10 Ide Permainan Ospek yang Seru dan Kocak, Bisa untuk Ice Breaking

Kamis, 11 Juli 2024 - 14:25 WIB
Kelompok yang menang akan dinilai dari kemiripan lego mulai dari bentuk, susunan, dan warnanya dari lego panitia. Dengan begitu peserta ospek akan belajar untuk melatih komunikasi mereka dan cara menyampaikan pesan dengan baik.

4. Lagu Apakah Aku?



Biasanya peserta ospek akan merasa jenuh apabila hanya diisi materi tanpa ada permainan. Permainan ini bisa digunakan untuk mengisi selang waktu sehingga peserta bisa lebih semangat lagi.

Panitia yang bertugas akan membacakan sepenggal lirik lagu tanpa nada. Kemudian peserta ospek diminta menebak judul lagu dari lirik yang dibacakan.

5. Kenali Aku!



Kenali Aku! adalah permainan yang bisa digunakan untuk membuat peserta lebih penasaran dengan informasi sekolah atau kampusnya yang baru. Dikemas dengan cara menarik, yaitu peserta dibagi beberapa kelompok dengan jumlah 4-5 orang.

Setiap kelompok diberi tugas untuk mencari tahu informasi tentang kampus dari kakak tingkatnya yang sudah diarahkan sebelumnya oleh panitia penyelenggara ospek.

Satu pertanyaan yang diajukan setiap kelompok hanya bisa dijawab oleh kakak tingkat, ketika mereka mampu menjawab pertanyaan dari kakak tingkatnya. Kelompok yang berhasil adalah mereka yang mengumpulkan informasi paling banyak.

Melalui permainan ini, peserta ospek bisa lebih kenal dengan tempat barunya lewat cara yang menyenangkan. Tidak hanya tahu informasi saja, tapi juga bisa lebih kenal dengan kakak tingkatnya.

6. Berdirilah Jika ..



Permainan ini untuk melatih ketangkasan peserta dalam mengenali dirinya, berani tampil di depan publik, dan menemukan teman yang sefrekuensi.

Ada satu panitia yang ditugaskan untuk menyebutkan kalimat pernyataan seperti "Aku lahir di Kota Bandung", "Aku suka makan bakso", "Aku dari sekolah ...", dan sebagainya. Peserta yang merasa pernyataannya berkaitan dengan dirinya, harus cepat-cepat berdiri.

7. Smart Circle



Smart Circle merupakan permainan yang menguji ketangkasan, keseimbangan badan, dan menguji pengetahuan peserta. Bahkan mereka juga bisa saling berbagi ilmu.

Cara mainnya yaitu membuat kelompok yang terdiri dari enam orang anggota. Tiap kelompok berdiri dalam sebuah lingkaran yang terbuat dari tali rafia.

Panitia akan memberikan pertanyaan seputar pengetahuan umum, apabila dijawab dengan benar, maka lingkaran akan membesar. Namun kalau salah, maka lingkaran akan semakin mengecil.

Kelompok tidak diperkenankan untuk berdiskusi dahulu. Orang tercepat yang mengangkat tangan akan ditunjuk dan menjawab pertanyaannya.

8. 3,6,9 DOR



Permainan sederhana ini untuk merangsang kecepatan berpikir dan meningkatkan konsentrasi peserta ospek. Caranya adalah dengan mengajak peserta untuk berhitung dari 1 hingga 100, tapi mereka harus mengganti angka 3, 6, dan 9 beserta kelipatannya dengan kata "DOR".

Peserta yang gagal fokus akan dieliminasi dan dikumpulkan menjadi satu untuk diberi hukuman. Selain kompetitif, permainan ini juga menghibur.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More