Penjelasan Ending Film Joker 2, Arthur Hidup atau Mati?

Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:52 WIB
Ending Joker 2 tak menunjukkan secara eksplisit apakah Arthur tetap hidup atau mati. Foto/Warner Bros. Pictures
JAKARTA - Ending film Joker 2 bisa dibilang dibuat dengan terbuka, membuat peluang bagi penonton untuk berspekulasi.

Joker 2 yang diberi judul Joker: Folie a Deux adalah sekuel dari Joker yang dirilis pada 2019. Film ini masih melanjutkan kehidupan Arthur Fleck (Joaquin Phoenix) yang akan menjalani persidangan atas dakwaan melakukan pembunuhan terhadap lima orang.

Dalam perjalanannya, ia bertemu Lee (Lady Gaga) yang merupakan perwujudan dari Harley Quinn di komik DC. Lee terobsesi dengan Joker, dan keduanya pun menjalin cinta. Adapun Arthur sebenarnya tengah mengalami krisis identitas dan mempertanyakan apakah dirinya seorang Arthur atau sosok Joker.





Penjelasan Ending Film Joker 2



1. Arthur Terbukti Bersalah di Pengadilan





Foto: Warner Bros. Pictures

Arthur didakwa atas pembunuhan lima orang. Mereka adalah tiga pria di kereta bawah tanah New York City yang menghina dan memukulinya, rekan kerjanya Randal yang mengkhianatinya, serta pembawa acara populer Murray Franklin yang menghinanya.

Namun Arthur tidak didakwa atas kematian ibunya, Penny. Meski begitu, dalam pidato penutupnya di persidangan, Arthur mengungkapkan bahwa ia juga membunuh ibu yang kerap merisaknya itu.

Arthur terbukti bersalah atas dua pembunuhan. Namun sebelum tiga kasus lainnya disebutkan, bom keburu meledak dan Arthur akhirnya kabur, dibantu oleh para penggemarnya. Ia akhirnya tertangkap dan kembali masuk penjara.

2. Siapa yang Meledakkan Bom?



Foto: Warner Bros. Pictures

Joker 2 tak mengungkap secara eksplisit identitas orang yang meledakkan bom saat putusan pengadilan dibacakan oleh juri. Namun mudah diduga bahwa pelakunya adalah penggemar Joker.

Kuat dugaan, pelakunya adalah Lee. Ia punya motif yang kuat karena kecewa setelah Arthur memutuskan bahwa ia tidak mau lagi menjadi Joker.

Ia mungkin saja meledakkan bom dengan harapan bahwa Arthur mati di sana. Namun bisa juga ia berharap Arthur hidup dan kabur, lantas tetap melanjutkan mimpinya bersama Lee.

3. Apakah Lee Benar Hamil?

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More