3 Wisata Religi Favorit di Ponorogo, Cocok Jadi Destinasi saat Ramadan dan Lebaran

Sabtu, 09 Maret 2024 - 15:30 WIB
Pemugaran Masjid Agung Ponorogo dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama oleh Bupati Soemadi pada 1975, kedua pada 1984 oleh Bupati Soebarkah. Terakhir, pemugaran dilakukan oleh Bupati Markum Singodimedjo pada 1995.

3. Masjid Pasar Pon Kota Lama atau Masjid Jami’ Kota Lama



Foto: Pemuda sekayu/Pawargoo

Selanjutnya adalah Masjid Pasar Pon Kota Lama yang berlokasi di Kranggan, Patihan Wetan Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Dulunya sekitar wilayah ini menjadi pusat pemerintahan Ponorogo sebelum pindah ke wilayah Kauman Ponorogo, sehingga sekitaran wilayah ini sering disebut sebagai Kota Lama Ponorogo.

Pembangunan Masjid Jami’ Kota Lama dimulai pada 1560 dan dipugar pada 1965. Pembangunan dilakukan oleh Adipati Sepuh keturunan Batoro Katong, seorang Adipati pertama Ponorogo.

Baca Juga: Saat Traveling, Wisatawan Indonesia Paling Narsis di Dunia

Masjid ini merupakan masjid pertama atau tertua di Ponorogo. Kondisi yang paling ramai biasanya pada saat bulan suci Ramadan. Kepadatan makin menjadi menjelang akhir bulan Ramadaan saat malam-malam ganjil.

Ketika mengunjungi daerah Masjid Jami’ Kota Lama, para pengunjung juga dapat sekaligus berkunjung ke makam Batoro Katong yang terletak tidak jauh dari Masjid Jami’ Kota Lama.

Almaida Narita Yuki

Kontributor GenSINDO

Universitas Negeri Malang
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More