Penjelasan Ending Film Joker 2, Arthur Hidup atau Mati?

Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:52 WIB


Foto: Warner Bros. Pictures

Pada ending film, Arthur ditusuk oleh sesama napi di Arkham. Arthur yang bersimbah darah hampir pasti mati di dalam penjara tersebut.

Dengan scene ini, sutradara Todd Phillips seolah ingin mengatakan bahwa Arthur bukanlah Joker yang kita kenal selama ini, karena ia telah mati bahkan sebelum bertemu dengan Batman.



6. Arthur Mewariskan Jiwa Joker pada Banyak Pengikutnya





Foto: Warner Bros. Pictures

Napi yang menusuk Arthur sebenarnya adalah penggemar Joker. Ini bisa dibuktikan dengan dirinya yang melempar lelucon sebelum menusuk Arthur berkali-kali.

Usai menusuk Arthur, napi ini juga membuat garis senyuman dengan pisau tersebut. Ia juga terdengar tertawa seperti Joker.

Ini seperti memberi petunjuk bahwa Arthur adalah Joker yang pertama atau yang asli (original). Bisa jadi, napi yang menusuk Arthur lah yang mengadopsi nilai-nilai Joker dan akhirnya menjadi Joker yang kita kenal selama ini, yaitu musuh abadi Batman.

Yang pasti, dengan penggemar yang banyak, 'Joker' tetap hidup di tengah masyarakat meski Arthur telah mati. Selalu ada orang yang siap meneruskan dan melanjutkan menjadi Joker, selama kekerasan dan ketidakadilan masih merajalela.

Meski ending Joker 2 dibuat cukup terbuka alias tidak eksplisit, tapi Todd Phillips memastikan bahwa ia tidak akan melanjutkan kisahnya dengan membuat Joker 3. Artinya, kisah Arthur Fleck versinya benar-benar berakhir di sini.

(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More