corp), perusahaan yang menciptakan Giftia, android canggih yang mirip seperti manusia.

Meski demikian, Giftia memiliki hidup terbatas, yaitu 81.920 jam atau sekitar sembilan tahun empat bulan. Tsukasa ditugaskan di Terminal Service One, sebuah divisi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan Giftia yang sudah mencapai akhir masa hidup mereka, sebelum kehilangan ingatan dan menjadi berbahaya.

Ia dipasangkan dengan Isla, seorang Giftia cantik yang merupakan veteran di divisinya, terkenal dengan keahliannya dalam mengambil Giftia meski memiliki penampilan kecil dan sifat tenang. Seiring berjalannya waktu, perasaan Tsukasa terhadap Isla semakin berkembang. Namun, dia juga menyadari bahwa Isla tidak memiliki banyak waktu tersisa. Anime ini mendapatkan skor sebesar 7.91 dari 484.887 pengguna di situs Myanimelist.

5. Violet Evergarden

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Kyoto Animation

Dirilis pada 2018 oleh Kyoto Animation, Violet Evergarden berkisah tentang perempuan yang merupakan mantan tentara bernama Violet Evergarden. Ia berusaha menemukan makna cinta dan kebahagiaan dalam hidupnya setelah berpisah oleh mentor sekaligus atasannya, Mayor Gilbert.

Kisah ini dimulai ketika Violet dipekerjakan oleh sebuah perusahaan sebagai Auto Memory Doll yang bertugas untuk menulis surat bagi orang lain. Violet tidak memiliki banyak pengalaman dalam hal emosi dan hubungan sosial karena hidupnya yang keras selama di militer. Namun, melalui pekerjaannya menulis surat, ia mulai belajar mengenali emosi dan merasakan keindahan hidup.

Meskipun setiap episode di Violet Evergarden menyajikan cerita yang berbeda, secara keseluruhan tetap fokus untuk mengangkat tema hubungan antar manusia dan rasa kehilangan orang yang dicintai. Dengan 13 episode, Violet Evergarden mendapatkan rating sebesar 8.68 dari 1.004.776 pengguna di situs Myanimelist.



6. A Silent Voice

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Kyoto Animation

A Silent Voice akan membawa pada perasaan emosi, frustasi, dan kesedihan yang mendalam. Anime yang dirilis pada 2016 ini bercerita tentang Shouya Ishida, seorang anak laki-laki yang di masa kecilnya pernah melakukan perundungan pada temannya yang tuna rungu bernama Shouko Nishimiya. Ketika Shouko Nishimiya pindah ke kelasnya, Shouya dan teman-temannya mulai membully Shouko.

Ketika ibu Shouko melaporkan kejadian tersebut ke sekolah, Shouya dituduh sebagai pelaku utama dan harus menanggung semua kesalahan atas apa yang terjadi pada Shouko. Pada akhirnya Shouya ikut dikucilkan oleh teman-temannya sendiri sepanjang sisa masa sekolahnya, sementara guru-gurunya memilih untuk tidak peduli.

Bertahun-tahun kemudian, saat Shouya berada di tahun ketiga sekolah menengah atas, ia masih dihantui rasa bersalah atas tindakan masa kecilnya. Dengan penyesalan yang mendalam, Shouya memutuskan untuk mencari Shouko dan meminta maaf padanya. Ia berharap bisa menebus dosa-dosanya di masa lalu dan memperbaiki hubungan dengan Shouko. Anime ini mendapatkan rating sebesar 8.93 dari 1,6 juta pengguna di situs Myanimelist.

7. Hotarubi no Mori e

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Brain’s Base

Selanjutnya ada Hotarubi no Mori e yang berdurasi 45 menit. Anime ini bercerita tentang seorang gadis berusia enam tahun bernama Hotaru Takegawa yang saat itu tersesat di hutan saat berlibur di rumah kakeknya. Di tengah kepanikannya, ia diselamatkan oleh Gin, seorang roh hutan misterius yang mengenakan topeng. Gin berusaha membimbing Hotaru keluar dari hutan dan memperingatkannya untuk tidak kembali.

Namun, Hotaru merasa terikat dengan Gin dan terus mencarinya, meskipun Hotaru tahu bahwa Gin terikat memiliki kutukan di mana ia tidak boleh tersentuh oleh manusia. Jika tersentuh, ia akan menghilang selamanya. Seiring waktu, Hotaru dan Gin menjalin persahabatan yang erat, tetapi mereka harus berjuang menghadapi batasan yang ditetapkan oleh takdir.

Perasaan mereka semakin kuat, tetapi perbedaan dimensi membuat mereka tidak mungkin bersatu. Hotarubi no Mori e dari studio Brain’s Base mendapatkan rating sebesar 8.27 dari 467.806 pengguna di Myanimelist.

8. 5 Centimeters per Second

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/CoMix Wave Films

Salah satu karya terbaik dari Makoto Shinkai, yakni 5 Centimeters per Second termasuk ke dalam anime sedih yang harus ditonton. Anime ini terbagi jadi tiga segmen, masing-masing mengikuti satu periode dalam kehidupan tokoh utama, yakni Takaki Toono dan hubungannya dengan para gadis di sekitarnya.

5 Centimeters per Second mengisahkan tentang persahabatan dari Takaki Toono dan Akari Shinohara yang telah berteman sejak sekolah dasar. Suatu ketika, Akari harus pindah ke kota lain, tetapi mereka berusaha menjaga hubungan dengan saling berkirim surat dan berjanji untuk bertemu.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, intensitas surat-menyurat mereka semakin berkurang karena masing-masing sibuk dengan kehidupan baru. Seiring berjalannya waktu, keduanya menyadari bahwa jarak dan kesibukan telah merenggangkan hubungan. 5 Centimeters per Second dirilis pada tahun 2007 dan mendapatkan rating sebesar 7.56 dari 572.652 pengguna di Myanimelist.

9. Orange

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Telecom Animation Film

Anime yang berjumlah 13 episode ini mengikuti Takamiya Naho, seorang siswi yang kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di tahun terakhir sekolahnya. Suatu hari, Naho menerima surat aneh dari dirinya di masa depan, tepatnya saat Naho berusia 26 tahun.

Dalam surat itu, Naho dari masa depan mengungkapkan penyesalan mendalam atas kesalahan yang telah dilakukannya dan harapan agar Naho yang lebih muda dapat memperbaiki kesalahan tersebut. Meskipun Orange adalah anime yang penuh emosi yang menimbulkan perasaan sedih, pada akhirnya anime ini memberikan semangat dan kebahagiaan.

Orange dirilis oleh studio Telcom Animation Film pada 2016 dan mendapatkan rating sebesar 7.62 dari 408.599 pengguna di Myanimelist.

10. Anohana: The Flower We Saw That Day

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/A-1 Pictures

Anohana berkisah tentang sekelompok teman masa kecil yang terpisah setelah kematian tragis salah satu dari mereka, Menma. Bertahun-tahun setelah kejadian itu, Jinta Yadomi, salah satu anak dari kelompok pertemanan tersebut, mulai melihat dan berbicara dengan Menma yang tiba-tiba muncul di sekitarnya.

Awalnya, Jinta ragu apakah Menma benar-benar ada atau hanya khayalannya. Namun, ia akhirnya menyadari bahwa Menma adalah hantu yang belum bisa menuju alam baka karena ada urusan yang belum selesai semasa hidupnya. Untuk membantu Menma menemukan kedamaian, Jinta berusaha mengumpulkan kembali teman-temannya yang telah terpisah.

Namun, setiap dari mereka masih menyimpan luka dari masa lalu yang belum sembuh dan untuk bisa membantu Menma, mereka harus menghadapi masalah pribadi dan kenangan pahit yang pernah mereka alami bersama. Anohana dirilis pada 2011 dan mendapat rating 8.29 dari 996.953 pengguna di situs Myanimelist.



11. Tokyo Magnitude 8.0

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Bones, Kinema Citrus

Tokyo Magnitude 8.0 berkisah tentang gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,0 yang melanda Tokyo, Jepang. Cerita ini berawal dari Mirai Onozawa, seorang siswi berusia 13 tahun yang sedang melakukan perjalanan bersama adik laki-lakinya, Yuuki, untuk mengunjungi sebuah pameran robot yang jauh dari rumah.

Saat mereka berada di sana, gempa bumi terjadi dan kedua anak ini terjebak di kota yang hancur. Beruntung, mereka bertemu dengan seorang pengendara sepeda motor bernama Mari Kusakabe yang memutuskan untuk membantu mereka. Ketiga tokoh ini harus berjuang untuk bertahan hidup di tengah kekacauan sambil berharap dapat kembali bertemu dengan keluarga mereka.

Tokyo Magnitude 8.0 mampu menggambarkan emosi manusia di tengah kekacauan gempa dengan realistis sehingga penontonnya pun ikut berempati dan merasakan kesedihan yang terjadi. Anime ini dirilis pada 2009 dan mendapatkan rating sebesar 8.00 dari 127.061 pengguna di Myanimelist.

12. Erased

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/A-1 Pictures

Erased bercerita tentang Satoru Fujinuma, seorang seniman manga berusia 29 tahun yang memiliki kemampuan misterius bernama Revival, Kemampuan ini memungkinkan Satoru untuk kembali ke masa lalu beberapa menit sebelum sebuah tragedi terjadi sehingga memberinya kesempatan untuk mencegah bencana.

Namun, hidupnya berubah drastis ketika ia dituduh bersalah atas pembunuhan seseorang yang dekat dengannya. Oleh karena itu, Satoru kembali ke 1988, 18 tahun ke masa lalu, di mana ia menyadari bahwa kematian teman sekelasnya di masa kecil, Kayo Hinazuki, mungkin berkaitan dengan tragedi di masa kini.

Dalam usahanya mengungkap misteri yang terjadi 18 tahun lalu, Satoru berjuang untuk mencegah pembunuhan Kayo dan melindungi orang-orang yang dia cintai di masa sekarang. Erased dirilis oleh studio A-1 Pictures pada 2016 dengan jumlah episode sebanyak 12 dan mendapat rating 8.30 dari 1.3 Juta pengguna di situs Myanimelist.

13. Josee, the Tiger and the Fish

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Bones

Josee, the Tiger and the Fish bercerita tentang Tsuneo Suzukawa, mahasiswa biologi laut yang bercita-cita melanjutkan studinya ke luar negeri. Untuk mewujudkan impiannya, ia bekerja paruh waktu di berbagai tempat. Suatu malam, hidupnya berubah ketika bertemu dengan seorang gadis bernama Kumiko, yang lebih suka dipanggil Josee.

Josee, yang menggunakan kursi roda, awalnya bersikap kasar, tetapi Tsuneo tetap menerima pekerjaan sebagai pengasuhnya setelah dibujuk oleh nenek Josee. Seiring waktu, Tsuneo menyadari bahwa di balik sikap Josee yang keras, gadis itu memiliki impian untuk menjelajahi dunia luar yang selama ini sulit dicapainya karena keterbatasan fisik.

Tsuneo pun memutuskan untuk membantu Josee mewujudkan impiannya. Melalui perjalanan mereka bersama, keduanya tumbuh saling memahami dan belajar bahwa mimpi serta hubungan yang mereka bentuk bisa menjadi kekuatan untuk mencapai tujuan hidup mereka masing-masing. Josee, the Tiger and the Fish dirilis oleh studio Bones pada 2020 dan mendapatkan rating 8.39 dari 233.608 pengguna di situs Myanimelist.

14. Maquia: When the Promised Flower Blooms

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/P.A Works

Mengusung genre drama dan fantasi, Maquia: When the Promised Flower Blooms bercerita tentang Maquia, seorang Iorph (ras mistis) yang dapat hidup selama ratusan tahun dan tetap terpisah dari kehidupan manusia. Meskipun dikelilingi oleh bangsanya, Maquia selalu merasa kesepian karena sejak kecil telah menjadi yatim piatu.

Namun, kehidupannya berubah ketika kerajaan Mezarte yang haus kekuasaan menyerang tanah airnya, berusaha memanfaatkan keabadian para Iorph untuk memperkuat garis keturunan mereka. Maquia kemudian menemukan seorang bayi laki-laki di sebuah desa yang hancur. Ia memutuskan untuk mengadopsinya dan diberi nama nama Ariel.

Ia bertekad untuk merawat anak itu dan menjalani hidupnya sebagai ibu, meskipun harus menghadapi rasa kesepian yang terus membayanginya. Maquia: When the Promised Flower Blooms dirilis pada 2018 oleh studio P.A Works dan mendapatkan rating sebesar 8.39 dari 198.017 pengguna di situs Myanimelist.

15. Clannad

15 Anime Sedih Terbaik dan Mengharukan, Wajib Siapkan Tisu!

Foto/Kyoto Animation

Clannad bercerita tentang Tomoya Okazaki, seorang siswa yang merasa hidupnya membosankan dan tidak berarti. Tomoya sering bolos sekolah dan menjalani hari-harinya tanpa tujuan. Namun, suatu hari saat berjalan ke sekolah, ia bertemu dengan seorang gadis bernama Nagisa Furukawa yang tengah memotivasi dirinya dengan mengucapkan kata-kata aneh.

Tomoya awalnya mengabaikannya, tapi semakin hari ia semakin sering memperhatikan Nagisa di sekitar sekolah. Akhirnya, mereka berteman, dan Tomoya mengetahui bahwa Nagisa, yang tertinggal setahun karena sakit, bercita-cita untuk menghidupkan kembali klub drama sekolah. Merasa tidak punya hal lain untuk dilakukan, Tomoya memutuskan untuk membantu Nagisa mencapai impiannya, bersama empat gadis lain.

Saat mereka semakin dekat, Tomoya mulai memahami masalah pribadi masing-masing dan mencoba membantu mereka mengatasi rintangan dalam hidup. Melalui interaksi ini, Tomoya mulai menyadari bahwa hidup tidak seburuk yang ia bayangkan sebelumnya, dan hubungan yang ia bangun mulai menyembuhkan hatinya. Clannad memiliki rating yang jauh lebih besar, yaitu 8.93 dari 670.109 pengguna di Myanimelist.

MG/Nabila Yasmin
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3673 seconds (0.1#10.140)