CERMIN: Dari Cowok Pemberontak, Ali Topan Kini Jadi Anak Skena

Jum'at, 16 Februari 2024 - 12:05 WIB


Foto: Visinema Pictures

Dalam perjalanan mereka berdua mengarungi sudut-sudut Jawa, saya justru lupa sedang menyaksikan Ali Topan. Saya hanya melihat dua anak muda ingusan yang sesungguhnya belum paham bagaimana berjuang dalam hidup yang sungguh keras tapi ingin mencoba icip-icip sedikit.

Toh mereka berdua bisa menyewa losmen/hotel dengan uang yang mereka punya. Mereka tak perlu takut menggelandang di jalan karena selalu merasa punya seseorang yang bisa menampung mereka.



Saya tak bisa membayangkan bagaimana jadinya reaksi almarhum Teguh Esha ketika melihat karakter pemuda pemberontak yang diciptakannya untuk mengkritik situasi sosial dengan tajam berubah menjadi sekadar anak skena yang tak tahu mau melakukan apa untuk hidupnya kelak. Sampai akhir film pun saya tak tahu apa yang ingin diperjuangkan Ali Topan.

Setelah kegagalan Balada Si Roy (2022) dan kini Ali Topan (2024), mungkin kita perlu memikirkan matang-matang sebelum kembali menghidupkan karakter-karakter ikonis dari masa lalu. Jika kita tak bisa menghidupkannya kembali dengan lebih baik, apa urgensi untuk membangkitkannya kembali sekarang?

Ali Topan

Produser: Tersi Eva Ranti

Sutradara: Sidharta Tata

Penulis Skenario: Ifan Ismail

Pemain: Jefri Nichol, Lutesha, Ari Sihasale



Ichwan Persada


Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More