5 Kebahagiaan Penting yang Bisa Dibeli dengan Uang menurut Psikolog

Senin, 23 September 2024 - 15:48 WIB
Penelitian yang dilakukan oleh McKinsey & Company menyatakan bahwa generasi milenial dan Gen Z lebih banyak menghabiskan uangnya untuk produk kecantikan dan produk kesehatan. Menurut beberapa sumber, berinvestasi pada produk kesehatan mampu membuat seseorang bisa lebih bahagia.

Menurut psikolog kesehatan Kelly McGonigal, ketika seseorang menggerakan tubuhnya seperti berolahraga, tentu hal ini bisa membuat seseorang bahagia.

"Itu meningkatkan endorfin, dopamin, adrenalin, dan endocannabinoid. Ini semua adalah zat kimia otak yang dikaitkan dengan perasaan bahagia, perasaan percaya diri, perasaan mampu, perasaan yang membuat rasa cemas dan stres berkurang, dan bahkan rasa sakit fisik pun bisa menjadi lebih berkurang," kata McGonigal, dikutip dari Cnet.

Maka dari itu, bagi kamu yang ingin lebih bahagia, kamu bisa mulai untuk membeli berbagai produk kesehatan, tak hanya dari vitamin kamu juga bisa mulai membeli berbagai peralatan olahraga agar kamu bisa berolahraga di rumah. Namun, kalau kamu mungkin tidak memiliki waktu di rumah, kamu bisa mendaftarkan diri di gym terdekat.

3. Menggunakan Layanan Jasa untuk Menghemat Waktu





Foto: Stock Adobe

Saat ini waktu menjadi sangat berharga bagi orang-orang, apalagi jika kamu adalah orang yang supersibuk. Menurut penelitian Kasser, Tim & Sheldon, Kennon (2019), konsep "kekayaan waktu" atau Time Affluence adalah perasaan memiliki cukup waktu untuk melakukan aktivitas yang bermakna.

Berinvestasi dalam layanan jasa tentu saja dapat meningkatkan kebahagiaan secara signifikan dengan mengurangi stres dan menyediakan waktu luang untuk aktivitas yang benar-benar sedang kamu lakukan.

Nah dalam menghemat waktu, kamu bisa menggunakan jasa antarmakanan untuk mengantar makananmu, jasa laundry, menggunakan asisten rumah tangga, hingga membayar berbagai tagihan rumah tangga secara otomatis yang bisa kamu atur secara daring melalui ponsel pintar.

4. Belanja Prososial





Foto: Freepik

Belanja Prososial adalah membelanjakan uang untuk orang lain. Menurut penelitian psikologi yang berjudul Prosocial Spending and Happiness: Using Money to Benefit Others Pays Off yang ditulis oleh Elizabeth W. Dunn, Lara B. Aknin, and Michael I. Norto, ketika membelanjakan uang untuk orang lain ternyata dapat mendatangkan lebih banyak kegembiraan daripada membelanjakannya untuk diri sendiri.

Konsep pembelanjaan prososial memanfaatkan kebutuhan bawaan kita untuk terhubung dan memiliki tujuan. Ketika kita membelanjakan uang untuk memberi manfaat bagi orang lain, kita merasakan makna dan kepuasan yang melampaui kesenangan sesaat dari pembelian yang berfokus pada diri sendiri.

Fenomena ini berlaku di semua budaya dan tingkat pendapatan, yang menunjukkan adanya hubungan universal antara kemurahan hati dan kebahagiaan.

Nah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempraktikkan belanja prososial adalah:

- Membeli hadiah untuk teman dan keluarga
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More