Mengenal Doctor Doom, Musuh Kuat Avengers yang akan Hadir di MCU

Selasa, 15 Oktober 2024 - 15:59 WIB
Doctor Doom akan musuh kuat untuk Avengers yang dalam MCU akan diperankan oleh Robert Downey, Jr. Foto/Getty Images
JAKARTA - Dr. Doom atau Dr. Victor von Doom adalah salah satu penjahat paling kuat dan ikonik dalam dunia Marvel . Dikenal dengan kekuatan magisnya yang hebat dan kecerdasan luar biasa, ia tampil dengan topeng besi dan jubah hijau yang khas.

Dr. Doom identik menjadi musuh utama kelompok pahlawan super, terutama Fantastic Four dan The Avengers. Ia pertama kali muncul dalam komik Marvel dengan judul Fantastic Four #5 yang dirilis pada 1962, sebuah penciptaan dari duo legendaris Stan Lee dan Jack Kirby.

Kehadirannya segera memikat para pembaca dengan kepribadiannya, juga latar belakangnya yang kompleks serta ambisinya yang besar untuk menguasai dunia.





Karakter Dr. Doom dalam Marvel Cinematic Universe (MCU) juga telah diumumkan, yaitu Robert Downey Jr. Aktor yang sebelumnya dikenal sebagai Iron Man dalam semesta yang sama ini akan membawa nuansa baru, dan perubahan yang signifikan dari pahlawan super menjadi penjahat yang ditakuti.

Siapa itu Dr. Doom?



Foto: Marvel

Victor Von Doom lahir di negara fiktif Latveria, sebuah negara kecil di Eropa Timur, dari pasangan Werner Von Doom, seorang dokter, dan Cynthia Von Doom, seorang ahli sihir. Ketika Victor masih muda, ibunya terbunuh setelah membuat perjanjian dengan setan Mephisto. Ayahnya kemudian dibunuh oleh seorang tuan tanah yang kejam setelah gagal menyembuhkan istrinya yang sakit.

Sejak kecil, Victor sudah menunjukkan kecerdasan yang luar biasa dan keinginannya untuk mempelajari ilmu sihir. Ambisinya untuk membalas dendam atas kematian orang tuanya, juga membebaskan Latveria dari penindasan membuatnya terobsesi dengan kekuasaan dan pengetahuan.

Viktor mendapatkan beasiswa di Amerika. Suatu ketika eksperimen yang dilakukannya gagal dengan teknologi dan sihir yang menyebabkan luka parah di wajahnya.

Hal tersebut memicu transformasinya menjadi Doctor Doom.Viktor Berkelana ke seluruh dunia untuk menambah ilmunya, dan menemukan biksu Tibet yang membantunya menciptakan baju zirah ikonisnya. Baju zirah ini memberinya kekuatan super, ketahanan fisik, dan berbagai senjata canggih.

Setelah mendapatkan kekuatan, Victor kembali ke Latveria, ia merebut kekuasaan raja sebelumnya dan memerintah sebagai diktator dengan nama Dr. Doom. Meskipun kejam dan otoriter, ia memimpin Latveria dengan efisiensi yang luar biasa, menjadikan negaranya makmur meski dengan tangan besi.

Dr. Doom sering kali menggunakan sumber daya negaranya untuk melancarkan rencana jahatnya, atau untuk melawan para pahlawan. Kekuasaannya sebagai penguasa Latveria memberinya basis operasi yang kuat dan sulit ditembus, menjadikannya ancaman global yang sulit dihadapi.

Motivasi utamanya sering kali berakar dari keyakinan bahwa ia bisa membawa tatanan dunia yang lebih baik jika ia yang memerintah. Konfliknya dengan para pahlawan seperti Fantastic Four, terutama Reed Richards, mencerminkan pertempuran antara kecerdasan, etika, dan kekuasaan.

Kekuatan Dr. Doom dari MCU



Foto: Marvel

1. Kecerdasan yang Luar Biasa



Dr. Doom memiliki kecerdasan yang jauh di atas rata-rata manusia normal. Ia adalah seorang genius dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk fisika, teknik, dan robotika. Kecerdasannya ini memungkinkan Doom menciptakan berbagai perangkat teknologi canggih dan senjata mematikan.

2. Perlengkapan dan Persenjataan yang Banyak

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More